Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Terkabul

 

10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Atau Belum Terkabul
image via freepik

10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Terkabul - Kita tentu pernah mengalami perasan resah dan gundah gulana, ketika kita telah berdo'a kepada Allah SWT namun do'a yang kita panjatkan tersebut tidak kunjung di kabulkan. Pertanyaannya kemudian adalah apakah dengan belum atau tidak di kabulkannya do'a yang kita panjatkan akan membuat kita berprasangka buruk kepada Allah SWT? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda sebaiknya membaca ulasan artikel di bawah ini hingga selesai karena pada artikel kali ini saya akan membahas tentang  10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Terkabul. 

Mudah - mudahan setelah membaca artikel tersebut Anda akan dapat memahami penyebab do'a belum di kabulkan atau tidak di kabulkan oleh Allah SWT, dan karenanya hal tersebut tidak lantas membuat Anda merasa berputus asa.

Apa Penyebab dan alasan mengapa do'a tidak terkabul?

Berikut ini adalah  10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Terkabul, antara lain:

1. Syirik (Menyekutukan Allah SWT)

Perbuatan syirik atau menyekutukan Allah SWT dengan segala sesuatu. Syirik merupakan salah satu dosa terbesar dan tidak akan di ampuni oleh Allah SWT sampai kita bertaubat dengan sunguh - sungguh untuk tidak melakukan perbuatan syirik tersebut (Taubat Nasuha).

Perbuatan syirik dapat menjadi penghalang dan penyebab serta alasan mengapa do'a - do'a yang kita panjatkan tidak akan di kabulkan oleh Allah SWT. Bagaimana Allah SWT akan mengabulkan do'a yang kita panjatkan sementara kita melakukan perbuatan syirik dengan menyekutukan Allah SWT?

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, "Do’a seseorang akan terus terkabulkan sejauh dia tidak berdo’a untuk sesuatu yang terlarang (berbuat dosa) atau memutuskan tali persaudaraan" [HR. Muslim].

2. Sombong Kepada Allah SWT

Salah satu adab dalam berdo'a adalah dengan merendahkan diri dan mengakui kelemahan kita di hadapan Allah SWT. Jika kita berdo'a kepada Allah SWT dengan cara yang tidak sopan, berdo'a dengan bercanda dan berdo'a dengan tidak bersungguh - sungguh maka Allah SWT tidak akan mengabulkan do'a yang kita panjatkan tersebut.

Demikian pula sebaliknya, jika kita berdo'a sambil meraung - raung, menangis dengan cara yang di buat - buat agar terlihat khusyuk atau sekedar mengucapkan do'a namun tidak pernah sampai di hati kita, maka Allah SWT juga tidak akan mengabulkan do'a yang kita panjatkan itu.

Berdo'alah dengan cara yang wajar dan pantas sesuai dengan cara - cara, kaidah dan adab berdo'a sesuai dengan ajaran agama Islam.

3. Melakukan Perbuatan Dosa

Alasan dan penyebab ketiga mengapa do'a kita belum atau tidak di kabulkan oleh Allah SWT adalah karena kita telah melakukan perbuatan dosa dan tidak segera bertaubat kepada Allah SWT. Perbuatan dosa yang kita lakukan tersebut merupakan penyebab dari terhalangnya do'a yang kita panjatkan. 

Oleh karena itu, sebelum berdo'a  kita sebaiknya memohon ampun atas segala perbuatan dosa yang telah kita lakukan kepada Allah SWT dengan taubat yang bersungguh - sungguh antara lin dengan terlebih dahulu membaca istighfar.

Contoh bacaan istighfar adalah sebagai berikut:

أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم و أتوب إليه
 
Teks latin : "Astaghfirullah, alladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaih."
 
Artinya:
"Aku memohon ampun kepada Allah, Dzat yang tidak ada sesembahan kecuali Dia. Yang Mahahidup lagi Maha Berdiri Sendiri. Dan aku bertaubat kepada-Nya."

4. Hati Yang Lalai Dan Gamang

Penyebab dari tidak di kabulkannya do'a kita adalah karena kita berdo'a denga penuh kegamangan dan ketidakyakinan kepada Allah SWT. Ketika kita memanjatkan do'a kepada Allah SWT, maka kita sangat di anjurkan untuk berdo'a dengan setulus hati dan penuh keyakinan kepada Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda : "Mohonlah kepada Allah dengan keyakinan akan terkabulkan, dan ingat Allah tidak akan mengabulkan doa yang datang dari kelalaian hati dan kegamangan" [HR Tirmidzi]

5. Makan Makanan Yang Haram

Penyebab lain dari tidak terkabulnya do’a kita adalah karena kita telah makan makanan yang haram. Barang - barang haram dapat berasal dari makanan, minuman, pakaian, kendaraan, rumah dan sebagainya. 

Barang - barang dan makanan haram tersebut dapat menjadi penghalang dari tidak terkabulnya do'a kita. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam memberikan sebuah contoh : "Seorang laki-laki datang dari tempat yang jauh dengan pakaian kusut dan berdebu, menengadahkan tangan ke langit dan berdo’a "Ya Rabb, Ya Rabb!" sementara makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, didirinya dipenuhi denga hal-hal yang haram, bagaimana do’a-nya dapat terkabulkan ?" [HR. Muslim].

6. Tergesa - Gesa Dalam Berdo'a

Do'a yang di panjatkan dengan terburu - buru dapat menyebabkan do'a yang kita panjatkan tersebut tidak akan di kabulkan oleh Allah SWT. Allah SWT memang MAHA KUASA atas segala sesuatu, karena ketika Allah SWT berkehendak atas sesuatu maka cukup bagiNYA berucap "Kun Fayakun".

Allah SWT telah berfirman dalam surah Yasin ayat ke 82 sebagai berikut:

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ

Artinya:
"Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia". [QS. Yasin:82]

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda : "Do’a dari setiap kalian akan terkabulkan jika kalian tidak menjadi tidak sabar sampai berucap : "Saya sudah berdoa terhadap Rabb-ku tetapi do’aku belum juga terkabulkan""[HR. Bukhari dan Muslim]

7. Mengajukan Syarat Ketika Berdo'a

Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab dari tidak terkabulkannya do’a adalah karena syarat yang kita tentukan sendiri? Ketika kita berdo’a jangan sekali - kali kita tambahi dengan syarat - syarat tertentu, misalnya, "Jika Engkau Kehendaki Ya Allah". 

Kita harus merasa yakin dengan permintaan yang kita panjatkan dalam do'a tersebut. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam telah bersabda : "Janganlah diantara kalian berdo’a,  "Ya Allah ampunilah dosaku jika Engkau menghendaki, Ya Allah, kasihanilah Aku jika Engkau kehendaki", Hendaklah dia bulat tekad ketika meminta, sambil mengetahui bahwa tidak ada yang bisa mengharuskan Allah untuk melakukan segala sesuatu" [HR Bukhari Muslim]

8. Tidak Bershalawat Kepada Nabi

Penyebab lain dari tidak terkabulnya do’a adalah karena kita lupa atau tidak bershalawat kepada Nabi. Nabi Shallallahu ‘Alaih Wasallam telah bersabda : "Setiap do’a tertahan sampai engkau bershalawat kepada Nabi" [HR At-Tabrani]

Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk mengawali setiap do'a yang kita panjatkan dengan terlebih dahullu mengucapkan shalawat kepada Nabi.

Contoh bacaan shalawat Nabi, anatara lain:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَهْلِ بَيْتِهِ

Teks latin: "Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayidina muhammadin wa ‘ala ahli baitihi."

Artinya"
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kepada keluarganya dan kepada penghuni rumahnya (ahlil bait)."

9. Allah Senang Melihat Kita Berdo'a KepadaNYA

Alasan selanjutnya dari tidak atau belum terkabulnya do’a yang kita panjatkan adalah karena Allah senang melihat kita bermohon kepadaNya dengan sungguh-sungguh. Jawaban atas do’a kita bisa jadi sudah sangat dekat dengan kita, akan tetapi Allah SWT sangat menyukai ketika kita merintih pedih bersimbah air mata bermohon kepadaNya. 

Bisa jadi kita akan menjauh dari Allah SWT bilamana do'a tersebut segera di kabulkan dan membuat kita bisa lupa kepadaNya. Maka kemudian Allah SWT menjaga diri kita supaya tetap dalam kondisi demikian, agar kita tetap dekat denganNYA. 

Betapa beruntungnya kita bila Allah SWT sendiri yang menghendaki kita tetap dekat denganNYA. Dirindukan oleh kekasih kita saja rasanya sudah selangit, apalagi bila yang merindukan diri kita untuk dekat-dekat denganNYA ini adalah Allah SWT sendiri.

10. Allah Menjawab Do'a Kita Dengan Cara Yang Lain

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam telah bersabda : “"Tidak ada seorang muslim pun yang berdo'a, selain untuk sesuatu yang berdosa dan memisahkan tali persaudaraan, pasti Allah beri salah satu dari tiga hal sebagai balasannya. Do’anya akan dijawab dengan segera, atau disimpan untuknya di akhirat, atau Dia akan mengalihkan keburukan yang setara dengan apa yang dimohonkan dalam do’anya." Para sahabat berkata, "Kami akan berdo’a yang banyak", Nabi menjawab : "Allah lebih suka memberi"" [HR. Ahmad]

Demikianlah uraian artikel tentang 10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Terkabul. Semoga dengan membaca artikel tersebut di atas, Anda akan mendapatkan pemahaman terkait dengan permasalahan do'a yang tidak terkabulkan tersebut.

Allah SWT telah berfirman dalam surah  Yusuf ayat ke 87:

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

Artinya:
"Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir". [QS.Yufuf :87]

Dan firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat ke 186:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya:
"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." [QS. Al-Baqarah:186]

Allah juga mengingatkan langsung bahwa tidak ada yang berputus asa dari rahmat Allah kecuali orang yang tidak beriman (QS 12:87). Dan Allah mengabarkan bahwa Dia dekat dan akan mengabulkan do’a ketika kita hambanya berdo’a (QS 2: 186).

Semoga kita senantiasa menjadi hamba - hamba yang selalu bertaqwa kepada Allah SWT dan hamba yang selalu rajin untuk berdo'a kepada Allah SWT. 

Post a Comment for " 10 Penyebab Dan Alasan Mengapa Do'a Tidak Terkabul"