--> Skip to main content

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Kota - Kota Besar Seluruh Provinsi Di Indonesia Terlengkap


Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Kota - Kota Besar Seluruh Provinsi Di Indonesia Terlengkap

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Bulan Ramadhan adalah salah satu bulan mulia dalam agama Islam yang kedatangannya selalu di tunggu dan di nantikan oleh seluruh umat Muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali umat muslim di Indonesia.

Walaupun nampaknya bulan Ramadhan tahun 1441H (2020) ini di laksanakan bersamaan dengan berkembangnya wabah virus Corona (COVID-19) yang telah menimbulkan kekhawatiran tersendiri di kalangan umat muslim. Apalagi jika kita membaca berita akhir - akhir ini dimana perkembangan wabah virus Corona ini semakin menyebar ke seluruh negara, termasuk di Indonesia. Namun demikian sebagai umat muslim yang beriman, kita harus percaya kepada Allah Subhanahu Wata'ala bahwa segala sesuatu itu bisa terjadi atas kehendakNYA.

Yang harus kita lakukan adalah berdo'a kepada Allah Subhanahu Wata'ala agar wabah Corona ini segera berakhir. Pun kita juga harus berusaha melakukan pencegahan dan mematuhi apa yang sudah menjadi peraturan pemerintah terkait dengan virus Corona tersebut. Menjaga kebersihan diri, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan massa agar terhindar dari kontak langsung dengan penderita Corona yang tidak kita ketahui siapa.

Kembali ke topik artikel kali ini, dimana santri kampung akan membagikan kepada Ansa semua tentang Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Kota - Kota Besar Seluruh Provinsi Di Indonesia Terlengkap.

Tidak seperti tahun - tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan awal bulan puasa biasanya ada perbedaan, maka untuk tahun 1441 H (2020) ini, tampaknya awal puasa akan berlangsung serentak yakni mulai tanggal 24 April 2020. Hal ini di ungkapkan oleh salah seorang anggota badan rukyat dan hisab nasional yaitu Thomas Djamaluddin.

Menurut beliau, dasrnya adalah kriteria wujudul hilal yang digunakan oleh Muhammadiyah serta kriteria besar bulan 2 derajat yang digunakan Nahdlatul Ulama (NU) serta pemerintah akan mengalami kesamaan, sehingga untuk tahun ini awal Ramadhan kemungkinannya akan sama.

Jauh sebelum ini, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah memastikan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1441 Hijriyah jatuh pada hari Jumat kliwon atau pada 24 April 2020. Keputusan tersebut tertuang lewat Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/ MLM/ I. 0/ E/ 2020 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, serta Zulhijah 1441 Hijriyah, yang dikeluarkan pada 25 Februari 2020 yang lalu.

Muhammadiyah juga telah  menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah jatuh pada tanggal 24 Mei 2020. Keputusan tersebut bersumber pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang di lakukan oleh Majelis Tarjih serta Tajdid PP Muhammadiyah sendiri.

Ijtimak menjelang Ramadhan 1441 H terjadi pada hari Kamis Wage tanggal 23 April 2020 Meter jam 09: 29: 01 Wib. Besaran Bulan dikala terbenam Matahari di Yogyakarta sebesar ( f=- 07°48¢ ( LS) serta l= 110°21¢BT)=+03°53¢09² (hilal telah terbentuk), serta di segala daerah Indonesia pada  saat terbenam matahari itu bulan sudah berada di atas ufuk.

Sedangkan Ijtimak menjelang Syawal 1441 H terjadi pada hari Sabtu Wage tanggal 23 Mei 2020 Meter jam 00: 41: 57 Wib. Besar Bulan pada dikala terbenam Matahari di Yogyakarta sebesar ( f=- 07°48¢ ( LS) serta l= 110°21¢BT)=+06°43¢31²( hilal telah bentuk), serta di segala daerah Indonesia pada di saat terbenam matahari itu bulan juga sudah berada di atas ufuk.

Sementara itu, seperti biasanya pemerintah akan mengadakan sidang itsbat dengan mengundang seluruh perwakilan ormas - ormas Islam di Indonesia untuk menetapkan awal bulan Ramadhan secara nasional.

Dan sebagai referensi untuk Anda, berikut ini santri kmapung akan membagikan Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Kota - Kota Besar Seluruh Provinsi Di Indonesia Terlengkap yang bisa Anda download sebagai referensi untuk Anda.

1. Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD)
2. Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara
3. Kota Padang,  Provinsi Sumatra Barat
4. Kota Pekanbaru, Provinsi Riau
5. Kota Tanjung Pinang , Provinsi Kepulauan Riau
6. Kota Pangkal Pinang , Provinsi Bangka Belitung
7. Kota Jambi, Provinsi Jambi
8. Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu
9. Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan
10. Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung
12. Kota Cilegon, Provinsi Banten
13. Kota Serang, Provinsi Banten
14. Kota Tangerang, Provinsi Banten
15. Kab. Tangerang, Provinsi Banten
16. Kota Jakarta, DKI Jakarta
17. Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
18. Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
19. Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah
20. Kota Yogyakarta, Provinsi DI Yogyakarta
21. Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur
22. Kota Denpasar, Provinsi Bali
23. Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat
24. Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur
25. Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan
26. Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat
27. Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah
28. Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur
29. Kota Tarakan , Provinsi Kalimantan Utara
30. Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat
31. Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah
32. Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan
33. Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara
34. Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara
35. Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo
36. Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara
37. Kota Ambon, Provinsi Maluku
38. Kota Jayapura, Provinsi Papua
39. Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat

Demikianlah artikel tentang Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H Kota - Kota Besar Seluruh Provinsi Di Indonesia Terlengkap. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda semua.

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1441 H
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar