--> Skip to main content

Inilah Bacaan Do'a Untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan 1441 H


Bacaan Do'a Untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan 1441 H
image via freepick

Saat - saat datangnya bulan Ramadhan 1441 H semakin hari semakin dekat, dan tidak terasa hanya tinggal kurang beberapa hari lagi. Datangnya bulan Ramadhan selalu di nanti - nantikan dan di sambut dengan perasaan suka cita oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali umat muslim yang tinggal di Indonesia.

Untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan tahun ini, kita sangat di anjurkan untuk memanjatkan do'a - do'a dan mengharapkan rahmat serta keselamatan kepada Allah Subhanahu Wata'ala, karena sepertinya tahun ini umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan di tengah merebaknya wabah virus Corona yang telah menelan banyak korban jiwa. 

Semoga Allah Subhananhu Wata'ala akan mengabulkan segala do'a yang kita panjatkan dan wabah virus Corona ini segera bisa di atasi oleh pemerintah, tentu hanya dengan seizinNYA.

Sebagai referensi untuk Anda, berikut ini santri kampung akan mengangkat topik tentang Bacaan Do'a Untuk Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan 1441 H.

1. Doa yang pertama, Seperti di kutip dari kitab Lathaif Al-Ma'arif halaman 264, terdapat sebuah do'a untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, yaitu:

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً
Artinya:
"Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan."

2. Doa yang kedua adalah:
للّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِى رَمَضَانَ

Artinya:
"Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban. serta berkahilah kami dalam bulan Ramadhan." (HR. Ahmad Nomor 2346 dan 2387)

3. Dan do'a yang ketiga adalah:

اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Artinya:
"Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan." (Latha-if al-Ma'arif, 148)

Keutamaan berdo'a dalam meyambut datangnya bulan Ramadhan adalah di bukakan mata hati kita dan mendapatkan curahan rahmat dari Allah Subhanahu Wata'ala dan sebagai ungkapan dari rasa syukur kita karena kita bisa di pertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini.

Sementara disisi yang lain, bagi mereka yang merasa biasa - biasa saja ketika bulan Ramadhan akan datang adalah orang yang sombong, dan orang yang sombong tidak di sukai oleh Allah Subhanahu Wata'ala.

Selain memanjatkan do'a - doa dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, di dalam masyarakat juga berkembang tradisi - tradisi unik yang merupakan warisan dari para leluhur yang tetap di lestarikan hingga sekarang.

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. Beberapa tradisi unik tersebut antara lain:
  • Dugderan, di Semarang Jawa Tengah
  • Nyadran, di Jawa Tengah
  • Balimau, di Sumatra Barat
  • Meugang, di Nanggroe Aceh Darussalam
  • Malamang, di Sumatra Barat
  • Nyorog, di DKI Jakarta
  • Mungguhan, di Jawa Barat
  • Ziarah Kubro, di Sumatra Selatan
  • Padusan, di Boyolali, Jawa Tengah
  • Medengan, di Surabaya, Jawa Timur
  • Megibug, di Karangasem, Bali
Dan masih banyak lagi tradisi unik lainnya di Indonesia. Itu semua adalah sebagai ungkapan rasa suka cita dan bergembira dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan, bulan mulia yang penuh dengan keberkahan.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar