--> Skip to main content

Biografi Dan Perjalanan Dakwah K.H. Achmad Anwar Zahid


Biografi Dan Perjalanan Dakwah K.H. Achmad Anwar Zahid
image via [email protected]_anwar_zahid_id

K.H. Achmad Anwar Zahid, atau dikenal dengan KH. Anwar Zahid dilahirkan pada tahun 1974 di Dusun Patoman, Desa Simorejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Beliau adalah seorang Da'i atau penceramah kondang yang dikenal dengan gaya ceramah yang segar, terkadang di selingi humor - humor lucu dan bahasanya yang sangat merakyat sehingga mudah di pahami oleh orang awam sekalipun.

Provinsi Jawa Timur memang banyak sekali melahirkan banyak sekali Da'i dan Kyai kondang yang populer di kalangan santri dan masyarakat Indonesia. Hal tersebut tentu saja tidak mengherankan bagi kita karena di Jawa Timur memang terdapat banyak sekali pondok pesantren yang sudah sangat terkenal dan maju. Beberapa contoh pondok pesantren yang ada di Jawa Timur antara lain Pesantren Jombang di Tuban, Pesantren Langitan di Tuban, Pesantren Gontor di Ponorogo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat ini video ceramah Beliau banyak sekali diunggah ke Youtube sehingga bisa dilihat oleh ribuan hingga jutaan umat muslim di Indonesia. Ceramah yang Beliau angkat dan sampaikan biasanya bertemakan ubudiyah, amaliyah dan syari’ah yang disajikan dengan ciri khas Beliau sendiri, Sehingga isi ceramah Beliau dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat mulai dari kalangan anak-anak, kalangan remaja hingga kalangan orang tua. Selain berceramah ke berbagai pelosok daerah di Indonesia bahkan hingga sampai ke mancanegara seperti ke Taiwan dan Hongkong, Beliau juga mengasuh sebuah pondok pesantren yaitu Pesantren Attarbiyah Islamiyah Assyafi’iyah, yang berada di kabupaten Bojonegoro.

Perjalanan Karier KH. Anwar Zahid 

Seperti anak - anak kecil pada umumnya maka masa kecil Beliau juga banyak di habiskan untuk bermain bersama dengan teman-temannya. Dalam masalah pelajaran agama, orang yang menjadi guru pertamanya adalah orang tua kandungnya sendiri yakni Ayahnya yang juga merupakan seorang kyai di kampungnya.

Pada sekitar tahun 1988, Anwar Zahid Muda sempat menuntut ilmu di sebuah pondok pesantren yang cukup terkenal di Jawa Timur yakni pondok pesantren Langitan, Tuban yang di asuh oleh Romo Kyai Abdullah Faqih selama tiga tahun. Di Pondok Langitan tersebut, Anwar Zahid muda memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mendapatkan pendidikan tentang ilmu agama, mulai dari ilmu fiqih, tasawuf hingga ilmu tentang Al-Qur’an.

Menginjak usia Sekolah Menengah Atas (SMA), Anwar Zahid muda kemudian melanjutkan pendidikannya ke Gresik untuk memperdalam ilmu tentang al-Qur’an dan kemudian menghafalnya. Setelah mendapatkan restu dari pengasuh pondok pesantren Langitan kemudian Beliau melanjutkan pendidikannya di pondok pesantren  ”APTQ” Sampurnan Bungah, Kabupaten Gresik.

Berkat pendidikan yang Beliau dapatkan dari Pondok Pesantren Langitan dan juga Pondok Pesntren APTQ Sampurnaan Bungah Gresik, maka Beliau saat ini telah berhasil menjadi seorang Da'i dan pendakwah yang memberikan ceramah dan pengajian tentang Agama Islam kepada masyarakat seperti yang beliau cita - citakan. 

Bahkan menurut penuturan dari beberapa orang yang dekat dengan beliau mengatakan bahwa dalam satu hari saja KH. Anwar Zahid bisa memberikan ceramah sebanyak enam atau tujuh kali tergantung pada tempatnya, asalkan tempatnya runtut dan juga bergandengan dan tidak begitu jauh, maka Beliau akan selalu siap dalam melayani semua lapisan masyarakat yang membutuhkan siraman rohani dari Beliau. 

KH. Anwar Zahid kini telah menjadi salah seorang penceramah yang cukup terkenal di wilayah Jawa Timur bahkan di seluruh Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jadwal ceramah Beliau dalam setahun selalu penuh. Sejak tahun 2014 yang lalu, Kyai Anwar Zahid telah mendirikan majelis taklim di pondok pesantren asuhannya sendiri yang ditujukan untuk masyarakat sekitar. Nama majelis taklimnya adalah Maqoomam Mahmudah yang dilaksanakan pada setiap malam Jum’at.

Seiring dengan perkembangan zaman digital di era modern seperti sekarang ini, maka saat ini ada banyak sekali video - video ceramah dan pengajian Beliau yang di unggah ke Youtube, sehingga masyarakat luas bisa dengan mudah melihat dan mendengarkan isi dari ceramah yang Beliau sampaikan di setiap waktu, kapanpun mereka inginkan.

Video-video beliau yang diunggah di youtube telah di lihat oleh ribuan sampai ratusan ribu orang. Dibandingkan dengan kiyai-kiyai Indonesia lainnya rasanya video beliaulah yang paling banyak ditonton. Mungkin sama dengan video - video dari KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) atau Gus Miftah. Itu membuktikan bahwa Kiyai muda ini memang sudah sangat populer khususnya di Jawa Timur.

Keunikan dari ceramah dan pengajian Kyai Anwar Zahid adalah pada lelucon gaya bahasanya yang jelas dan pasti membuat semua masyarakat yang menonton dan mendengarkan secara langsung bisa santai dan tidak tegang. Jangankan mereka yang menonton pengajian Beliau secara langsung, untuk sebagian orang yang mendengarnya saja bisa ikut tertawa karena guyonan Beliau. Salah satu lelucon yang paling terkenal dari beliau adalah kata "QULHUaelek". Apa sih maksud dari kata tersebut ? sebenarnya kata tersebut biasanya diucapkan oleh anak-anak pada saat shalat berjamaah. Ketika imam membaca surat pendek dan surat yang dibaca tadi merupakan surat-surat yang tergolong panjang (ayatnya biasanya lebih dari 30 ayat), maka anak-anak kecil yang menjadi makmum akan berkata dalam hati qulhuae lek kesuwen. maksudnya adalah membaca surat Al Ikhlas saja kelamaan, karena seperti kita ketahui kalau surat Al Ikhlas, kata awalnya adalah Qulhu.

Hal tersebut dimaksudkan oleh KH Anwar Zahid sebagai kritikan kepada Pemerintah. Dalam pandangan Beliau, Negara Kesatuan Republik Indonesia Imamnya adalah pemerintah dan sebagai makmumnya adalah rakyat Indonesia sendiri. Peraturan seakan di buat tidak jelas sehingga rakyat kecil hanya minta kejelasan dari pemerintah dalam menegakkan peraturan di Indonesia. Segala urusan janganlah di persulit. Mudahkanlah segala urusan rakyat seperti membuat Surat Tanah, Pajak, dan sebagainya.

Biografi Dan Perjalanan Dakwah K.H. Achmad Anwar Zahid

Selain kata "QULHUaelek" tersebut masih banyak lagi candaan-candaan yang sangat lucu dari Beliau yang bisa membuat anda menjadi tertawa terpingkal-pingkal. Seperti misalnya singkatan-singkatan katanya. Sebagai contoh saja BBM yang semestinya adalah singkatan dari Bahan Bakar Minyak diplesetkan  menjadi "Bolak Balik Mundak". Itu merupakan bahasa jawa yang artinya terus - terusan naik harganya. Itu disampaikan beliau ketika membahas harga BBM yang naik terus dan membuat rakyat kecil menderita.

Jika anda ingin mengundang Kyai Anwar Zahid ini maka sebaiknya anda pesan atau booking jauh-jauh hari sebelum hari pelaksanaannya. Dijamin jika anda mengundang Kyai Anwar Zahid, maka acara pengajian anda pasti ramai sekali. Jangan heran jika banyak pemuda atau pemudi yang datang ke acaranya. Metode ceramah dan pengajian dari Beliau memang sangat unik dan kreatif. 

Demikianlah artikel tentang Biografi Dan Perjalanan Dakwah K.H. Achmad Anwar Zahid. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar