--> Skip to main content

5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita


5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita
image via freepick

Ibadah puasa Ramadhan yang sedang di laksanakan oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia, selain berfungsi untuk meningkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan  kepada Allah Subhanahu Wata'ala, ternyata juga memiliki banyak sekali rahasia dan manfaat yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Berkaitan dengan topik pembahasan artikel kali ini yakni 5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui terlebih dahulu bahwasannya kewajiban menjalankan ibadah puasa ini sudah dijalankan oleh umat terdahulu sebelum kita.

Allah Subhanahu Wata'ala telah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183, sebagai berikut:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah :183)

Dari ayat tersebut sangat jelas dinyatakan bahwa kewajiban berpuasa telah di perintahkan kepada umat - umat yang terdahulu sebelum kita. Dan itu artinya kewajiban berpuasa bagi umat muslim bukanlah sebuah ajaran atau hal yang baru karena telah di lakukan juga oleh umat - umat sebelumnya.

Ibadah puasa bisa di jadikan sebagai salah satu alternatif program diet untuk kita. Hal ini tentu sesuai dengan apa yang sudah Rasulullah katakan dalam sebuah haditsnya yang mneyatakan :

صُومُوا تَصِحُّو

Artinya:
“Berpuasalah, maka engkau akan sehat”.

Menurut hadist Rasulullah SAW tersebut orang yang berpuasa akan sehat. Walaupun menurut pendapat dari sebagian ulama ada yang menyatakan bahwa hadits tersebut diatas lemah, namun maknanya shahih sebagaimana dijelaskan oleh Al-Munawiy rahimahullah, sebagai berikut:

(صوموا تصحوا ) فإن الصوم غذاء للقلب كما يغذي الطعام الجسم ، ففيه صحة للبدن والعقل ..... ابن السني وأبو

نعيم في الطب ) النبوي ( عن عائشة ) وإسناده ضعيف


Artinya:
"berpuasalah, maka engkau akan sehat’, Hal itu dikarenakan puasa merupakan santapan bagi hati sebagaimana makanan memberikan santapan bagi tubuh. Puasa dapat menyehatkan badan dan akal.

Diriwayatkan oleh Ibnus-Sunniy dan Abu Nu’aim dalam Ath-Thibbun-Nabawiy dari ‘Aaisyah (1), dan sanadnya lemah” (At-Taisiir bi-Syarh Al-Jaami’ish-Shaghiir, 2/187)

Sebagai referensi untuk Anda dalam menjalankan ibadah puasa, berikut ini adalah 5 alasan mengapa puasa itu sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda, yaitu :

1. Puasa Dapat Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan dalam beberapa macam cara. Cara yang paling sederhana adalah bahwa Anda mengkonsumsi lebih sedikit kalori ketika sedang berpuasa. Jika Anda makan lebih sedikit kalori per hari daripada yang tubuh Anda konsumsi perharinya, maka itu artinya Anda akan mulai untuk menurunkan berat badan Anda. Jumlah kalori seseorang terbakar secara alami per hari dapat bervariasi secara signifikan berdasarkan pada jenis kelamin dan gaya hidup Anda, akan tetapi untuk kaum wanita cenderung tetap yakni  berada di angka sekitar 1.800 kalori.

Namun demikian, Anda tetap  harus memastikan bahwa Anda mengawasi dan mengontrol jumlah dan ukuran porsi makan ketika Anda sedang berpuasa, karena jika tidak, maka  semua  yang Anda lakukan dengan disiplin sebelumnya akan terbuang percuma dan sia - sia. 

Anda juga perlu untuk terus konsisten mempertahankan pola diet yang cocok. Seperti biasanya, diet yang baik adalah diet yang berjalan secara seimbang. Anda seharusnya tidak perlu menghindari  makanan yang manis sepenuhnya, akan tetapi Anda hanya harus membatasi jumlah konsumsinya. Juga, termasuk dalam hal ini adalah konsumsi makanan yang merupakan sumber  karbohidrat (seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian) serta serat dalam program diet Anda, dan itu akan sangat bermanfaat selama menjalankan puasa Anda.

2. Puasa Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan dari mengkonsumsi lebih sedikit kalori Anda selama berpuasa. Puasa juga dapat membantu tubuh Anda untuk membakar lebih banyak kalori di bandingkan dengan keseharian Anda jika tidak sedang berpuasa. Hal ini tentu akan dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda sekitar 14%. Puasa dapat menyebabkan tubuh Anda  untuk memecah lemak dalam tubuh Anda untuk menghasilkan energi, dimana hal tersebut disebabkan oleh hormon pertumbuhan yang lebih tinggi kadarnya. Itu semua akan membantu untuk meningkatkan tingkat metabolisme dalam tubuh Anda, serta memungkinkan Anda untuk membakar kalori dengan lebih cepat dan sebagai hasilnya Anda akan dapat menurunkan berat badan Anda secara signifikan.

3. Puasa Baik Untuk Otak Anda

Ibadah puasa selama ini dikenal sangat baik untuk meningkatkan perkembangan  otak Anda. Alasannya adalah karena dengan berpuasa dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf baru, dan meningkatkan kinerja fungsi otak, menurunkan  tingkat faktor neurotrophic. Hal tersebut  dapat membantu untuk mencegah terjadinya masalah pada otak Anda seperti perasaan depresi dan pengembangan sel saraf baru yang dapat meningkatkan fungsi otak lainnya. Cara lain yang  telah di temukan oleh para ahli menyatakan, ternyata puasa dapat membantu otak Anda untuk mengurangi tingkat peradangan dan mengurangi terjadinya risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson's.

Puasa juga bermanfaat untuk membantu tubuh Anda dalam usaha untuk menurunkan kadar gula dalam darah Anda dengan cara meningkatkan resistensi insulin. Gula darah dapat dikurangi sebanyak 6%, sedangkan insulin dapat dikurangi hingga 30%, seperti yang sudah kita ketahui bahwa kadar gula darah yang tinggi terjadi sebagai akibat dari resistensi insulin yang tinggi dimana hal tersebut merupakan salah satu faktor utama yang dapat membuat orang menjadi rentan terhadap serangan penyakit diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, risiko penyakit diabetes tipe 2 dapat dikurangi dan di minimalisir dengan cara berpuasa. Namun, hal ini tentu tidak berarti bahwa Anda harus kelaparan sendiri hanya untuk melindungi diri Anda dari resiko penyakit diabetes. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kadar gula darah pada wanita sebenarnya bisa menjadi lebih buruk sebagai akibat dari puasa yang terputus-putus selama periode 22-hari, sehingga Anda harus berhati-hati tentang berapa lama Anda berpuasa. Jika Anda adalah pasien dengan penyakit diabetes tipe 2, berkonsultasi dengan dokter Anda adalah sebuah hal yang harus Anda lakukan selama menjalankan ibadah puasa tersebut supaya dokter dapat memberikan saran terbaik untuk Anda.

5. Perbaikan Jaringan Tubuh

Puasa dapat menyebabkan tubuh Anda untuk memulai beberapa proses perbaikan jaringan lama dan rusak yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Ini termasuk penghapusan bahan limbah dari dalam sel dan melindungi terhadap kerusakan sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan terjadinya inisiasi regenerasi sistem kekebalan tubuh dengan merangsang sel induk untuk melakukan regenerasi sel tua dan rusak, serta membunuh beberapa sel tua dan rusak dan kemudian menghasilkan sel yang baru untuk menggantikannya. Hal ini terjadi karena sel darah putih Anda habis ketika sedang berpuasa, dan menginduksi sel punca untuk meregenerasi sel baru sebagai responnya.

Dengan begitu banyak manfaat berpuasa untuk menjaga kesehatan tubuh kita maka beruntunglah kita sebagai umat  muslim yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu Wata'ala untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Ada dua manfaat pokok yang bisa kita dapatkan dari ibadah puasa tersebut yaitu manfaat rohani dimana puasa akan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu Wata'ala, serta manfaat jasmani yaitu tubuh kita menjadi sehat dan bugar.

Demikianlah artikel tentang 5 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh Kita. Semoga dengan berpuasa tubuh kita akan selalu sehat dan bugar.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar