--> Skip to main content

11 (Sebelas) Manfaat Dan Keutamaan Shalat Dhuha-Salah Satunya Akan Dimudahkan Segala Urusan Kita




Selain kewajiban mengerjakan shalat wajib lima waktu dalam sehari semalam, umat Islam juga di anjurkan untuk mengerjakan amalan - amaln ibadah yang sifatnya sunah. Dalam ajaran agama Islam banyak sekali amalan - amalan sunah yang memiliki fadhilah dan keutamaannya masing -masing.

Berikut ini santri kampung akan membagikan kepada Anda tentang 12 Manfaat Dan Keutamaan Shalat Dhuha, di antaranya sebagai berikut :

1. Waktu Dhuha Adalah Waktu Yang Tepat Agar Do'a Di Kabulkan

Allah Subhananu Wata'ala telah berfirman dalam surah Adh-Dhuha ayat 1-2, sebagai berikut :

وَالضُّحَىٰ
وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَىٰ
مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَىٰ

Artinya :
1. Demi waktu matahari sepenggalahan naik
2. dan demi malam apabila telah sunyi (gelap)
3. Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu

Dari ayat tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa Allah Subhanahu Wata'ala telah bersumpah terhadap dua waktu yang paling utama yakni ketika Matahari sepenggalah naik (Di sebut sebagai waktu Dhuha) dan waktu malam apabila telah sunyi (2/3 malam menjelang shubuh).

Waktu Dhuha adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan shalat sunah Dhuha dan memanjatkan do'a kepada Allah SWT karena waktu dhuha adalah waktu yang sangat mustajab untuk berdo'a.

2. Akan Dimudahkan Segala Urusan Kita

Dalam sebuah hadits Qudsi disebutkan bahwasannya siapa yang mengerjakan shalat empat rakaat dipagi hari, maka Allah SWT akan menjamin dan mencukupkan segalanya dengan limpahan barakah sepanjang hari itu. Adapun hadist Qudsi tersebut berbunyi, "Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untukKU, yaitu sembahyang empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu (Hadits Riwayat Imam Ahmad, Abu Ya’la).

3. Wajah Akan Terlihat Lebih Bercahaya

Bagi orang yang rajin mengerjakan shalat sunah Dhuha maka wajahnya akan terlihat lebih bercahaya.

4. Awet Muda

Orang yang rajin mengerjakan shalat dhuha maka akan terlihat awet muda karena wajahnya selain bercahaya juga akan terlihat  berseri - seri karena terkena oleh air wudhu.

5. Menyehatkan Jantung Dan Ginjal

6. Shalat Dhuha Sebagai Sedekah

Shalat sunah dhuha juga dapat menggantikan sedekah kita, sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang di riwayatkan oleh Muslim, "Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya."

7. Menggugurkan Dosa Kita

Keutamaan shalat dhuha yang lain adalah dapat mengugurkan dosa-dosa meskipun dosanya. Seperti halnya sabda Rasulullah SAW yang di riwayatkan oleh Ibnu Majah, “Barang siapa yang menjaga sholat dhuhanya, maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.” (HR Ibnu Majah).

Dalam sebuah hadis lain yang di riwayatkan oleh Abu Ya'la, Rasulullah SAW telah bersabda, “Barang siapa yang melaksanakan sholat subuh kemudian ia duduk dan tidak berucap kata yang sia-sia, melainkan dzikir pada Allah SWT hingga ia melaksanakan sholat dhuha empat raka’at, maka dosa-dosanya akan dihapuskan hingga bersih seperti anak yang baru dilahirkan oleh ibunya, di mana ia tidak punya dosa.” (HR Abu Ya’la)

8. Akan Di Bangunkan Istana Dari Emas

Seperti dikutip dari Anas bin Malik yang mendengar bahwasanya Rasulullah SAW telah bersabda : “Siapa saja yang melakukan sholat dhuha 12 raka’at, Allah akan membuatkan untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.” (HR Ibnu Majah).

9. Akan Mendapat Pahala Seperti Pahala Ibadah Haji Dan Umrah

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW telah bersabda, "Barang siapa yang sholat subuh berjamaah lalu berdzikir untuk Allah SWT hingga matahari terbit, lalu dilanjutkan dengan menunaikan sholat dhuha dua raka’at, maka baginya seperti mendapatkan pahala haji dan umrah, sepenuhnya, sepenuhnya, sepenuhnya." (HR Tirmidzi)

10. Mendapatkan Keistimewaan Masuk Surga Melalui Pintu Dhuha

Dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Thabrani, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di surga kelak terdapat pintu yang diberi nama adh-dhuha, dan bila datang hari kiamat malaikat surga memanggil, di manakah orang-orang yang melaksanakan sholat dhuha? Ini adalah pintu kalian, masuklah dengan rahmat Allah SWT." (HR Thabrani).

11. Meraih Ghanimah Atau Keuntungan Lebih Cepat

Rasulullah SAW telah bersabda, "Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah engkau kembali! Kemudian mereka saling berbicara mengenai dekatnya tujuan perang serta banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan didapatkan dan kembali dengan cepat (karena jaraknya yang dekat).”

Kemudian Rasulullah SAW kembali bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang diperangi), serta paling banyak ghanimah-nya dan juga cepat kembalinya?” Mereka menjawab, “Ya!”

Lalu Rasulullah SAW berkata lagi, “Barang siapa yang berwudhu’, lalu masuk ke dalam masjid untuk melaksanakan sholat dhuha, dialah orang yang paling dekat dengan tujuannya (tempat perang), serta lebih banyak ghanimah-nya, dan lebih cepat kembalinya.”

BACAAN DOA SETELAH SHALAT DHUHA

Berikut ini adalah bacaan do'a yang diajarkan oleh Rasulullah SAW : 
“Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha (milik) Mu, kecantikan ialah kencantikan (milik) Mu, keindahan itu keindahan (milik) Mu, kekuatan itu kekuatan (milik) Mu, kekuasaan itu kekuasaan (milik) Mu, dan perlindungan itu perlindungan Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih diatas langit, turunkanlah, dan jika ada di didalam bumi, keluarkanlah, jika sukar, mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba Mu yang shaleh”.

Demikianlah artikel tentang 11 (Sebelas) Manfaat Dan Keutamaan Shalat Dhuha. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.


referensi : www.99.co, aminama.com, elfaizz.blogspot.com
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar