--> Skip to main content

Nasihat Penting Untuk Wanita Yang Akan Menikah


Nasihat Penting Untuk Wanita Yang Akan Menikah

Sudah menjadi sebuah takdir dari Allah Subhananhu Wata'ala, bahwa pada akhirnya semua wanita pada akhirnya akan menikah dan menjadi seorang istri serta ibu dari anak - anaknya. Ketika seorang perempuan menikah, maka tanggung jawab terhadap dirinya telah beralih dari Ayahnya kepada suaminya. Untuk itu bagi seorang perempuan perlu di berikan beberapa nasehat penting yang berhubungan dengan pernikahannya.

Berikut ini adalah beberapa nasehat penting yang disampaikan oleh para orang tua kepada anak perempuannya yang akan menikah, antara lain :

1. Taat Kepada Suami

Taat kepada suami adalah nasehat pertama yang selalu di katakan oleh hampir semua orang tua kepada anak - anak perempuannya yang akan melangsungkan pernikahan.

Dari sahabat Ummu Salamah ra, Dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

أَيُّمَا امْرَأَةٍ مَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَنْهَا رَاضٍ دَخَلَتِ الْجَنَّةَ
Artinya :
"Wanita mana saja yang meninggal dunia lantas suaminya ridha padanya, maka ia akan masuk surga".  (HR. Tirmidzi no. 1161 dan Ibnu Majah no. 1854. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan gharib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Dalam hadist yang lain yang di riwayatkan oleh Abdurrahman bin ‘Auf, Dia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda :

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا وَصَامَتْ شَهْرَهَا وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا قِيلَ لَهَا ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Artinya :
"Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta betul-betul menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan benar-benar taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, “Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka". (HR. Ahmad 1: 191 dan Ibnu Hibban 9: 471. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

2. Jauhi Rasa Cemburu Yang Berlebihan

Dalam sebuah riwayat ketika menikahkan anak perempuannya , Abdullah bin Ja’far bin Abu Thalib memberikan sebuah nasehat penting  kepada anak perempuannya tersebut, sebagai berikut :

"Jauhilah olehmu perasaan cemburu, karena rasa cemburu merupakan penyebab jatuhnya thalak. Juga jauhkanlah dirimu dari sifat banyak mengeluh, karena keluh kesah merupakan sebab timbulnya kemarahan, dan hendaklah kamu memakai celak mata, perhiasan yang paling indah serta wawangian yang paling harum ketika berada di dekat suami".

Dalam Agama Islam ada dua jenis  rasa cemburu, yakni cemburu yang dibolehkan dan cemburu yang dilarang oleh agama. Cemburu yang dilarang oleh agama  ini dapat mengakibatkan murka Allah Subhanahu Wata'ala.

Rasulullah Salallahu 'Alaihi Wassaalam bersabda :

أَنَّ مِنْ الْغَيْرَة مَا يُحِبّ اللَّه ، وَمِنْهَا مَا يَبْغَض اللَّه : فَأَمَّا الْغَيْرَة الَّتِي يُحِبّ اللَّه فَالْغَيْرَة فِي الرِّيبَة ، وَأَمَّا الْغَيْرَة الَّتِي يُبْغِض فَالْغَيْرَة فِي غَيْر رِيبَة 

Artinya :
"Sesungguhnya sifat cemburu itu ada yang dicintai oleh Allah dan ada yang dibenci oleh Allah. Adapun cemburu yang disukai adalah cemburu yang berdasarkan curiga (dengan bukti yang jelas).

Menurut Ibnu Hajar yang dimaksud cemburu di atas adalah ketika seorang istri merasa cemburu dengan suami karena selingkuh dengan wanita yang lain, melalui sesuatu yang dilarang oleh Allah seperti zina.

3. Memasak Makanan Untuk Suami

Sebuah nasehat dari Rasulullah SAW : "Apabila seorang perempuan menggilingkan tepung untuk suami dan anak-anaknya, maka Allah SWT akan menaikkan derajatnya dan menuliskan kebaikan dari setiap biji gandum yang digiling tersebut".

Adapun maksud dari nasehat Rasulullah SAW tersebuat adalah hendaknya seorang istri meluangkan waktunya untuk memasak makanan untuk suaminya dan juga anak-anaknya karena Allah SWT akan menganugerahkan kebaikan kepadanya dari setiap makanan yang dia masak tersebut. Sungguh itu adalah sebuah karunia pahala yang sangat besar baginya.

4. Mengerjakan Pekerjaan Rurah Tangga

5. Merawat Anak - Anak Dengan Kasih Sayang

Andai saja ada seorang ibu yang  meminyaki dan menyisir rambut anaknya serta mencuci pakaiannya, maka Allah SWT akan memberikan pahala yang nilainya sama dengan memberi makan seribu orang yang lapar dan memberi pakaian kepada seribu orang yang telanjang.

6. Menjaga Silaturahmi Dengan Tetangga

Rasulullah SAW juga memberikan sebuah nasehat  agar seorang istri mampu dan berusaha untuk terus menjaga tali silaturahmi dengan para tetangganya. Ketika kita menghalangi kebutuhan tetangga kita maka Allah SWT akan mengharamkan telaga Kautsar bagi kita di akherat kelak. Sungguh hal tersebut adalah sebuah kerugian bagi kita.

7. Ingat Bahwa Ridha Suami Adalah Ridha Allah SWT

Apabila seorang istri ingin mengahrapkan ridha Allah SWT, maka caranya cukup mudah yakni dia harus patuh terhadap suaminya sepanjang itu tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam. Pun sebaliknya jika suami tidak memberikan ridha kepadanya maka Allah SWT pun tidak akan meridhainya.

8. Bersabarlah Ketika Mengandung

Ketika seorang wanita sedang mengandung anaknya maka parta malaikat akan selalu beristighfar untuknya, segala kebaikan akan dicatatkan atas dirinya, dan seluruh keburukan pun akan dihapuskan dari dirinya.

9. Bersabar Ketika Melahirkan

Ketika seorang istri sedang berjuang untuk melahirkan anaknya, maka Allah SWT akan mencatatnya sebagai pahala yang nilainya sama dengan berjihad di jalan Allah SWT. Seorang wanita yang baru saja melahirkan anaknya akan dihapuskan seluruh dosa-dosanya seperti bayi yang di lahirkannya. Dan apabila dia meninggal setelah melahirkan, maka syurganya Allah SWT telah  dia dapatkan.

10. Melayani Suami Dengan Kelembutan Dan Kesabaran

Jika seorang istri melayani suaminya dengan ikhlas, sabar dan penuh dengan kelembutan, maka Allah SWT akan mengampuni segala dosa-dosanya.

11. Tersenyum Di Hadapan Suami

Dan bahkan dengan tersenyum di hadapan suaminya maka Allah SWT akan memberikan pahala yang begitu besar kepadanya, karena Allah SWT juga memandang istri tersebut dengan pandangan penuh rahmat.

12. Menjaga Rumah Dan Harta Suami

13. Merawat Suami Dengan Kasih Sayang

Apabila seorang istri merawat suaminya dengan kasih sayang  seperti meminyaki rambut dan janggutnya, kemudian menggunting kukunya, memotong kumisnya, maka  Allah SWT akan memberinya minum dari sungai-sungai yang ada di surga ketika di akherat nanti.

Demikianlah artikel tentang Nasihat Penting Untuk Wanita Yang Akan Menikah. Semoga bermanfaat dan memberikan pencerahan kepada Anda.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk mampir ke blog saya, silahkan membaca artikel - artikel lain tentang agama Islam di blog saya ini.


sumber : muslim.or.id, islam.nu.or.id,penganten.com
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar