--> Skip to main content

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Kewajiban melaksanakan shalat lima waktu semalam bagi seluruh umat Islam adalah termasuk dalam rukun Islam yang kedua. Agar dapat mengerjakan shalat dengan baik dan benar sesuai dengan hukum syara' maka bagi seluruh kaum muslimin dan muslimat harus mempelajari bagaimana cara mengerjakan shalat. Bagaimana gerakannya, bacaannya dan sebagainya agar shalat kita di terima oleh Allah Subahanu Wata'ala.

Dalam artikel saya kali ini, saya akan membagikan sebuah tutorial bagaimana cara mengerjakan shalat dengan baik dan benar. Silahkan anda baca baik - baik tutorial artikel berikut ini.

1. Berdiri tegak menghadap ke arah kiblat sambil membaca niat mengerjakan shalat sesuai dengan shalat yang akan di kerjakan. Niat shalat di ucapkan dalam hati.

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Contoh lafadz niat shalat subuh :

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
Artinya :
Saya berniat shalat shubuh dua rekaat dengan menghadap kiblat karena Allah Ta'ala.

Catatan :
Bilamana menjadi imam maka ganti kata makmuman menjadi imaman, dan apabila mengerjakan shalat sendirian ganti dengan Adzaalillah.

2. Kemudian takbiratul ikhram sambil mengangkat kedua buah tangan sambil membaca takbir.

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Adapaun kalimat takbir adalah  :
اللَّهُ أَكْبَرُ 
Artinya : 
Allah maha besar

3. Kemudian kedua tangan di sedekapkan pada bagian perut (dada), lalu membaca doa iftitah.
Bacaan doa iftitah adalah sebagai berikut :

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Artinya :
Allah maha besar lagi sempurna kebesaran-NYA, segala puji bagiNYA dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kepada dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku semata hanya untuk Allah seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagiNYA dan aku di perintahkan untuk tidak menyekutukan bagiNYA dan aku dari golongan kaum muslimin.

Setelah itu kemudian membaca surah Al- Fatihah :

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Di lanjutkan dengan membaca ayat - ayat dari Alquran :

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

4. Ruku'

Setelah selesai membaca ayat Al-Quran atau surah pendek kemudian di lanjutkan dengan gerakan ruku'.  Kedua tangan di angkat tinggi sejajar dengan telinga sambil membaca kalimat takbir "Allahu Akbar". Kemudian membungkukkan badan dengan posisi kedua tangan menekan lutut. Usahakan agar posisi kepala dan punggung rata. Setelah itu membaca kalimat tasbih " Subhaana Rabbiyal 'Adzimi Wabihamdihi " 3X.


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Arti dari kalimat tasbih :
Maha suci Allah yang maha Agung, serta memujilah aku kepadaNYA.

5. I'tidal

Selesai ruku' lalu bangkit tegak dengan mengangkat kedua tangan setinggi telinga sambil membaca " Sami'allahuliman Hamidah ".


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Artinya :
Allah mendengar orang yang memujiNYA.

Setelah berdiri tegak lalu membaca " Rabbanaa lakal hamdu mil ussamaawaati wamil ul  wamil umaasyita min sya'in ba'du ".

Artinya :
Ya Allah Tuhan kami bagiMU segala puji sepenuh langit dan bumi dan sepenuh barang yang Engkau kehendaki sesudah itu.

6. Sujud


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Posisi sujud adalah seperti pada gambar di atas yakni dengan meletakkan dahi diatas shalat. Ketika turun yakni dari posisi berdiri ke sujud sambil membaca " Allahu Akbar ". Dan setelah sujud membaca tasbih yaitu " Subhaana rabbiyal A'la wabihamdihii " 3X.

Artinya :
Maha suci Allah serta memujilah aku kepadaNYA.

7. Duduk Diantara Dua Sujud

Setelah sujud lalu duduk sambil membaca " Allahu Akbar " dan setelah duduk kemudian membaca, " Rabbigfirli warhamni wajburni warfa'nii warzuqni wahdinii wa'afini wa'fuannii ".


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Artinya :
Ya Allah, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku dan cukupkanlah kekuranganku dan angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku, dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan bagiku dan berilah ampunan kepadaku.

8. Sujud Kedua


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Gerakan sujud kedua, ketiga dan keempat di lakukan seperti gerakan sujud pertama baik cara maupun bacaannya.

9. Duduk Tasyahud Awal

Pada rekaat yang kedua apabila kita shalat tiga rekaat atau empat rekaat, kita duduk untuk membaca tasyahud awal dengan sikap kaki kanan tegak dan kaki kiri di duduki sambil membaca bacaan tasyahud awal yaitu :


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Artinya :
Segala kehormatan, keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan bagi Allah. Salam, rahmat dan berkahNya kupanjatkan kepadamu wahai Nabi (Muhammad). Salam (keselamatan) semoga tetap untuk kami seluruh hamba yang shaleh - shaleh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad.

10. Tasyahud Akhir

Cara duduk pada tasyahud akhir adalah sebagai berikut :
  • Usahakan pantat menempel di alas sembahyang, dan kaki kiri di masukkan ke bawah kaki kanan.
  • Jari - jari kaki kanan tetap menekan ke alas sembahyang ( seperti dalam gambar di bawah).
Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Bacaan tasyahud akhir sama dengan bacaan tasyahud awal dan di tambahkan dengan shalawat atas keluarga Nabi Muhammad SAW, yaitu : " Wa'alaa Aalisayyidinaa Muhammad ".

Artinya :
Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada keluarga Nabi Muhammad SAW.

Pada tasyahud akhir juga di sunahkan untuk membaca shalawat Ibrahimiyah, yaitu :


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Artinya :
Sebagaimana pernah Engkau beri rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpailah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya sebagaimana Engkau memberi berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Di seluruh alam semesta Engkaulah yang terpuji dan Maha Mulia.

11. Salam


Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Tutorial Cara Mengerjakan Shalat

Selesai takbir kemudian membaca salam  yang pertama sambil menoleh ke kanan dan kemudian membaca salam yang kedua sambil menoleh ke kiri.
Bacaan salam adalah " Assalamu'alaikum Warahmatullah ".

Artinya :
Keselamatan dan rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian.

Dengan mengucapkan salam maka berarti shalat kita telah selesai.

Itulah tutorial bagaimana cara mengerjakan shalat, semoga bermanfaat untuk anda semua.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar