--> Skip to main content

Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 31-40 Dan Kandungannya


Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 31-40 Dan Kandungannya
Sumber gambar : pixabay

Al-
Santrikampung- Berikut ini adalah kandungan surah dalam Al-Qu'an surah ke 31 sampai dengan surah ke 40.

31. SURAH LUQMAN (LUQMAN)

Surah Luqman adalah surah ketigapuluh satu dalam Al-Qur'an. Surah Luqman terdiri dari 34 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Disebut sebagai surah Luqman karena di dalamnya menceritakan bagaimana Luqman mendidik anaknya. Kisah ini menjadi teladan bagi kita dalam mendidik anak - anak kita agar senantiasa takut dan patuh terhadap perintah Allah SWT.

Berikut ini adalah salah satu kutipan ayat dari surah tersebut yang isinya adalah bagaimana Luqman melarang anaknya berbuat syirik dan patuh kepada orang tuanya, yaitu :

وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ ۖ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
Artinya:
13. Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

14. Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

32. SURAH AS-SAJDAH (SUJUD)

Surah As-Sajdah adalah surah ketigapuluh dua dalam Al-Qur'an. Surah As-Sajdah terdiri dari 30 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.

Disebut sebagai surah As-Sajdah karena di dalamnya terdapat ayat Sajdah ( sujud ) yaitu pada ayat ke 15 sebagai berikut :


إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ 

Artinya:
Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.

33. SURAH AL-AHZAB (ORANG-ORANG YANG BERSEKUTU)

Surah Al-Ahzab adalah surah ketigapuluh tiga dalam Al-Qur'an. Surah Al-Ahzab terdiri dari 73 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah madaniyah.

Disebut sebagai surah Al-Ahzab karena di dalamnya terdapat beberapa ayat yang menceritakan tentang persekutuan kaum Yahudi dan musyrikin dalam perang Al Ahzab melawan orang - orang mukmin di Madinah. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


يَحْسَبُونَ الْأَحْزَابَ لَمْ يَذْهَبُوا ۖ وَإِنْ يَأْتِ الْأَحْزَابُ يَوَدُّوا لَوْ أَنَّهُمْ بَادُونَ فِي الْأَعْرَابِ يَسْأَلُونَ عَنْ أَنْبَائِكُمْ ۖ وَلَوْ كَانُوا فِيكُمْ مَا قَاتَلُوا إِلَّا قَلِيلًا
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
وَلَمَّا رَأَى الْمُؤْمِنُونَ الْأَحْزَابَ قَالُوا هَٰذَا مَا وَعَدَنَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَصَدَقَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ ۚ وَمَا زَادَهُمْ إِلَّا إِيمَانًا وَتَسْلِيمًا
مِنَ الْمُؤْمِنِينَ رِجَالٌ صَدَقُوا مَا عَاهَدُوا اللَّهَ عَلَيْهِ ۖ فَمِنْهُمْ مَنْ قَضَىٰ نَحْبَهُ وَمِنْهُمْ مَنْ يَنْتَظِرُ ۖ وَمَا بَدَّلُوا تَبْدِيلًا
لِيَجْزِيَ اللَّهُ الصَّادِقِينَ بِصِدْقِهِمْ وَيُعَذِّبَ الْمُنَافِقِينَ إِنْ شَاءَ أَوْ يَتُوبَ عَلَيْهِمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya:
20. Mereka mengira (bahwa) golongan-golongan yang bersekutu itu belum pergi; dan jika golongan-golongan yang bersekutu itu datang kembali, niscaya mereka ingin berada di dusun-dusun bersama-sama orang Arab Badwi, sambil menanya-nanyakan tentang berita-beritamu. Dan sekiranya mereka berada bersama kamu, mereka tidak akan berperang, melainkan sebentar saja.

21. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

22. Dan tatkala orang-orang mukmin melihat golongan-golongan yang bersekutu itu, mereka berkata: "Inilah yang dijanjikan Allah dan Rasul-Nya kepada kita". Dan benarlah Allah dan Rasul-Nya. Dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan.

23. Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya)

24. supaya Allah memberikan balasan kepada orang-orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang munafik jika dikehendaki-Nya, atau menerima taubat mereka. Sesungguhnya Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

34. SURAH SABA' (KAUM SABA')

Surah Saba' adalah surah ketigapuluh empat dalam Al-Qur'an. Surah Saba' terdiri dari 54 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.

Disebut sebagai surah Saba' karena di dalamnya terdapat ayat yang menceritakan tentang kaum Saba'. Kaum Saba' sendiri adalah kabilah arab yang tinggal di daerah Yaman. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut:

لَقَدْ كَانَ لِسَبَإٍ فِي مَسْكَنِهِمْ آيَةٌ ۖ جَنَّتَانِ عَنْ يَمِينٍ وَشِمَالٍ ۖ كُلُوا مِنْ رِزْقِ رَبِّكُمْ وَاشْكُرُوا لَهُ ۚ بَلْدَةٌ طَيِّبَةٌ وَرَبٌّ غَفُورٌ
فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُمْ بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَيْ أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِنْ سِدْرٍ قَلِيلٍ
Artinya :
15. Sesungguhnya bagi kaum Saba' ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): "Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun".

16. Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Sidr.

35. SURAH FAATHIR (PENCIPTA)

Surah Faathir adalah surah ketigapuluh lima dalam Al-Qur'an. Surah Faathir terdiri dari 45 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Disebut sebagai surah Faathir karena di dalamnya terdapat kata Faathir yang mempunyai arti pencipta yaitu pada awal surah.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke sebagai berikut :


الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya:
Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

36. SURAH YAASIN (YAASIN)

Surah Yaasin adalah surah ketigapuluh enam dalam Al-Qur'an. Surah Yaasin terdiri dari 83 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Disebut sebagai surah Yaasin karena diawali dengan huruf Yaasin yang termasuk kedalam ayat mutasyaabihat.

Dalam beberapa literatur banyak kita jumpai fadhilah dan manfaat membaca surah Yaasin ini, diantaranya adalah apabila surah Yaasin dibacakan di hadapan orang yang sedang sakaratul maut maka akan di mudahkan keluarnya ruh dari jasadnya, jika di baca maka akan mendapatkan pahala 10 kali lipat pahala, akan mampu menjadi safa'at bagi pembacanya kelak di akhirat dan masih banyak lagi fadhilah yang lainnya.

37. SURAH AS-SHAFFAAT (YANG BERSHAFT - SHAFT)

Surah As-Shaffaat adalah surah ketigapuluh tujuh dalam Al-Qur'an. Surah As-Shaffaat terdiri dari 182 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Disebut sebagai surah As-Shaffaat karena di dalamnya terdapat kata As-Shaffaat yang mempunyai arti yang bershaft - shaft.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 1 sebagai berikut :


وَالصَّافَّاتِ صَفًّا
Artinya:
Demi (rombongan) yang ber shaf-shaf dengan sebenar-benarnya]

38. SURAH SHAAD (SHAAD)

Surah Shaad adalah surah ketigapuluh delapan dalam Al-Qur'an. Surah Shaad terdiri dari 88 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Disebut sebagai surah Shaad karena diawali dengan huruf shaad yaitu pada permulaan ayat pertama.


Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


ص ۚ وَالْقُرْآنِ ذِي الذِّكْرِ
Artinya:
Shaad, demi Al Quran yang mempunyai keagungan.

39. SURAH AZ-ZUMAR (ROMBONGAN)

Surah Az-Zumar adalah surah ketigapuluh sembilan dalam Al-Qur'an. Surah Az-Zumar terdiri dari 75 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Disebut sebagai surah Az-Zumar karena di dalamnya terdapat kata az-Zumar yaitu pada ayat ke 71 dan 83. Di sebut juga sebagai Al-Ghuraf yang mempunyai arti kamar - kamar yang terdapat pada ayat ke 20.


Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut:


وَسِيقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَىٰ جَهَنَّمَ زُمَرًا ۖ حَتَّىٰ إِذَا جَاءُوهَا فُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ يَتْلُونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِ رَبِّكُمْ وَيُنْذِرُونَكُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَٰذَا ۚ قَالُوا بَلَىٰ وَلَٰكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى الْكَافِرِينَ
Artinya:
71. Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahannam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?" Mereka menjawab: "Benar (telah datang)". Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir.

30. SURAH AL-MU'MIN (ORANG - ORANG BERIMAN)

Surah Al-Mu'min adalah surah ketigapuluh dalam Al-Qur'an. Surah Al-Mu'min terdiri dari 85 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.
Nama lain dari surah Al-Mu'min yaitu Hamim Al-Mu'min,  Al-Ghafir dan At-Thaul.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :

غَافِرِ الذَّنْبِ وَقَابِلِ التَّوْبِ شَدِيدِ الْعِقَابِ ذِي الطَّوْلِ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ إِلَيْهِ الْمَصِيرُ
Artinya:
Yang Mengampuni dosa dan Menerima taubat lagi keras hukuman-Nya. Yang mempunyai karunia. Tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Hanya kepada-Nya-lah kembali (semua makhluk).


Demikianlah pembahasan Al-Qur'an surah ke 21 sampai dengan ke 30 dan kandungannya. Semoga bermanfaat dan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar