--> Skip to main content

Prestasi Membanggakan Wakil Dari Indonesia Meraih Juara Ketiga Musabaqah Hifzhil Qur’an Di Mekah Arab Saudi


Prestasi Membanggakan Wakil Dari Indonesia Meraih Juara Ketiga Musabaqah Hifzhil Qur’an  Di Mekah Arab Saudi
Sumber gambar : pexels

Santrikampung- Adalah Al Hasan Ahmad Sudarmanto salah seorang utusan atau delegasi kontingen Musabaqah Hifzhil Qur’an asal Indonesia yang berhasil meraih hasil membanggakan dengan menjadi juara ketiga pada ajang musabaqah yang di adakan di Mekkah Arab Saudi belum lama ini. Ajang musabaqah tingkat internasional tersebut merupakan ajang musabaqah yang ke-41 kalinya di adakan. Al Hasan Ahmad Sudarmanto berhasil meraih juara ketiga untuk kategori tahfizh 15 juz. Demikian berita resmi sebagai mana di publikasikan oleh Kemenag RI dalam salah satu artikel di websitenya.

Al Hasan Ahmad Sudarmanto harus bersaing dengan 35 peserta lainnya yang berasal dari berbagai negara sebelum akhirnya berhasil meraih juara ketiga tersebut. Dengan demikian maka dia berhak mendapatkan hadiah uang sebesar 45.000 riyal dari Pangeran Faishal bin Abdul Aziz. Untuk pemenang juara pertama kategori hafalan 15 juz ini di raih oleh Abdus Sayyid Sulaiman Sholeh dari Libia sedangkan untuk juara kedua diraih oleh Ahmad Syihabullah dari Bangladesh.

Dalam acara penutupan ajang Musabaqah tersebut di hadiri oleh pejabat – pejabat Agama dari Arab Saudi, antara lain : Menteri Agama Islam Dakwah dan Bimbingan  Abdul Lathif bin Abdul Aziz, Mir Mekah Pangeran Faishal bin Abdul Aziz Ali Su’ud serta para perwakilan negara sahabat dan para tamu undangan lainnya. undangan. Sebagai tamu kehormatan dari Indonesia turut hadir Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin yang didampingi Konjen RI di Jeddah Mohamad Hery Saripudin.

Dalam pidato sambutannya, Abdul Lathif mengatakan bahwa ajang musabaqah tingkat international ini diikuti oleh 146 peserta yang berasal dari 103 negara. Ajang Musabaqah ini merupakan lomba halafan Al-Quran tertua dan tercanggih di dunia yang menggunakan teknologi informatika dalam penilaian dan penyelenggaraan lomba. Atas segala prestasi dan juga sejarah penting dunia Musabaqah Hafalan Al-Quran ini dirinya mengaku sangat bahagia.

Dirjen Bimas Islam juga mengungkapkan rasa bahagianya atas prestasi yang di raih oleh delegasi asal Indonesia Al Hasan Ahmad Sudarmanto. Pada Musabaqah Hafalan Al Quran Raja Abdul Aziz Ali Su’ud kali ini, Dirjen turut menyaksikan secara langsung penampilan delegasi dari Indonesia.

Dirjen juga mengatakan bahwa prestasi yang di raih oleh  Al Hasan ini luar biasa jika kita melihat kualitas peserta yang menjadi saingannya dari negara-negara Timur Tengah yang dikenal dengan kekuatan hafalannya.

Berikut ini adalah daftar nama-nama pemenang Musabaqah Hafalan Al Quran di Mekah:
. Hafalan Al Quran 30 Juz beserta tafsir 
JUARA
Mujahid Faishal ‘Awdh dari Kerajaan Saudi ArabiaI      
Khoeruddin Ahmad Muhammad Balaqsam  dari AljazairII  
Musa Muhammad Ali dari PalestinaIII   

. Hafalan Al Quran 30 Juz 
JUARA
Idris Abu Bakar dari Nigeria
I      
Ahmad Muhammad Hasan dari Amerika
II  
Ahmad Jarullah Abdurrahman dari Irak
III   

. Hafalan Al Quran 15 Juz 
JUARA
Abdus Sayyid Sulaiman Shalih dari Libia
I      
Muhammad Syihabullah dari Bangladesh
II  
Al Hasan Ahmad Sudarmanto dari Indonesia
III   

. Hafalan Al Quran 5 Juz 
JUARA
Ali Hamadi Petralahi dari Madagasykar
I      
Mu’adz Syukri Mirah dari Thailand
II  
Muhammad Ali dari Brazil
III   


Semoga dengan prestasi yang telah di raih oleh Al Hasan, akan memacu semangat santri – santri di Indonesia untuk semakin giat belajar.


Terima kasih atas kunjungannya.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar