--> Skip to main content

Memahami Faedah Dan Makna Asma'ul Husna


Memahami Faedah Dan Makna Asma'ul Husna
Sumber gambar : pixabay

Santrikampung-  Allah Subhabnahu Wata'ala mempunyai sembilan puluh sembilan (99) nama yang menunjukkan sifat - sifatnya. Nama - nama Allah SWT tersebut di sebut sebagai Asma'ul Husna. Al-Asma'u Al-Husna adalah kata yang berasal dari bahasa Arab yakni Asma' yang mempunyai arti nama - nama dan Husna yang mempunyai arti baik ataupun indah. Dengan demikian arti dari Asma'ul Husna adalah nama - nama yang baik lagi indah yang hanya di punyai oleh Allah Subhanahu Wata'ala. 

Kata Asma'ul Husna terdapat dalam Al-Qur'an yakni dalam surah Thaha ayat ke 8 yaitu sebagai berikut :

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ لَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ
Artinya :
Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak untuk di sembah) melainkan Dia. Dia mempunyai Al Asma'ul Husna (Nama - nama yang baik)

Menurut para Alim ulama bahwa ketika kita berdoa kepada Allah SWT dengan menyebut nama - nama Asma'ul Husna mempunyai nilai yang sangat tinggi. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al A'raf ayat ke 180 sebagai berikut :

وَلِلَّهِ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ فَادْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِي أَسْمَائِهِ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya :
Hanya milik Allah Asma'ul Husna, maka bermohonlah kepda-NYA dengan menyebut Asma'ul Husna itu dn tinggalkanlah orang - orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama - nama-NYA. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

Keutamaan Asma'ul Husna yang lain adalah bagi siapapun yang mampu menghafalkan dan mengamalkan Asma'ul Husna akan di masukkan kedalam Syurga. Tentu saja tidak hanya menghafalkannya saja namun harus di iringi dengan amal perbuatan baik yang tidak bertentangan dengan makna dari sifat - sifat Allah SWT yang ada pada Asma'ul Husna tersebut.

Hal ini selaras dengan hadist Nabi SAW yang artinya ," Dari Abu Hurairah ra. Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda :" Sesungguhnya Allah Subhanahu Wata'ala mempunyai sembilan puluh sembilan nama, seratus kurang satu, barang siapa yangenghafalkannya, maka ia akan masuk Syurga ". (HR.Bukhari)

Jika demikian maka sudah sewajarnyalah kita sebagai seorang muslim harus berusaha untuk mampu menghafalkan ke sembilan puluh sembilan nama - nama Allah SWT tersebut dan menjaga serta menerapkannya dalam kehidupan kita. 

Kepada anak - anak kita hendaknya kita berusaha sedini mungkin untuk mengenalkan Asma'ul Husna ini kepada mereka. Jika kita tidak mampu mengajarkan kepada kepada mereka, kita bisa memasukkan anak - anak kita ke Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) dan juga Taman Pendidikan Qur'an (TPQ).  Di sekolah tersebut biasanya di ajarkan kepada anak - anak untuk menghafalkan Asma'ul Husna tersebut. Di samping itu dengan memasukkan anak - anak kita ke TPA dan TPQ mereka akan di ajarkan bagaimana cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Demikianlah sekilas tentang Asma'ul Husna, pada artikel saya selanjutnya saya akan mencoba untuk mengulas beberapa nama dari Asma'ul Husna tersebut. Mudah - mudahan bisa semua nama - nama Allah SWT bisa saya ulas di blog ini.

Terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar