--> Skip to main content

Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 21-30 Dan Kandungannya


Nama Surah Dalam Al-Qur'an  Ke 21-30 Dan Kandungannya
Sumber gambar : pixabay

Santrikampung- Melanjutkan postingan saya sebelumnya mengenai nama - nama surah dalam Al-Quran dan kandungannya, berikut ini saya lanjutkan dengan surah ke 21-30, yakni sebagai berikut :

21. SURAH AL-ANBIYAA' (PARA NABI)


Surah Al-Anbiyaa' adalah surah keduapuluh satu dalam Al-Qur'an. Surah Al-Anbiyaa' terdiri dari 112 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Anbiyaa' karena di dalamnya banyak menceritakan beberapa orang  Nabi. Inti kandungan surah ini adalah bahwa para Nabi sejatinya adalah orang biasa yang di angkat dan diberikan wahyu oleh Allah SWT untuk menyebarkan ajaran tauhid kepada kaumnya.

22. SURAH AL-HAJJ (HAJI).

Surah Al-Hajj adalah surah keduapuluh dua dalam Al-Qur'an. Surah Al-Hajj terdiri dari 78 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah, namun sebagian ahli tafsir mengelompokkan surah ini menjadi surah makkiyah dan madaniah. Hal tersebut didasarkan atas realita bahwa selain diturunkan di kota Mekkah sebagian ayat dari surah tersebut di turunkan di kota Madinah.
Disebut sebagai surah Al-Hajj karena di dalamnya banyak menceritakan tentang hal - hal yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji seperti tawaf, sa'i, ihram dan sebagainya. Di dalam surah tersebut dapat kita ketahui pula bahwa ka'bah di bangun pada masa Nabi Ibrahim AS dan putranya yaitu Nabi Ismail AS.

23. SURAH AL-MU'MINUUN (ORANG-ORANG YANG BERIMAN)


Surah Al-Mu'minuun adalah surah keduapuluh tiga dalam Al-Qur'an. Surah Al-Mu'minuun terdiri dari 118 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Mu'minuun karena di dalamnya terdapat kata Al-Mu'minuun yang mempunyai arti orang - orang yang beriman. Di dalam surah tersebut menggambarkan bagaimana sifat - sifat seorang mukmin sesungguhnya.

24. SURAH AN-NUR (CAHAYA)


Surah An-Nur adalah surah keduapuluh empat dalam Al-Qur'an. Surah An-Nur terdiri dari 64 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah madaniyah.
Disebut sebagai surah An-Nur karena di dalamnya terdapat kata An-Nur yang mempunyai arti cahaya . Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 35 sebagai berikut :


اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ ۖ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ
Artinya :
Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

25. SURAH AL-FURQAAN (PEMBEDA)

Surah Al-Furqaan adalah surah keduapuluh lima dalam Al-Qur'an. Surah Al-Furqaan terdiri dari 77 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Furqaan karena di dalamnya terdapat kata Al-Furqaan yang mempunyai arti pembeda yaitu membedakan perkara yang haq dan bathil.
Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 1 sebagai berikut :


تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا
Artinya :
Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam

26. SURAH ASY-SYU'ARA (PARA PENYAIR)

Surah Asy-Syu'ara adalah surah keduapuluh enam dalam Al-Qur'an. Surah Asy-Syu'ara terdiri dari 227 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Asy-Syu'ara' karena di dalamnya terdapat kata Asy-Syu'ara yang mempunyai arti para penyair. 
Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 224,  sebagai berikut :

وَالشُّعَرَاءُ يَتَّبِعُهُمُ الْغَاوُونَ
Artinya :
Dan penyair-penyair itu diikuti oleh orang-orang yang sesat.

27. SURAH AN-NAML (SEMUT)

Surah An-Naml adalah surah keduapuluh tujuh dalam Al-Qur'an. Surah An-Naml terdiri dari 93 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah An-Naml karena di dalamnya terdapat kata An-Nmal yang mempunyai arti semut.  Pada saat itu Raja semut berkata kepada rakyatnya agar segera masuk kedalam sarangnya agr tidak terinjak oleh bala tentara Nabi Sulaiman AS. Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 18 dan 19  sebagai berikut :


حَتَّىٰ إِذَا أَتَوْا عَلَىٰ وَادِ النَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَدْخِلْنِي بِرَحْمَتِكَ فِي عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ

Artinya :
18. Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari"

19. maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: "Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".

28. SURAH AL-QASHASH (CERITA-CERITA)

Surah Al-Qashash adalah surah keduapuluh delapan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Qashash terdiri dari 88 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Qashash karena di dalamnya terdapat kata Al-Qashash yang mempunyai arti cerita - cerita. Firman Allah SWT tentang hal tersebut  terdapat pada ayat ke 25 sebagai berikut :

فَجَاءَتْهُ إِحْدَاهُمَا تَمْشِي عَلَى اسْتِحْيَاءٍ قَالَتْ إِنَّ أَبِي يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا ۚ فَلَمَّا جَاءَهُ وَقَصَّ عَلَيْهِ الْقَصَصَ قَالَ لَا تَخَفْ ۖ نَجَوْتَ مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ
Artinya:
Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua wanita itu berjalan kemalu-maluan, ia berkata: "Sesungguhnya bapakku memanggil kamu agar ia memberikan balasan terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami". Maka tatkala Musa mendatangi bapaknya (Syu'aib) dan menceritakan kepadanya cerita (mengenai dirinya), Syu'aib berkata: "Janganlah kamu takut. Kamu telah selamat dari orang-orang yang zalim itu".

29. SURAH AL-'ANKABUT (LABA-LABA)

Surah Al-'Ankabut adalah surah keduapuluh sembilan dalam Al-Qur'an. Surah Al-'Ankabut terdiri dari 69 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-'Ankabut karena di dalamnya banyak menceritakan tentang perumpamaan orang - orang yang mengambil pelindung selain Allah SWT seperti sarang laba - laba. Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 41 sebagai berikut :

مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

Artinya:
Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.

30. SURAH AR-RUUM (BANGSA ROMAWI)

Surah Ar-Ruum adalah surah ketigapuluh dalam Al-Qur'an. Surah Ar-Ruum terdiri dari 60 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Ar-Ruum karena di dalam surah tersebut banyak memuat cerita tentang kekalahan bangsa Romawi dan kebangkitan bangsa Romawi. Firman Allah SWT tentang hal tersebut  terdapat pada ayat ke 2,3 dan 4 sebagai berikut :

غُلِبَتِ الرُّومُ
فِي أَدْنَى الْأَرْضِ وَهُمْ مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ سَيَغْلِبُونَ
فِي بِضْعِ سِنِينَ ۗ لِلَّهِ الْأَمْرُ مِنْ قَبْلُ وَمِنْ بَعْدُ ۚ وَيَوْمَئِذٍ يَفْرَحُ الْمُؤْمِنُونَ

Artinya:
2. Telah dikalahkan bangsa Rumawi

3. Di negeri yang terdekat dan mereka 

4. Sesudah dikalahkan itu akan menang
dalam beberapa tahun lagi. Bagi Allah-lah urusan sebelum dan sesudah (mereka menang). Dan di hari (kemenangan bangsa Rumawi) itu bergembiralah orang-orang yang beriman

Demikianlah pembahasan Al-Qur'an surah ke 21 sampai dengan ke 30 dan kandungannya. Semoga bermanfaat dan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar