--> Skip to main content

Nama Surah Dalam Al-Qur'an ke 11-20 Dan Kandungannya


Nama Surah Dalam Al-Qur'an ke 11-20 Dan Kandungannya
Al-Qur'an, sumber gambar : pixabay
Al-
Santrikampung- Melanjutkan postingan artikel sebelumnya yaitu pembahasan surah - surah dalam Al-Qur'an dan kandungannya, maka berikut ini saya lanjutkan dengan pembahasan surah ke 11 sampai dengan ke 20, sebagai berikut :

11. SURAH HUD (NABI HUD AS)



Surah Hud adalah surah kesebelas dalam Al-Qur'an. Surah Hud terdiri dari 123 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Hud karena di dalamnya banyak membicarakan hubungan antara Nabi Hud AS dan kaumnya. Selain itu di dalam surah Hud tersebut juga memuat kisah Nabi Nuh AS, Nabi Shaleh AS, Nabi Luth AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Syu'aib AS dan Nabi Musa AS.

12. SURAH YUSUF (NABI YUSUF AS)

Surah Yusuf adalah surah keduabelas dalam Al-Qur'an. Surah Yusuf terdiri dari 111 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Yusuf karena di dalamnya banyak menceritakan tentang riwayat Nabi Yusuf AS. Salah satunya adalah ketika Nabi Yusuf Menceritakan mimpinya kepada Ayahnya seperti dalam firman Allah SWT berikut ini :

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

Artinya :
(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku".

13. SURAH AR-RA'D (GURUH)

Surah Ar-Ra'd adalah surah ketiga belas dalam Al-Qur'an. Surah Ar-Ra'd terdiri dari 43 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Ar-Ra'd karena di dalamnya terdapat kata Ar-Ra'd yang mempunyai arti guruh. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


وَيُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ وَيُرْسِلُ الصَّوَاعِقَ فَيُصِيبُ بِهَا مَنْ يَشَاءُ وَهُمْ يُجَادِلُونَ فِي اللَّهِ وَهُوَ شَدِيدُ الْمِحَالِ
Artinya :
Dan guruh itu bertasbih dengan memuji Allah, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, dan mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dialah Tuhan Yang Maha keras siksa-Nya.

14. SURAH IBRAHIM (NABI IBRAHIM AS)

Surah Ibrahim adalah surah keempat belas dalam Al-Qur'an. Surah Ibrahim terdiri dari 52 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Ibrahim karena di dalamnya terdapat doa - doa Nabi Ibrahim AS yaitu ayat ke 35 dan ke 41. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :

وَإِذْ قَالَ إِبْرَاهِيمُ رَبِّ اجْعَلْ هَٰذَا الْبَلَدَ آمِنًا وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَنْ نَعْبُدَ الْأَصْنَامَ
Artinya :
Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini (Mekah), negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
Artinya :
Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)".

15. SURAH AL-HIJR (PEGUNUNGAN HIJR)

Surah Al-Hijr adalah surah kelimabelas dalam Al-Qur'an. Surah Al-Hijr terdiri dari 99 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Hijr karena di dalamnya terdapat kata Hijr yang mempunyai arti pegunungan yaitu sebuah wilayah pegunungan yang di diami oleh bangsa Tsamud. Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 80,81,82 dan 83 sebagai berikut :


وَلَقَدْ كَذَّبَ أَصْحَابُ الْحِجْرِ الْمُرْسَلِينَ
وَآتَيْنَاهُمْ آيَاتِنَا فَكَانُوا عَنْهَا مُعْرِضِينَ
وَكَانُوا يَنْحِتُونَ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا آمِنِينَ
فَأَخَذَتْهُمُ الصَّيْحَةُ مُصْبِحِينَ
Artinya :

80. Dan sesungguhnya penduduk-penduduk kota Al Hijr telah mendustakan rasul-rasul
81. dan Kami telah mendatangkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami, tetapi mereka selalu berpaling daripadanya,
82. dan mereka memahat rumah-rumah dari gunung-gunung batu (yang didiami) dengan aman.

83. Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur di waktu pagi

16. SURAH AN-NAHL (LEBAH)

Surah An-Nahl adalah surah keenambelas dalam Al-Qur'an. Surah An-Nahl terdiri dari 128 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah An-Nahl karena di dalamnya terdapat kata An-Nahl yang mempunyai arti lebah. Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 68 dan ke 69,  sebagai berikut :


وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ أَنِ اتَّخِذِي مِنَ الْجِبَالِ بُيُوتًا وَمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُونَ
مَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya :

68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia


69. kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

17. SURAH AL-ISRA' (PERJALANAN PADA MALAM HARI)

Surah Al-Isra' adalah surah ketujuh belas dalam Al-Qur'an. Surah Al-Isra' terdiri dari 111 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Isra' karena di dalamnya terdapat kata Al-Isra' yang mempunyai arti memperjalankan pada malam hari. Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke 2 sebagai berikut :


وَآتَيْنَا مُوسَى الْكِتَابَ وَجَعَلْنَاهُ هُدًى لِبَنِي إِسْرَائِيلَ أَلَّا تَتَّخِذُوا مِنْ دُونِي وَكِيلًا
Artinya :
Dan Kami berikan kepada Musa kitab (Taurat) dan Kami jadikan kitab Taurat itu petunjuk bagi Bani Israil (dengan firman): "Janganlah kamu mengambil penolong selain Aku

18. SURAH AL-KAHFI (GUA)

Surah Al-Kahfi adalah surah kedelapan belas dalam Al-Qur'an. Surah Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-Kahfi karena di dalamnya terdapat kata Al-Kahfi yang mempunyai arti gua. Selain itu dalam surah tersebut juga menceritakan tentang ashabul kahfi yaitu beberapa orang pemuda yang tertidur didalam gua selama bertahun - tahun. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا
فَضَرَبْنَا عَلَىٰ آذَانِهِمْ فِي الْكَهْفِ سِنِينَ عَدَدًا
ثُمَّ بَعَثْنَاهُمْ لِنَعْلَمَ أَيُّ الْحِزْبَيْنِ أَحْصَىٰ لِمَا لَبِثُوا أَمَدًا
نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ نَبَأَهُمْ بِالْحَقِّ ۚ إِنَّهُمْ فِتْيَةٌ آمَنُوا بِرَبِّهِمْ وَزِدْنَاهُمْ هُدًى
وَرَبَطْنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ إِذْ قَامُوا فَقَالُوا رَبُّنَا رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ لَنْ نَدْعُوَ مِنْ دُونِهِ إِلَٰهًا ۖ لَقَدْ قُلْنَا إِذًا شَطَطًا
هَٰؤُلَاءِ قَوْمُنَا اتَّخَذُوا مِنْ دُونِهِ آلِهَةً ۖ لَوْلَا يَأْتُونَ عَلَيْهِمْ بِسُلْطَانٍ بَيِّنٍ ۖ فَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرَىٰ عَلَى اللَّهِ كَذِبًا

Artinya :



10. (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdoa: "Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".

11. Maka Kami tutup telinga mereka beberapa tahun dalam gua itu
Kemudian Kami bangunkan mereka, agar Kami mengetahui manakah di antara kedua golongan itu] yang lebih tepat dalam menghitung berapa lama mereka tinggal (dalam gua itu).

12. Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.

13. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri, lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran".

14. Kaum kami ini telah menjadikan selain Dia sebagai tuhan-tuhan (untuk disembah). Mengapa mereka tidak mengemukakan alasan yang terang (tentang kepercayaan mereka)? Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah?

19. SURAH MARYAM (MARYAM)

Surah Maryam adalah surah kesembilan belas dalam Al-Qur'an. Surah Maryam terdiri dari 98 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Maryam karena di dalamnya banyak menceritakan Maryam binti Imran, yaitu salah seorang wanita yang mempunyai kedudukan mulia disisi Allah SWT. Maryam merupakan nama wanita satu - satunya yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Nama Maryam di sebut sebanyak 39 kali dalam Al-Qur'an. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


قَالَ رَبِّ اجْعَلْ لِي آيَةً ۚ قَالَ آيَتُكَ أَلَّا تُكَلِّمَ النَّاسَ ثَلَاثَ لَيَالٍ سَوِيًّا
فَخَرَجَ عَلَىٰ قَوْمِهِ مِنَ الْمِحْرَابِ فَأَوْحَىٰ إِلَيْهِمْ أَنْ سَبِّحُوا بُكْرَةً وَعَشِيًّا
يَا يَحْيَىٰ خُذِ الْكِتَابَ بِقُوَّةٍ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْحُكْمَ صَبِيًّا
وَحَنَانًا مِنْ لَدُنَّا وَزَكَاةً ۖ وَكَانَ تَقِيًّا
وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا
وَسَلَامٌ عَلَيْهِ يَوْمَ وُلِدَ وَيَوْمَ يَمُوتُ وَيَوْمَ يُبْعَثُ حَيًّا
وَاذْكُرْ فِي الْكِتَابِ مَرْيَمَ إِذِ انْتَبَذَتْ مِنْ أَهْلِهَا مَكَانًا شَرْقِيًّا
فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
Artinya :

10. Zakaria berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda". Tuhan berfirman: "Tanda bagimu ialah bahwa kamu tidak dapat bercakap-cakap dengan manusia selama tiga malam, padahal kamu sehat".

11. Maka ia keluar dari mihrab menuju kaumnya, lalu ia memberi isyarat kepada mereka; hendaklah kamu bertasbih di waktu pagi dan petang.

12. Hai Yahya, ambillah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Dan kami berikan kepadanya hikmah selagi ia masih kanak-kanak,

13. dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dan dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa,

14. dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia orang yang sombong lagi durhaka.

15. Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.

16. Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al Quran, yaitu ketika ia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu tempat di sebelah timur,

17. maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna.

20. SURAH THAHA (PEMBERI PERINGATAN)

Surah Thaha adalah surah keduapuluh dalam Al-Qur'an. Surah Thaha terdiri dari 135 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Thaha karena di awali dengan huruf muqattha'ah yaitu " Tha, ha ". Di dalam surah tersebut banyak memuat peringatan bagi manusia dan juga menceritakan peristiwa ketika Nabi Musa melihat Allah SWT dan berdialog dengan-NYA. Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


إِنِّي أَنَا رَبُّكَ فَاخْلَعْ نَعْلَيْكَ ۖ إِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى
وَأَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوحَىٰ
إِنَّنِي أَنَا اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدْنِي وَأَقِمِ الصَّلَاةَ لِذِكْرِي
Artinya :

12. Sesungguhnya Aku inilah Tuhanmu, maka tanggalkanlah kedua terompahmu; sesungguhnya kamu berada dilembah yang suci, Thuwa.

13. Dan Aku telah memilih kamu, maka dengarkanlah apa yang akan diwahyukan (kepadamu).

14. Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

Demikianlah penjelasan Al-Qur'an surah ke 10 sampai dengan ke 20. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua dan semakin menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
    Rekomendasi
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar