Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Banna Dan Hasil Penemuannya

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Al-Banna Dan Hasil Penemuannya
Sumber:biografi.kamikamu.net

Santrikampung- Ibnu al-Banna al-Marrakushi al-Azdi di kenal juga dengan nama Abu'l-Abbas Ahmad ibnu Muhammad ibnu Uthman al-Azdi di lahirkan di Maroko pada tahun 1256M. Beliau adalah seorang ilmuwan muslim yang ahli di bidang matematika. Ibnu al-Banna sendiri mempunyai makna " Anak seorang arsitek ". Sebelum beliau menjadi seorang matematikawan yang terkenal beliau lebih banyak mempelajari ilmu - ilmu tradisional seperti bahasa Arab, tata bahasa hadist, tafsir Al-Qur'an, dan fiqih di kampung yang menjadi tempat tinggalnya. Beliau kemudian mempelajari dasar ilmu matematika dan geometri di sela - sela waktunya kala menterjemahkan buku Elemen karya Euklides ke dalam bahasa Arab.

Semasa hidupnya Al-Banna telah menghasilkan setidaknya sebanyak 174 buah karya tulis yang meliputi Aljabar, Astronomi, Linguistik, Retorika, dan Logis.

Karya tulis yang menjadi karya terbesarnya adalah " Talkhis 'amal " atau " Ringkasan Operasi Aritmatika ". Buku tersebut menjelaskan tentang pecahan, penjumlahan persegi, kubus dan lain - lain. Sebuah karya tulis beliau yang lain yang berjudul " Tanbih al-Albab " menjelaskan tentang penggunaan matematika dalam menghitung jatuhnya air dalam perbedaan ketinggian saluran irigasi. Buku tersebut juga menjelaskan tentang aritmatika dalam hukum warisan dan menentukan waktu shalat Ashar.
Karya tulis dari Al-Banna yang lain adalah " Raf' al-Hijab " atau " Mengungkap Tabir ". Buku tersebut menjelaskan tentang perhitungan akar kuadrat. Ini adalah hasil karya tulis pertama setelah seorang ahli matematika dari India yakni Brahmagupta yang menggunakan notasi aljabar. Notasi tersebut kemudian di kembangkan oleh salah seorang penerusnya yakni Ali Al-Qalasadi, dua ratus tahun setelahnya. Oleh karena hal inilah Al-Banna dan Al-Qalasadi kemudian di kenal dan di anggap sebagai ilmuwan matematika yang menemukan notasi matematika. Contoh notasi matematika yang di hasilkan oleh Al-Banna seperti gambar di bawah ini.

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Al-Banna Dan Hasil Penemuannya
Sumber gambar : PAI diknas

Atas segala pencapaian dan karya tulis yang di hasilkannya, nama  beliau kemudian di abadikan sebagai sebuah nama kawah di bulan yang di beri nama kawah Al-Marrakushi. 

Demikianlah sekelumit artikel tentang ilmuwan muslim Al-Banna. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan dan ensiklopedia anda.

Terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Banna Dan Hasil Penemuannya"