Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Umar Khayyam Dan Hasil Penemuannya

Biografi Tokoh  Ilmuwan Muslim Umar Khayyam Dan Hasil Penemuannya
Sumber : muslimheritage.com

Santrikampung- Nama asli dari Umar Khayyam adalah Ghiyatsuddin Abulfatah Umar bin Ibrahim Khayyami Nisyaburi. Beliau di lahirkan pada tanggal 18 Mei 1048M di Nishapur, Iran. Pada usia mudanya beliau pergi ke Samarkand untuk melanjutkan pendidikannya. Setelah itu beliau pindah ke Bukhara, dan di sinilah beliau mulai di kenal sebagai seorang ahli matematika sekaligus juga seorang astronom yang brillian. 

Sebuah karya tulis sebelum era modern, yakni masa abad pertengahan telah beliau hasilkan. Salah satu diantaranya yang fenomenal adalah sebuah karya tulis matematika yang berjudul " Demonstrasi masalah aljabar " pada tahun 1070M. Selain di kenal sebagai seorang ilmuwan yang ahli di bidang matematika dan astronomi, beliau di kenal juga sebagai seorang ilmuwan muslim yang berpengaruh di bidang geografi, mekanika, mineralogi, filsafat dan juga seorang penyair ulung.

Pada tahun 1073M, Malik Syah yang adalah seorang penguasa di Ishafan mengundang beliau untuk membangun dan bekerja pada sebuah observatorium bersama - sama dengan ilmuwan terkenal lainnya. Secara akurat Umar Khayyam mampu mengkoreksi dan menghitung kembali hingga enam desimal di belakang koma untuk perhitungan waktu satu tahun yakni menjadi 365,24219858156 hari. Angka ini jauh lebih akurat dari kalender Gregorian lima abad setelahnya. 

Selain membangun observatorium, beliau sebenarnya pernah membuat sebuah peta bintang. Namun sayang peta tersebut telah hilang dan hingga kini belum di temukan. Beliau juga mampu membuktikan kepada ilmuwan terkenal lainnnya yakni Al-Ghazali bahwa bumi itu berputar pada porosnya pada sebuah planetarium.

Seorang penyair Eropa, Edward FitzGerald yang lahir pada tahun 1809M meyakini bahwa Umar Khayyam adalah seorang Ilmuwan yang percaya pada konsep teori heliosentris karena puisi - puisinya. 

Sebuah karya lain dari Umar Khayyam adalah kalender Persia atau biasa di sebut kalender Jalali. Kalender tersebut merupakan sebuah kalender tertua dan kalender matahari yang di klaim sebagai yang paling akurat di dunia.

Di bidang matematika, salah satu penemuan dari beliau adalah menggunakan persamaan geometris untuk menyelesaikan persamaan kubik yaitu dengan menyilangkan sebuah hiperbola dengan dengan sebuah lingkaran. Beliau juga menulis sebuah metode perhitungan yang sekarang ini kita kenal yaitu segitiga pascal. Karya beliau yang lain adalah sebuah karya tulis tentang teori proporsi dan juga menulis sebuah karya tulis yang berjudul " Penjelasan dari kesulitan dalil Euklides Element ". 

Demikian artikel tentang Ilmuwan muslim Umar Khayyam beserta karya besar yang di hasilkannya. Semoga semakin menambah wawasan ensiklopedia kita semua.


Terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Umar Khayyam Dan Hasil Penemuannya "