Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Jazari Dan Hasil Penemuannya


Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Al-Jazari Dan Hasil Penemuannya
Sumber : pixabay

Santrikampung- Al-Jazari adalah salah seorang Ilmuwan muslim terkemuka di dunia. Beliau di lahirkan pada tahun 1136 Masehi di Al-Jazira yakni di bagian sebelah utara Mesopotamia. Di masa sekarang daerah mesopotamia tersebut masuk kedalam wilayah Turki bagian tenggara yaitu di antara sungai Eufrat dan sungai Tigris. Sama seperti Ayahnya Al-Jazari juga mengabdi sebagai seorang kepala insinyur di istana Artukku, Dinasti Artuqid yang memerintah di wilayah sebelah timur Anatolia kala itu.

Selain sebagai seorang insinyur, Al-Jazari juga merupakan seorang ilmuwan yang ahli di bidang matematika dan beliau juga adalah seorang pengrajin. Dengan latar belakang keluarga pengrajin maka hal tersebut membuat Al-Jazari lebih mahir dan ahli sebagai seorang insinyur daripada menjadi seorang penemu.

Berikut ini adalah karya besar dari Al-Jazari berikut dengan penemuannya yang banyak memberikan perubahan kepada peradaban manusia dan perkembangan teknologi :

1. Kitab " Fi ma'rifat al-hiyal al-handasiyaa' " atau " Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik " yang di tulis oleh beliau pada tahun 1206 Masehi. Di dalam kitab tersebut beliau menjelaskan tidak kurang dari 50 buah peralatan mekanik berikut dengan petunjuk cara merakitnya. Satu hal yang unik dari kitab tersebut adalah pemakaian gaya bahasanya, dimana gaya bahasa yang di pakai oleh beliau adalah sebuah gaya bahasa yang modern yakni dengan tema " do it yourself " atau " Kerjakan sendiri ". Sebuah pemakaian gaya bahasa yang sangat maju pada zaman itu.

2. Automaton

Automaton adalah sebuah mesin yang dapat bergerak sendiri. Sebelum teknologi robotik berkembang seperti sekarang ini, Al-Jazari telah mampu menemukan berbagai macam automaton sederhana yang menjadi cikal bakal lahirnya teknologi robotik. Bahkan bangsa baratpun memberikan pujian atas apa yang telah beliau capai dan ciptakan. Salah satunya adalah teknologi pembagian gear roda yang banyak di pakai oleh banyak ahli dan ilmuwan di eropa. Maka tidak berlebihan kiranya jika beliau kemudian di kenal sebagai " Bapak Robotik ". Contoh penemuan beliau yang lain adalah satu set robot yang mampu memainkan musik secara otomatis untuk menghibur para tamu. Robot - robot berbentuk manusia buatannya duduk dalam sebuah perahu dan dengan teknologi hidrolik mampu memainkan alat musik yang di pegangnya. Hebatnya lagi perpaduan alat musik tersebut menghasilkan suara yang merdu dan enak di dengar.

3. The Elephant Clock Atau Jam Gajah.

Ini adalah teknologi jam hidrolik pertama di dunia yang berbentuk gajah dengan penanda waktu yang mampu bersuara. Di atas Gajah tersebut terdapat sebuah dekorasi  seperti tenda mini yang menjadi tempat komponen jam tersebut hingga patung - patung yang bergerak dan akan berbunyi setiap setengah jam sekali. Teknologi jam Gajah tersebut telah mengaplikasikan sebuah siklus mekanik yang secara otomatis mampu menggerakkan seluruh bagian dan komponen jam. Teknologi tersebut mirip dengan teknologi  yang menjadi dasar dari mekanika robot sekarang ini. Teknologi tersebut kemudian menginspirasi seorang ilmuwan yang lain yakni Banu Musa untuk menciptakan mesin air mancur yang fenomenal kala itu. 


Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Al-Jazari Dan Hasil Penemuannya
Sumber : pixabay

Dari semua penemuannya tersebut mesin - mesin yang di rakit oleh Al-Jazari berdasarkan kepada metode trial and error atau melalui percobaan langsung daripada perhitungan secara teoritis. Beberapa peralatan yang beliau ciptakan juga adalah hasil dari riset yang terinspirasi oleh penemuan - penemuan sebelumnya. Seperti misalnya desain jam lilin di mana beliau terinspirasi oleh penemuan Al-Asturlabi serta penemuan mesin musik otomatis yang terinspirasi oleh Ibnu al-Husain. Beliau hanya melakukan beberapa perbaikan pada hasil karya mereka kemudian beliau menjelaskan tentang idenya sendiri tentang peralatan, teknik dan komponen - komponen untuk menghasilkan sebuah peralatan yang luar biasa. Dengan kata lain beliau lebih tertarik pada proses pengerjaan yang di perlukan untuk membuat suatu alat daripada teknologi yang berada di belakangnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan semakin menambah wawasan ensiklopedia anda.


Terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Jazari Dan Hasil Penemuannya "