--> Skip to main content

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Battani Dan Hasil Penemuannya

Biografi Tokoh  Ilmuwan Muslim  Al-Battani Dan Hasil Penemuannya
Sumber gambar : famousscientics.org

A. BIOGRAFI SINGKAT AL-BATTANI (TAHUN 858M-929M)

Santrikampung- Nama lengkap dari Al-Battani adalah  Abu  Abdullah Mu'ammad Ibnu Jabir Ibnu Sinan Ar-Raqqi Al-Harrani As-Sabi' Al-Battani. Beliau di lahirkan pada tahun 858M di sebuah wilayah yang di sebut Harran dekat Urfa, Turki bagian tenggara. Beliau adalah salah seorang tokoh ilmuwan muslim yang sangat terkenal bahkan sampai ke dunia barat atau daratan eropa. Di dunia barat beliau di kenal dengan nama Albategnius atau Albategni atau Albategnius.

Ayahanda beliau adalah seorang pembuat instrumen ilmiah yang cukup terkenal pada masa itu. Menurut sebagian sejarawan barat beliau adalah termasuk keturunan bangsawan seperti halnya seorang pangeran Arab pada masa kini. Beliau tinggal dan bekerja di daerah Ar-Raqqah, sebuah wilayah di sebelah utara kota Suriah. Beliau wafat di kota Samara pada tahun 929M.

B.KARYA - KARYA DARI AL-BATTANI

Sebagai seorang ilmuwan yang menguasai ilmu tentang astronomi, maka beliau banyak menghasilkan buah karya yang nilainya juga sangat berharga bagi perkembangan peradaban dan perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satu pencapain terbesar dari beliau adalah penentuan tahun matahari sebagai 365 hari, 5 jam, 46 menit dan 24 detik. Pada kenyataannya hasil perhitungan tersebut hanya meleset 22 menit dan 2 detik dari perhitungan umum yang kita kenal sekarang ini.

Selain itu, Beliau juga berhasil memperbaiki dan melakukan revisi terhadap beberapa karya dari para Ilmuwan tekenal bangsa Yunani yakni Ptolomeus dan berhasil menyusun sebuah tabel astronomi baru tentang matahari dan bulan.  Beliau menemukan perubahan jarak terjauh antara matahari dan bumi yang disebabkan oleh perubahan orbit bumi. Hasil pengukuran - pengukuran dari beliau bahkan lebih akurat daripada hasil pengukuran oleh Nicolaus Copernicus yang di lakukan beberapa abad kemudian. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan dan kepandaian beliau dalam bidang astronomi memang sangat mumpuni.

Nama Al-Battani bahkan di sebut sebanyak 23 kali dalam buku Rebolusi Copernicus. Karya beliau juga menjadi bahan rujukan dari Ilmuan terkenal barat yaitu Johanes Keppler dan Galileo Galilei.

Demikianlah sekilas biografi singkat tentang Al-Battani, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar