Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Biruni Dan Hasil Penemuannya

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Al-Biruni Dan Hasil Penemuannya
image via www.amazon.com

Santri Kampung- Terlahir dengan nama Abu Rayhan Al-Biruni atau Al-Biruni yakni pada tahun 973M, Beliau adalah seorang Ilmuwan dan cendikiawan muslim yang ahli dalam segala bidang dan disiplin ilmu pengetahuan. Selain sebagai seorang matematikawan beliau juga di kenal sebagai ahli di bidang astronomi, fisika, filsafat, sejarawan, farmasi dan juga seorang penulis ensiklopedia.

Beliau di lahirkan di daerah yang bernama Khawarazmi, wilayah negara Turkmenistan. Pada masa lalu daerah tersebut di kenal dengan nama Khiva, yakni sebuah daerah di kawasan danau Aral di Asia tengah. Pada masa lalu wilayah tersebut masuk ke dalam kekuasaan kekaisaran Persia.

Beliau belajar dan menimba ilmu bidang matematika dan astronomi dari Abu Nashr Mansur. Beliau adalah orang pertama yang mampu membedakan antara istilah astronomi dan astrologi. Selain itu beliau juga menghasilkan banyak karya yang sangat penting dalam bidang astrologi. 

PENCAPAIAN DAN KARYA BESAR AL-BIRUNI

Semasa hidupnya Al-Biruni menulis tidak kurang dari 146 kitab dalam bahasa Persia dan bahasa Arab. Kejeniusan beliau sudah terlihat sejak beliau masih remaja. Pada usia 17 tahun, beliau meneliti garis lintang untuk daerah Kath, Khawarazm dengan menggunakan metode melihat ketinggian matahari. 

Ketika beliau berusia 22 tahun, beliau menulis beberapa kajian mengenai peta, Kartografi atau metode pembuatan peta dan metodologi untuk membuat proyeksi belahan bumi pada bidang datar. 

Ketika berusia 27 tahun, beliau telah mampu menulis sebuah buku tentang hasil kajiannya yang berjudul " Kronologi ". Kemudian beliau juga menulis sebuah buku yang membahas tentang astrolab, buku tentang sistem bilangan desimal, buku astronomi dan sejarah.

Sebanyak 95 buku dari 146 buah buku hasil karya beliau adalah di bidang astronomi dan matematika. Kemudian pada tahun 1031M beliau berhasil merampungkan sebuah buku ensiklopedia astronomi yang sangat panjang yang berjudu " Al-Qanun Almas'udi ". Beliau juga melakukan sebuah penelian tentang fase gerhana bulan. 

Selain itu juga, Al-Biruni juga berhasil dalam menyelesaikan sebuah buku atau kitab dari hasil kajiannya tentang rotasi bumi yang berjudul " Miftah-ilm-alhai'a atau dalam bahasa Indonesia di sebut " Kunci untuk astronomi ". 

Sebagai seorang Ilmuwan yang mempunyai banyak keahlian, beliau juga mengusai banyak bahasa seperti bahasa Persia, Turki, Arab, Sansekerta, Yahudi dan bahasa Suriah. Salah seorang Ilmuwan yang sering beliau mintakan pendapatnya adalah Ibnu Sina. 

Sebagai bentuk penghargaan atas hasil karyanya yang berjudul Al-Qanun Al Mas'udi, maka Sultan Mas'ud menghadiahkan seekor gajah yang bermuatan penuh perak. Namun beliau tidak mau mengambil hadiah tersebut hingga pada akhirnya hadiah tersebut beliau terima tetapi beliau mengembalikannya   ke kas negara. 

Beliau meninggal pada tanggal 13 Desember tahun 1048M atau dalam usia 75 tahun.

Posting Komentar untuk "Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Biruni Dan Hasil Penemuannya"