Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran


Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran


Sumber gambar : pixabay
Logo rumah sakit ( Sumber : pixabay )

Santrikampung- Dalam sejarah islam dan peradaban dunia, banyak sekali tokoh - tokoh dan ilmuwan muslim yang karya - karyanya telah di akui dan di jadikan referensi dalam berbagai perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Mulai dari bidang filsafat, matematika, kesehatan, astronomi, biologi, fisika dan banyak lagi disiplin ilmu yang lainnya.
Dalam artikel serie tokoh dan ilmuwan muslim ini saya akan bahas ilmuwan - ilmuwan berpengaru dan juga karya - karya besarnya  yang telah mengubah dunia, diantaranya Ibnu Sina dan Al-Kindi.

1. IBNU SINA (AVICENNA)


Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran
Sumber gambar : pixabay
 )

A. Biografi Singkat Ibnu Sina


Ibnu Sina di lahirkan di sebuah daerah yang bernama Afsyahnah dekat Bukhara Persia pada tahun 980 Masehi. Ibnu Sina mempunyai nama lengkap Abu Ali Al-Husyain bin Abdullah bin Sina. Orang tua dari Ibnu Sina merupakan seorang pegawai pemerintah pada masa dinasti Saman. Di Bukhara pulalah beliau belajar falsafah ilmu kedokteran dan juga ilmu - ilmu tentang agama Islam.

Pada saat beliau berusia sepuluh tahun, beliau telah menjadi seorang hafizd atau penghafal Al-Qur'an. Pada usia enam belas tahun beliau telah di kenal sebagai seorang dokter, salah satunya adalah ketika beliau mengobati Pangeran Nuh Ibnu Mansur sehingga sembuh dari sakitnya. Semenjak itu beliau menjadi sangat terkenal dan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat. Menurut George Sarton seorang ahli sejarah dari Belgia dan Amerika, Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan paling terkenal dalam sejarah islam. Selain di bidang kesehatan dan kedokteran, Ibnu Sina juga ahli dalam bidang politik.

B. Bapak Pengobatan Modern

Dunia barat mengenal sosok Ibnu Sina sebagai Avicenna. Beliau di kenal sebagai ahli filsafat, ilmuwan dan juga dokter ternama. Dunia barat memberikan gelar kepada Ibnu Sina sebagai Bapak Pengobatan Modern.
Ibnu Sina merupakan orang yang pertama kali menemukan fakta bahwa seorang bayi selama di dalam kandungan ibunya mengambil makanan melalui tali pusarnya. 


Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran
Sumber gambar : pixabay

Beliau juga adalah orang yang pertama kali mempraktekan pembedahan penyakit - penyakit bengkak dengan cara menjahitnya. Satu lagi gelar beliau adalah Pangeran Para Filsuf, hal tersebut mengacu kepada kemampuan beliau dalam bidang filsafat.

C. Buku - Buku Karya Ibnu Sina

Selama hidupnya Ibnu Sina telah menulis sebanyak 450 buah buku tentang filsafat dan kedokteran. Selain itu beliau juga menulis banyak tentang Esay, syair dan juga puisi.

Beberapa karya dari Ibnu Sina antara lain sebagai berikut :

1. Al-Qanun Fit-Thib, adalah merupakan referensi di bidang kedokteran selama berabad - abad. Hal ini karena kitab tersebut di susun dengan sangat sistematis dan mempunyai kandungan yang sangat lengkap.
Ibnu Sina adalah orang yang menemukan banyak obat dari bahan - bahan nabati atau tumbuh - tumbuhan. Salah satunya adalah Zanthoxyllum budrunga, yang dapat membantu pengobatan radang selaput otak atau Miningitis. Beliau juga adalah orang pertama yang menemukan fakta tentang peredaran darah manusia. Penemuan tersebut kemudian di sempurnakan kembali oleh seorang ilmuwan yang bernama William Harvey enam ratus tahun kemudian. 


Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran
Sumber gambar : pixabay

2. Kitab Asy-Syifa, adalah kitab yang terdiri dari 18 jilid yang berisi tentang berbagai macam ilmu pengetahuan.
3. Kitab An-Najat
4. Kitab Mantiq Al Masyriqin
5. Esay Risalah Ath-Thair
6. Puisi Al-Qasidah Al-Muzdawiyyah

2. AL-KINDI



Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran
Sumber gambar : pejagan.com

Biografi Singkat Al-Kindi

Al-Kindi mempunyai nama lengkap yaitu Abu Yusuf Ya'qub Ibnu Ishaq As-Sabbah Al-Kindi. Dunia barat mengenal beliau dengan nama Alkindus. Beliau di lahirkan di kota Basra Iraq pada tahun 801 Masehi. Ayah dari beliau adalah seorang pegawai pemerintahan pada masa Khalifah Harun Al-Rasyid. Beliau di sebut dengan nama Al-Kindi karena merujuk kepada kabilahnya yaitu kabilah Arab Kindah. Sejak anak - anak beliau telah menjadi seorang yatim karena Ayahanda beliau telah meninggal dunia ketika beliau masih kecil. Akan tetapi keadaan tersebut tidak membuat beliau putus asa dan tetap belajar berbagai ilmu pengetahuan di Kufah, Basrah dan Baghdad. Banyak bidang ilmu pengetahuan yang beliau kuasai seperti ilmu agama, filsafat, logika, matematika, astronomi, musik, fisika, kimia, geografi, mesin dan kedokteran.


Di bidang musik, beliau adalah pencetus teori besar dalam musik. Dari 15 karya nya yang fenomenal hanya ada 5 buah saja yang bisa di selamatkan. Beliau adalah orang yang menambahkan senar kelima pada alat musik Ud, yakni alat musik yang terkenal di daerah Asia tengah dan Arab.

Al-Kindi di kenang sebagai salah satu pemikir terbesar dalam peradaban manusia. Beliau telah menulis banyak karya dalam berbagai bidang seperti kedokteran, metafisika,etika, logika dan psikologi,farmakologi, matematika, astrologi dan optik. Salah satu karya terbesar beliau adalah " De Gradibus " ,  yang menunjukkan penggunaan ilmu matematika dalam obat - obatan terutama dalam bidang farmakologi. Sebagai contoh beliau mengembangkan skala matematika pertama di dunia untuk menambah kekuatan sebuah obat dengan suatu sistem. Hal itu membuat seorang dokter dapat menentukan hari kritis dari penyakit seseorang atau pasien.

Demikianlah artikel tentang ilmuwan dan tokoh muslim berpengaruh di bidang kesehatan dan kedokteran. Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita umat muslim bahwa mereka telah di akui sebagai seorang ilmuwan yang paling terkenal dan karya - karyanya tetap abadi dan di jadikan sebagai refferensi bukan hanya di kalangan umat muslim itu sendiri tetapi juga oleh dunia barat yang modern. 

Semoga bermanfaat untuk kita.

Posting Komentar untuk "Dua (2) Tokoh Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Kedokteran"