Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Khawarizmi Dan Hasil Penemuannya

Biografi Tokoh  Ilmuwan Muslim  Al-Khawarizmi  Dan Hasil Penemuannya
sumber gambar : amazon.com

A. BIOGRAFI SINGKAT AL-KHAWARIZMI (TAHUN 780M-850M)


Santrikampung- Nama lengkap dari Al-Khawarizmi adalah Muhammad bin Musa bin Al-Khawarizmi. Beliau di lahirkan pada tahun 780M di sebuah wilayah yang di sebut Khwarizm, Uzbekhistan. Beliau adalah salah seorang tokoh ilmuwan muslim yang sangat terkenal bahkan sampai di dunia barat pun beliau sangat terkenal dan di hormati. Di dunia barat beliau di kenal dengan nama Algorisme atau Algarismo yang mempunyai makna "digit".



Yang menarik dari perjalanan hidup beliau adalah hampir sepanjang hidupnya di habiskan untuk mengajar di sekolah kehormatan di kota Baghdad dimana sekolah tersebut di dirikan pada masa khalifah Bani Abbasyiah Al Ma'un. Beliau juga banyak mempelajari banyak disiplin ilmu, bahkan beliau juga mempelajarai bahasa dan manuskrip sansekerta dan juga Yunani kuno. Beliau wafat di kota Baghdad , Irak pada tahun 850M.



B. KARYA - KARYA DARI AL-KHAWARIZMI
Sebagai seorang ilmuwan yang menguasai banyak disiplin ilmu pengetahuan, maka tentu saja beliau banyak menghasilkan buah karya yang nilainya sangat berharga. Sebagai seorang ahli di bidang matematika beliau menulis sebuah buku pertamanya yang berjudul " Al Jabar ".

Buku tersebut adalah sebuah buku yang sangat monumental dari beliau karena buku tersebut salah satunya adalah membahas tentang persamaan linear dan notasi kuadrat.
Kata aljabar berasal dari kata Al-Jabr yang mempunyai arti pertemuan, hubungan atau penyelesaian. Karena buku tersebut lah maka beliau sampai dengan sekarang ini di sebut sebagai bapak Aljabar. Selain itu beliau juga menemukan sebuah konsep matematika yang di sebut Algoritma.

C. PENEMU BILANGAN NOL (0)
Sebelum di temukannya angka bilangan nol oleh beliau para ilmuwan merasa kesulitan dalam mempelajari sebuah perhitungan. Mereka sebelumnya menggunakan sistem abacus yaitu semacam daftar yang menunjukkan angka satuan, puluhan,ratusan, ribuan dan seterusnya.

Angka nol sendiri dalam bahasa arab mempunyai makna Sifr. Dengan ditemukannya angka nol oleh beliau maka persoalan dan kesulitan yang muncul dalam penyelesaian matematika dapat terselesaikan. Penggunaan angka nol (0) oleh dunia barat di lakukan setelah 250 tahun sejak angka atau bilangan tersebut di temukan oleh beliau.

D. Kitab "Zij al-sindhind " atau " Tabel astronomi ", adalah sebuah karya tulis dari beliau yang isinya antara lain terdiri dari 37 simbol pada perhitungan astronomi dan 116 tabel dengan kalender serta data astrologi. Karya tulis ini juga berisi tentang pergerakan bulan, matahari dan lima planet yang di ketahui pada masa itu. Kitab tersebut menjadi awal dari kejayaan astronomi muslim. Kitab asli dari beliau yang di tulis dalam bahasa Arab telah hilang. Namun versi lain yang di kembangkan oleh seorang astronom muslim Andalusia yaitu Maslama al-Majriti tetap bertahan hingga kini dan kemudian di terjemahkan oleh Adelard dari Bath pada tahun 1126M.

Demikianlah sekilas biografi singkat tentang Al-Khawarizmi, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Posting Komentar untuk "Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Khawarizmi Dan Hasil Penemuannya"