--> Skip to main content

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Al-Farabi Dan Hasil Penemuannya


Al Farabi
sumber gambar : pixabay

A. BIOGRAFI SINGKAT AL-FARABI (TAHUN 870M - 950M)

Santrikampung- Nama lengkap dari Al-Farabi adalah Abu Nasir Muhammad bin Al-Farakh Al-Farabi. Beliau di lahirkan pada tahun 872M di sebuah wilayah yang di sebut Farab, Kazhakhstan. Beliau adalah salah seorang tokoh ilmuwan muslim yang sangat terkenal bahkan di dunia barat sekalipun. Dalam literatur barat beliau di kenal dengan nama Alpharabius dan juga Abu Nasir. Sejak kecil beliau telah mempunyai kecerdasan yang sangat istimewa dan luar biasa, sehingga dengan mudah bisa menguasai hampir setiap pelajaran yang beliau pelajari.

Di masa - masa awal pendidikannya, beliau mempelajari tentang Al-Qur'an, kesusasteraan, tata bahasa dan juga tentang aritmatika dasar. Selama tinggal di Bukhara Kazhakhstan beliau banyak mempelajari tentang ilmu - ilmu agama Islam dan juga musik. Kemudian beliau pergi ke Baghdad Irak untuk melanjutkan menuntut ilmunya selama kurang lebih 20 tahun. Beliau wafat di Damaskus, Suriah pada tahun 950M.

B. KARYA - KARYA DARI AL-FARABI

Sebagai seorang ilmuwan yang di kenal menguasai banyak sekali disiplin ilmu pengetahuan, maka sudah pasti beliau banyak menghasilkan karya - karya yang nilainya sangat berharga untuk perkembangan peradaban manusia, salah satu diantaranya adalah buku-buku tentang sosiologi. Beliau banyak mempelajari dan mendalami karya - karya dari para filsuf Yunani seperti misalnya Plato, Aristoteles dan Plotinus. Jika seorang Aristoteles mendapatkan gelar sebagai guru pertama di bidang ilmu filsafat maka Al-Farabi di kenal sebagai " guru kedua " dalam bidang ilmu filsafat.

Buah karya yang sangat monumental dari beliau adalah sebuah karya tulis tentang psikologi yaitu " Sosial Psikologi " dan " Prinsip Opini dari Penduduk Kota Yang Berbudi luhur ". Karya tulis tersebut bahkan di nobatkan sebagai karya tulis pertama di dunia yang berhubungan dengan psikologi sosial.

Apakah yang di maksud dengan psikologi sosial itu? Psikologi sosial adalah sebuah pelajaran tentang hubungan antara manusia dengan kelompok manusia yang lain. Prinsip dasar dari psikologi sosial menurut beliau adalah bahwa seseorang yang tersisihkan tidak akan bisa mencapai semua kesempurnaan tanpa bantuan dari orang lain.  Dan itu artinya adalah bahwa manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain di dalam kehidupannya.

Demikianlah sekilas biografi singkat tentang Al-Farabi beserta karya - karyanya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar