Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sifat Dan Perilaku Amanah Dalam Hidup


Sifat Dan Perilaku Amanah Dalam Hidup
image : pixabay

PENGERTIAN AMANAH

Santrikampung- Kata Amanah artinya terpercaya ( bisa di percaya ). Amanah juga mempunyai arti bahwa pesan yang di titipkan bisa di sampaikan kepada orang yang berhak. Menurut Imam Ahmad Al Maraghi kata amanah di artikan sebagai sesuatu yang harus di jaga dan di pelihara agar sampai kepada siapa yang berhak memilikinya. Sedangkan menurut Imam Ibnu Al Araby kata amanah adalah sesuatu yang di ambil dengan ijin pemiliknya untuk di ambil manfaatnya. Dari beberapa pengertian yang di sampaikan tadi maka dapat di simpulkan bahwa pengertian amanah adalah menyampaikan hak apa saja kepada pemiliknya, tidak mengambil sesuatu melebihi haknya dan tidak mengurangi hak orang lain baik berupa harta maupun jasa.

Sifat amanah sangat berkaitan dengan tanggung jawab. Orang yang bisa menjaga amanah yang di titipkan kepadanya biasa di sebut sebagai orang yang bertanggung jawab. Sebaliknya bagi orang yang tidak bisa menjaga amanah yang di titipkan kepadanya di sebut sebagai orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebagai Orang tua kita juga di titipkan sebuah amanah oleh Allah SWT berupa anak - anak kita. Kewajiban kita sebagai orang tua adalah memberikan suri tauladan kepada anakanak - anak kita. Menjadikan mereka anak - anak yang shaleh yang bertaqwa dan takut kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersadba dalam sebuah hadist nya sebagai berikut :

وعن بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلّم قال: كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُوْلٌ عَنْ رَعيّتِهِ, والأميرُ راعٍ, والرّجُلُ راعٍ على أهلِ بيتِهِ, والمرأةُ رَاعِيَّةٌ على بيتِ زوجِها وَوَلَدِهِ, فكلّكم راعٍ وكلّكم مسئولٌ عنْ رَعِيَّتِهِ. (متفق عليه)



Menurut Imam mustofa Al Maraghi perilaku amanah di bedakan menjadi 3 ( tiga ) macam yaitu :

(1). Amanah Terhadap Allah SWT
Amanah terhadap Allah SWT adalah berupa ketaatan terhadap segala perintahNYA dan menjauhi segala laranganNYA.

Ciri orang yang amanah kepada Allah SWT adalah dengan menjalankan semua perintah - perintahNYA dan menjauhi semua larangan - laranganNYA. Caranya adalah dengan beribadah kepadaNYA. Orang yang taat beribadah berarti telah memenuhi amanahnya kepada Allah SWT, sedangkan orang yang tidak mau beribadah berarti telah mengingkari amanahNYA.

(2). Amanah Terhadap Sesama Manusia.
Sebagai contoh misalnya ketika kita di titipi berupa barang ataupun pesan kita harus menyampaikannya kepada yang berhak menerimanya.
Allah SWT berfirman dalam Surah Al Anfal ayat 27 sebagai berikut :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ
Artinya :
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.

(3). Amanah Terhadap Diri Sendiri
Amanah terhadap diri sendiri yaitu dengan cara memelihara dan menggunakan segenap kemampuan demi kelangsungan hidup kebahagiaan dan juga kesejahteraan diri.
Allah SWT berfirman dalam surah Al Mukminun ayat 8 sebagai berikut :

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ

Artinya :
Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya.

Pentingnya Amanah Dalam Kehidupan
Segala apa yang kita miliki adalah amanah dari Allah SWT, baik itu kekayaan, kecerdasan dan juga jabatan. Di akhirat nanti kita akan di mintai pertanggung jawaban atas amanah yang sudah di berikan kepada kita. Oleh karena itu kita harus menjaga, melaksanakan dan memanfaatkannya dengan sebaik - baiknya.

Hikmah Dari Perilaku Amanah
Beberapa hikmah dan manfaat dari perilaku amanah antara lain :
(1). Orang yang amanah akan di percaya oleh orang lain.
(2). Orang yang amanah akan mendapatkan simpati baik kawan ataupun lawan.
(3). Hidupnya akan sukses dan di mudahkan oleh Allah SWT.

Perilaku Amanah Dalam Kehidupan Sehari - hari
Perilaku amanah dapat di wujudkan dalam kehidupan sehari - hari melalui kegiatan berikut :
(1). Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti semula.
(2). Menjaga rahasia.
(3). Tidak menyalahgunakan jabatan.
(4). Memelihara jabatan dan memanfaatkannya dengan sebaik - baiknya.
Demikianlah pentingnya memelihara amanah yang telah di titipkan kepada kita. Semoga kita termasuk orang - orang yang amanah.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Sifat Dan Perilaku Amanah Dalam Hidup"