Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adab Anak Kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Agama Islam


Adab Anak Kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Agama Islam

Santrikampung- Kedua orang tua kita adalah orang yang paling kita sayangi, kita hormati dan kita patuhi, setelah perintah Allah SWT untuk beribadah dan beriman kepadaNYA.
Orang tua adalah wakil Allah SWT di dunia nyata, karena doa yang di panjatkan oleh orang tua kita akan di dengar dan di ijabah oleh Allah SWT.
Demikian mulianya kedudukan orang tua kita di sisi Allah SWT, maka sudah selayaknya kita semua harus berbakti kepada mereka.
Sebagai anak, ada beberapa tuntunan dan adab bagaimana kita memperlakukan kedua orang tua kita. Diantaranya adalah sebagai berikut :

(1). Pandanglah orang tua kita dengan pandangan yang menyenangkan.

Walaupun kita sedang kesal atau marah sekalipun, di hadapan kedua orang tua kita, kita harus menunjukkan pandangan yang gembira dan menyenangkan hati keduanya. Jangan pernah memandang mereka dengan pandangan mata yang tajam dan tidak menyenangkan.

Adab Anak Kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Agama Islam
sumber gambar : pixabay

Rasulullah SAW bersabda dalam hadistnya sebagai berikut :
وإذا تكَلَّمَ خَفَضُوا أصواتَهم عندَه ، وما يُحِدُّون إليه النظرَ؛ تعظيمًا له

Artinya :
“jika para sahabat berbicara dengan Rasulullah, mereka merendahkan suara mereka dan mereka tidak memandang tajam sebagai bentuk pengagungan terhadap Rasulullah” (HR. Al Bukhari 2731).


Itulah adab pertama kita kepada orang tua sebagai wujud penghormatan kita sebagai anak kepada mereka.

(2). Merendahkan suara di hadapan kedua orang tua kita.

Ketika sedang berbicara dengan mereka kita hendaknya merendahkan nada suara kita. Jangan sekali - kali kita berbicara keras kepada mereka apalagi membentak kedua orang tua kita karena itu adalah salah satu dosa besar yakni durhaka kepada orang tua. Dalam sebuah riwayat di katakan bahwa untuk mengatakan " Ahh.." saja kita di larang apalagi menbentaknya. Dengan merendahkan suara maka orang tua kita tentu akan merasa gembira karena ahlak anaknya yang terpuji. 

(3). Jangan memotong atau mendahului mereka dalam berkata - kata.

Jika kedua orang tua kita sedang berbicara kita hendaknya membiarkan dan mendengarkan  mereka menyelesaikan pembicaraanya. Jangan memotong atau menyela saat mereka sedang berbicara. 

(4). Jangan duduk saat orang tua kita sedang berdiri di hadapan kita.


Kebiasaaan seperti itu adalah kebiasaan orang - orang Romawi dan Persia sehingga kita tidak boleh menirunya.
Rasulullah SAW dengan tegas melarang kita berbuat seperti itu. 

(5). Utamakan Orang tua kita daripada kita sendiri.


Kita hendaknya mengutamakan orang tua kita terlebih dahulu dalam urusan atau perkara dunia. Contohnya makan, minum dan sebagainya. Setelah mereka selesai barulah kita kita melakukannya.
Ini adalah adab yang di contohkan oleh Nabi SAW, seperti di ceritakan dalam sebuah riwayat berikut ini.

Demikianlah sekilas artikel tentang adab terhadap kedua orang tua kita. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga Allah SWT memuliakan kedua orang tua kita dan mengampuni segala dosa - dosanya.

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Adab Anak Kepada Orang Tua Sesuai Tuntunan Agama Islam"