Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hikmah Dan Makna Bersyukur Menurut Agama Islam


Hikmah Dan Makna Bersyukur Menurut Agama Islam
sumber gambar : pixabay


APAKAH MAKNA SYUKUR ITU?
Santrikampung- Kunci hidup tenang dan damai adalah selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah kita terima. Padahal nikmat Alllah yang telah di berikan kepada kita sangat banyak, bahkan jika kita berusaha untuk menghitung - hitungnya maka kita tidak akan mampu
Manusia pada dasarnya mempunyai sifat yang selalu merasa kurang dan tidak pernah cukup. Berapapun banyak harta dan materi yang telah dia miliki tetap saja dia merasa kurang. Oleh karenanya sangat penting untuk kita ketahui bahwa semua itu pada hakikatnya bukanlah punya kita seutuhnya. Itu hanyalah milik Allah yang telah di tiipkan kepada kita. Jika Allah SWT mau, maka sangat mudah bagiNYA untuk mengambilnya kembali dari kita.

Lalu bagaimana agar semua harta dan materi yang kita miliki menjadi sebuah keberkahan bagi kita dan bahkan semakin bertambah ?

Kuncinya Adalah Bersyukur Sepanjang Waktu

Allah SWT berfirman dalam surah Ibrahim ayat 7 yang isi dan maksudnya adalah anjuran untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT karena janji Allah SWT akan menambahkan nikmatNYA kepada kita. Namun Allah SWT juga memberikan ancamannya kepada kita yang tidak mau bersyukur bahwa azhabNYA amatlah pedih.
Allah SWT tidak akan memberikan siksaannya kepada siapa saja dari hambaNYA yang senantiasa bersyukur. Apabila seorang hamba ialah orang beriman dan selalu berterima kasih karenanya Allah SWT tak akan menyiksa hamba itu. Malahan, Allah SWT memberi pahala atas amal-amalnya, menambahkan nikmatNYA dan memaafkan kesalahannya.
Firman Allah SWT dalam surah An - Nissa ayat 147  yang isi dan maksudnya adalah bahwa Allah SWT tidak akan memberikan siksa kepada hambanya yang senantiasa beriman dan bersyukur.
Tahukah Anda bahwa Bersyukur Dapat Melestarikan Nikmat Dan Menambah Nikmat yang kita terima ?
Dengan senantiasa bersyukur, Allah akan melestarikan nikmat tersebut kepada hamba-Nya dan tidak mencabut nikmat tersebut darinya. Rasulullah SAW telah bersabda yang artinya : “Bersyukur atas nikmat Allah SWT akan melestarikan nikmat tersebut.” (HR. ad-Dailami).
Kemudian Allah juga berfirman dalam surah Al Anfaal ayat 53 yang isi dan maksudnya bahwa Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum ( bangsa ) bilamana kaum ( bangsa ) tersebut tidak mau berusaha untuk mengubah nasib mereka sendiri.
Allah SWT Memberikan Balasan Pahala Bersyukur Yaitu Memperoleh NikmatNYA.
Allah SWT telah berfirman dalam surah Al - Qamar ayat 35 yang isinya adalah bahwa Allah SWT akan memberikan balasannya kepada orang - orang yang senantiasa bersyukur.
Allah SWT Pasti akan Memberikan Balasan nya Kepada Orang Yang Bersyukur
Orang yang senantiasa bersyukur pasti akan menerima balasan dari Allah SWT baik di dunia ataupun di akhirat.
Firman Allah SWT dalam surah Al Imran ayat 145 dimana isinya adalah bahwa Allah SWT pasti memberikan balasannya kepada mereka yang bersyukur kepadaNYA. Baik balasan di dunia ataupun di akhirat. dan tidak ada satupun yang bernyawa kemudian mati tanpa seijinNYA.

Hikmah Bersyukur Kepada Allah SWT

Sebagai hamba Allah SWT kita di wajibkan untuk senantiasa bersyukur kepadaNYA. Lalu apa tanda bahwa kita sudah bersyukur kepada Allah SWT ?

1. Berinfaq dan beramal jariyah di jalan Allah,  misalnya dengan berinfaq untuk melanjutkan pembangunan masjid, dan sebagainya.

Hikmah Dan Makna Bersyukur Menurut Agama Islam
masjid jami'  Al Ikhlas, dok pribadi

2. Bersedekah kepada Fakir Miskin dan berbagi dengan anak Yatim.

Hikmah Dan Makna Bersyukur Menurut Agama Islam
anak yatim, sumber gambar : pixabay

Ingatlah selalu bahwa masih banyak orang - orang yang tidak seberuntung kita, yang bahkan untuk sekedar makan demi kelangsungan hidup nya saja susah. Mereka hanya memikirkan apa dan bagaimana hari ini, tanpa pernah memikirkan besok ada apa dan akan seperti apa. 
Cobalah untuk menunduk kebawah, jangan kita selalu mendongak ke atas karena hal itu akan membuat kita selalu merasa kurang dan tidak pernah puas.
Semoga kita senantiasa menjadi hamba - hamba yang selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Terima kasih atas kunjungannya.

Posting Komentar untuk "Hikmah Dan Makna Bersyukur Menurut Agama Islam"