Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dewa di Hindu Ini Adalah Nabi Nuh? Ramalan di Hindu Tentang Kedatangan Rasulullah SAW

credit:flickr.com

Halo, sobat santri kampung! Ada sebuah cerita menarik tentang hubungan agama Hindu dengan Nabi Nuh yang ingin saya bagikan. Jadi, ada penelitian menarik dari para sejarawan yang mengungkapkan bahwa agama Hindu berasal dari Nabi Nuh, sedangkan agama Buddha berasal dari Nabi Zulkifli, dan Nabi Luth adalah nama lain dari Lao Tse, pendiri agama Tao di Cina.

Cerita yang menarik, bukan? Nah, sebelumnya kita udah bahas tentang hubungan Buddha dan Nabi Zulkifli. Sekarang, ayo kita coba bahas apakah Nabi Nuh punya kaitan dengan agama Hindu dan apakah kisahnya ada di dalam Kitab atau manuskrip Hindu.

Nabi Nuh dalam Agama Hindu

Nabi Nuh diceritakan dalam tiga kitab suci dari tiga agama besar: Yahudi, Kristen, dan Islam. Ketiga agama ini dikenal sebagai agama Abrahah atau agama samawi. Di agama Hindu, Nabi Nuh dikenal sebagai "Manuk" atau "Manu," yang merupakan leluhur umat manusia dan merupakan raja pertama di dunia. Seperti dalam Islam, Nabi Nuh dalam agama Hindu juga dikenal sebagai penyelamat manusia dari banjir besar.

Dalam legenda Hindu, Manu diselamatkan oleh Wisnu, salah satu dewa penting dalam agama tersebut. Wisnu adalah pemelihara dan pelindung alam semesta, dan dia dianggap sebagai roh tertinggi dalam kisah zaman kuno. Wisnu sering muncul dalam berbagai avatar, termasuk dalam bentuk ikan, seperti halnya kisah Nabi Nuh dalam agama Islam.

Kisah Nuh atau Manu juga ditemukan dalam Kitab Kejadian dalam agama Kristen. Dalam kitab ini, Allah berfirman kepada Nuh tentang rencananya untuk mengakhiri hidup seluruh makhluk dengan banjir karena kekerasan yang merajalela di bumi. Nuh diperintahkan untuk membuat bahtera yang dapat menampung berbagai jenis makhluk hidup.

Dalam Alquran, kisah Nuh juga terdapat dalam surat al-mu'minun dan surat asy-syu'ara. Nabi Nuh berdoa kepada Allah untuk menyelamatkan dirinya dan kaum yang beriman dari kekafiran dan kezaliman yang dilakukan oleh kaumnya.

Wisnu dalam Agama Hindu

Wisnu adalah salah satu Dewa yang penting dalam agama Hindu. Dia bertugas sebagai pemelihara dan pelindung alam semesta. Wisnu juga merupakan roh tertinggi dalam Purana atau kisah zaman kuno. Karena sifatnya yang gaib dan ada di mana-mana, banyak simbol dan atribut tertentu yang digunakan untuk mewujudkan sosok Wisnu dalam bentuk lukisan, pahatan, dan arca.

Wisnu juga sering berwujud Avatar, seperti ikan, Rama, Kresna, Budha, dan Kalki. Jadi, tak heran jika dalam cerita Hindu, Wisnu menyamar menjadi ikan untuk menyelamatkan Manu dari banjir besar.

Nabi Nuh dalam Kitab Suci Lain

Selain dalam agama Hindu, kisah Nabi Nuh juga terdapat dalam kitab suci agama Yahudi, Kristen, dan Islam. Ketiga agama ini disebut sebagai agama Abrahah atau agama samawi.

Dalam kitab kejadian pada agama Kristen, kisah Nuh bisa ditemukan di pasal 6 dan 7. Allah menyuruh Nuh untuk membangun bahtera karena akan datang banjir besar yang akan memusnahkan seluruh makhluk hidup di bumi.

Sementara itu, dalam Alquran, kisah Nuh bisa dibaca dalam surat Al-Mu'minun dan surat Asy-Syu'ara. Nuh berdoa kepada Allah untuk menyelamatkannya dan para pengikutnya dalam bahtera dari banjir besar yang akan datang.

Kisah Banjir Besar dalam Budaya Lain

Menariknya, kisah banjir besar juga terdapat dalam berbagai budaya lainnya, seperti dalam cerita Yunani kuno. Kisah banjir besar disampaikan oleh Prometheus kepada putranya, Deukalion, yang membuat sebuah peti untuk berlindung dari banjir. Dengan peti tersebut, Deukalion selamat dari banjir yang menghancurkan banyak kehidupan di bumi.

Di Indonesia juga terdapat kisah serupa dalam budaya Batak, di mana ada cerita tentang seekor ular raksasa bernama Naga Padoha yang memikul bumi. Ketika ular tersebut lelah, dia melemparkan bumi ke laut, namun kemudian gunung Kelautan dan manusia diselamatkan oleh Batara Guru.

Kesimpulan

Dari berbagai kisah tentang banjir besar yang ada di berbagai budaya dan agama, dapat kita lihat bahwa peristiwa banjir bandang memang benar-benar terjadi pada masa lalu. Ini menunjukkan adanya benang merah dalam cerita-cerita tersebut, meskipun berbeda dalam sebutan dan karakter.

Semoga cerita tentang Nabi Nuh dalam agama Hindu ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang berbagai kepercayaan dan kisah di dunia ini. Sampai jumpa di cerita-cerita seru berikutnya.

Posting Komentar untuk " Dewa di Hindu Ini Adalah Nabi Nuh? Ramalan di Hindu Tentang Kedatangan Rasulullah SAW"