Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Sebelum membahas tentang bacaan doa untuk orang tua yang sudah meninggal dunia ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu tentang hukum membaca doa kepada Orang tua yang sudah meninggal dunia karena dalam ajaran Islam telah mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk selalu mendoakan kedua Orang tua kita.

Disisi lain, Nabi Muhammad SAW pun telah mengajarkan kepada kita sebagai umatnya bahwa kita sebagai seorang anak harus selalu berbakti kepada kedua Orang tua kita, walaupun Orang tua kita tersebut sudah meninggal dunia.

Adapun cara berbakti kepada Orang tua yang sudah meninggal dunia juga pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Ibnu Majah yang berbunyi:

” Masih tetap ada bentuk berbakti kepada kedua orang tua yg sudah meninggal dunia dan bentuknya ialah membacakan doa untuk Orang tua yang sudah meninggal dunia, berdoa kepada Allah SWT agar diampuni keduanya (Orang Tua), memenuhi janji mereka, menjalin hubungan silahturahmi dengan keluarga kedua Orang tua yang tak pernah terjalin dan memuliakan teman – teman dekat kedua Orang tua kita". [HR. Ibnu Majah no 3664 dan Abu Daud no 5142] 

Itu artinya, membaca doa untuk kedua Orang tua yang telah meninggal dunia yang dilakukan oleh seorang anak kepada Orang tuanya sangatlah dibolehkan karena selain akan mendapatkan pahala, cara tersebut merupakan salah satu bentuk cara berbakti kepada orang tua kita. 

Sedangkan untuk doa anak yang sholeh kepada Orang tua yang sudah meninggal pun menjadi salah satu amalan yang tidak akan terputus karena telah dijelaskan oleh Sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadist Muslim bahwa:

” Jika seseorang tlah meninggal dunia maka terputuslah semua amalan-nya kecuali 3 (tiga) perkara yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh". [Hadist Riwayat Muslim no. 1631]

Sebagai tambahan saja bahwa bacaan doa bagi Orang tua yang sudah meninggal dunia dibawah ini kami ambil dari salah satu ayat suci Al Qur’an sehingga secara tidak langsung bahwa dalam Al Qur’an sendiri telah memerintahkan kita sebagai seorang Muslim untuk membacakan doa kepada orang tua kita yang sudah meninggal dunia. 

Hal ini tentunya bisa menjadi jawaban karena diluar sana ada sebagaian kelompok yang mengatakan atau beranggapan bahwa membaca doa kepada orang yang sudah meninggal dunia itu tidak akan sampai doanya, padahal anggapan itu salah karena membaca doa kepada Orang tua yang sudah meninggal merupakan salah satu cara berbakti kepada orang tua dan salah satu amalan pahala yang tidak akan terputus.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia

Bacaan doa untuk kedua orang tua yang sudah meninggal dunia ini bisa kalian bacakan atau terapkan setelah selesai mengerjakan Shalat lima waktu dan bacaan doa tersebut diambil dari Al Qur'an yakni Surat Nuh Ayat 28 yang berbunyi:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Artinya:

"Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan". [QS. Nuh:28]

Bacaan doa tersebut bisa kita baca secara rutin setiap kali kita selesai menjalankan shalat fardlu lima waktu, karena waktu - waktu tersebut adalah waktu mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT.

Wallahu A'lam Bissawab

Posting Komentar untuk " Bacaan Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia "