Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Doa Setelah Mendengarkan Adzan dan Iqamah

adzan

Bacaan Doa Setelah Mendengarkan Adzan

Manfaat dari seorang muslim saat mendengarkan Adzan sendiri adalah dijanjikan oleh Nabi Muhammad SAW masuk surga, dan ketika kita mendengarkan Adzan dan menjawab Adzan yang dilantunkan oleh Muadzin maka kita akan mendapatkan pahala.

Selanjutnya, jika kita berdoa setelah mendengarkan Adzan maka InsyaAllah selain mendapatkan pahala maka doa - doa yang kita panjatkan tersebut akan di kabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana kita ketahui dari para ulama yang mengatakan bahwa waktu setelah Adzan dan Iqomah merupakan waktu dimana doa mustajab dan akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Adzan dalam sehari bisa dikumandangkan oleh para Muadzin di berbagai Masjid maupun di Musholla sebanyak 5 kali sesuai dengan waktu Shalat fardlu yaitu Adzan Shalat Maghrib, Adzan Shalat Isya, Adzan Shalat Subuh, Adzan Shalat Dhuhur dan Adzan Shalat Asyar. Adapun Adzan sendiri merupakan kalimat suci dan mempunyai fungsi sebagai panggilan bagi umat muslim untuk mengerjakan Shalat wajib 5 waktu.

Adab kita sebagai seorang seorang muslim saat ada Muadzin yang sedang mengumandangkan Adzan, maka kita harus mendengarkannya dengan baik, kemudian berdoa setelah mendengarkan Adzan dan bergegas mangambil air wudlu untuk kemudian menuju ke Masjid untuk mengerjakan Shalat wajib secara berjamaah. 

Adapun Bacaan Doa Sesudah Adzan yang bisa kita amalkan setiap harinya seperti dibawah ini :

 اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْ آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَنِ اْلوَسِيْلَةَ وَاْلفَضِيْلَةْ وَابْعَثْهُ مَقَاماً مَحْمُوْدًا اَّلذِيْ وَعَدْتَهْ    

Allâhumma rabba hâdzihid da'watit tâmmah, washshalâtil qâ-imah, âti sayyidana muhammadanil washîlata wal fadhîlah, wab'atshu maqâmam mahmûdanil ladzî wa'adtah.    

Artinya:

“Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, berilah kepada Junjungan kami Nabi Muhammad kedudukan sebagai wasilah serta kemuliaan dan bangkitkanlah ia dalam kedudukan yang terpuji sebagaimana telah Engkau janjikan.”

Itulah doa mendengarkan Adzan yang bisa kita amalkan dan hafalkan dirumah sehingga setelah mengetahui manfaat dan doa setelah Adzan, kita akan mengamalkan doa ini sehingga pahala kita dapat bertambah setiap harinya karena kita sebagai seorang muslim harus pintar – pintar mengamalkan sunnah – sunnah Rasul yang bisa menambah perolehan pahala kita selain mengerjakan Sholat wajib 5 waktu tersebut.

Bacaan Doa Setelah Mendengar Iqamah di Islam

bacaan-iqamah

Pengertian Iqamah menurut istilah adalah seruan atau pemberitahuan bahwa shalat akan segera dimulai atau didirikan dengan menyebut lafal – lafal khusus.  Iqamah juga bisa dibilang sebagai Adzan yang kedua. Kemudian Lafal Iqamah pun sama dengan Adzan, hanya saja Adzan di ucapkan masing – masing 2 kali sedangkan untuk Iqamah cukup diucapkan sekali saja.

Adapun Iqamah sendiri di sunatkan diucapkan dengan agak cepat dan dilakukan dengan suara yang lebih rendah pada saat Adzan. Hukum menjawab Iqamah untuk setiap muslim adalah Sunnah sehingga jika kita mendengarkan iqamah ada baiknya kita menjawab dengan bacaan yang sama seperti yang diucapkan oleh Muadzin kecuali pada kalimat ” Qad Qaamatish ”.

Sedangkan untuk doa setelah Iqamah sendiri sunnah hukumnya sehingga ada baiknya jika kita berdoa setelah Iqamah karena waktu yang di mustajabnya bacaan doa adalah ketika setelah Iqamah dan setelah Adzan. 

Kemudian untuk doa setelah mendengarkan Iqamah sendiri sudah kami berikan dan buat di bawah ini lengkap dengan artinya sehingga bisa di amalkan dengan dihafalkan dirumah.

Adapun bacaan doa setelah mendengarkan Iqamah adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةْ وَالصَّلاةِ القَائِمَةْصَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأٰتِهِ سُؤْلَهُ يَوْمَ الْقِيَا مَةِ   

Allâhumma rabba hâdzihid da'watit tâmmah, washshalâtil qâ-imah, shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa aa tihi su’lahu yaumal qiyaa mati.    

Artinya, 

“Wahai Tuhanku, yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang segera akan dilaksanakan, curahkanlah rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad Saw, dan berilah/kabulkanlah segala permohonannya pada hari kiamat.” 

Sebagai catatan, jika ada Muadzin yang mengumandangkan Adzan dan Iqamah sangat dianjurkan bagi kita untuk mendengarkan dan menjawabnya dengan benar karena selain mendapatkan pahala (sunnah) waktu setelah Adzan dan Iqamah adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Wallahu A'lam bissawab

Posting Komentar untuk " Bacaan Doa Setelah Mendengarkan Adzan dan Iqamah"