Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Manasik Haji

Doa Manasik Haji
credit:[email protected]_dpz_02

Manasik haji adalah rangkaian ibadah haji seperti ihram, tawaf, wukuf, lempar jamrah yang dilakukan sesuai dengan apa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Banyak sekali doa yang dapat kita baca selama melakukan manasik haji, diantaranya adalah sebagai berikut :

Niat Haji

“Aku niat haji dengan berihram karena Allah Ta’ala”

credit: https://elhasanatour.com/

Bacaan Talbiyah, Salawat dan Do’a

“Aku datang memenuhi panggilan Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan Mu, aku datang memenuhi panggilan Mu tidak ada sekutu bagi Mu, aku datang memenuhi panggilan Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik Mu, tidak ada sekutu bagi Mu”.

credit: https://elhasanatour.com/

Shalawat

“Ya Allah limpahkanlah rahmat bagi nabi Muhammad dan keluarganya”.

Doa Masuk Masjidil Haram

“Ya Allah, Engkaulah sumber keselamatan, dan dari pada Mu lah datangnya keselamatan. Maka hidupkanlah kami wahai Tuhan, dengan selamat sejahtera dan masukkalah kami kedalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah Mu dan Maha Tinggi.  Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukalah untukku pintu rahmat Mu. Dengan nama Allah (aku masuk ke mesjid ini) disertai dengan segala puji bagi Allah serta salawat dan salam untuk Rasulullah.”

credit: https://elhasanatour.com/

Doa Ketika Melihat Ka’bah

 “Ya Allah tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan wibawa pada Baitullah ini. Dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya diantara mereka yang berhaji atau yang berumrah padanya dengan  kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan."

Pelaksanaan thawaf sebanyak 7 kali putaran mengelilingi Ka’bah dengan posisi Ka’bah disebelah kiri, berdiri menghadap Hajar Aswad dengan seluruh badan atau miring sambil mengangkat tangan serta mengecup tangan kanan dan membaca : Bismillaahi wallaahu Akbar, artinya : Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar.

Pada setiap putaran thawaf 1 sampai dengan ke 7 ada doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca.

Setelah tawaf  kita mengerjakan Sa’i dimulai dari bukit Shafa dan diakhiri dibukit Marwah sebanyak 7 kali perjalanan bolak balik, dan ada doa yang dianjurkan dibaca pada saat hendak mendaki bukit Shafa sebelum mulai Sa’i.

Setiap mendekati dan mendaki bukit Shafa dan Marwah dari ke tujuh perjalanan Sa’i tersebut ada doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca.

Doa Ketika Berangkat ke Arafah

“Ya Allah aku menghadap Mu dan aku menginginkan kemurahan Mu, maka ampunilah dosaku, terimalah hajiku, kasihanilah aku dan jangan abaikan permintaanku. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu".

Doa Waktu Masuk Arafah

“Ya Allah hanya kepada Engkaulah aku menghadap, dengan Engkaulah aku berpegang teguh, pada Engkaulah aku berserah diri. Ya Allah jadikanlah aku diantara orang yang hari ini Engkau banggakan di hadapan Malaikat Mu, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Pada saat wukuf ada banyak doa yang bisa kita baca, antara lain :

“Aku mohon ampun pada Allah Yang Maha Agung yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Maha Kekal dan Kepada Nya aku bertaubat. 100 x

“Aku datang memenuhi panggilan-Mu wahai Allah,  aku datang memenuhi panggilan-Mu wahai, aku datang memenuhi panggilan-Mu tiada sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu tiada sekutu bagi-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji dan nikmat serta kerajaan hanya untuk-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.”

“Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan selain Allah. Allah Yang Maha Besar dan segala puji bagi Nya” 3x

“Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nyalah segela kerajaan dan pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Ditangan-Nya segala kebaikan dan Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. 100 x

“Tiada daya (untuk memperoleh manfaat) dan kemampuan (untuk menolak bahaya) kecuali bersumber dari Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung. Aku bersaksi sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu dan sesungguhnya ilmu Allah meliputi segala sesuatu”.

“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar dan Maha Mengetahui. 3x

Doa Melontar Jumrah

Setiap melontar 1 jumrah 7 x lontaran kerikil dan dianjurkan berdoa :

“ Bismillah, Allah Maha Besar, kutukan bagi segala setan dan ridho bagi Allah Yang Maha Pengasih, Ya Allah Tuhanku, jadikanlah ibadah hajiku ini haji yang mabrur dan sa’i yang diterima”.

Doa Thawaf Wada

Bismillahi, Allahu Akbar, Maha Suci Allah dan segala puji hanya kepada Allah, tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Agung. Tiada daya (untuk memperoleh manfaat) dan tiada kekuatan (untuk menolak kesulitan) kecuali bersumber dari Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar dan Mulia. Shalawat dan salam bagi junjungan Rasulullah SAW. Ya Allah aku datang kemari karena iman kepada-Mu, membenarkan kitab-Mu, memenuhi janji-Mu dan karena menuruti sunnah Nabi-Mu Muhammad SAW.

Sesungguhnya Tuhan yang menurunkan Al Qur’an kepadamu niscaya memulangkanmu ke tempat kembali,wahai Tuhan Yang Kuasa mengembalikan, kembalikan aku ke tempatku, wahai Tuhan Yang Maha Mendengar, dengarlah permohonanku, wahai Tuhan Yang Maha Perkasa, perkasakanlah aku, wahai Tuhan Yang Maha Pelindung, tutupilah aibku, wahai Tuhan Yang Maha Kasih Sayang, sayangilah aku, wahai Tuhan Yang Maha Kuasa Mengembalikan, kembalikanlah aku ke Ka’bah ini dan berilah aku rezeki untuk mengulanginya berkali-kali, dalam keadaan bertaubah dan beribadah, berlayar menuju Tuhan kami sambil memuji, Allah Maha menepati janji-Nya membantu hamba-hamba-Nya, menghancurkan sendiri musuh-musuh-Nya.

Ya Allah peliharalah aku dari kanan, kiri, depan dan belakang, dari sebelah atas dan bawah sampai Engkau mengantar aku sampai kepada keluarga dan tanah airku. Ya Allah permudahkanlah perjalanan bagi kami, lipatkan bumi untuk kami, Ya Allah sertailah kami dalam perjalan kami, dan gantilah kedudukan kami bagi keluarga kami yang ditinggal, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih melebihi kasih segala pengasih wahai Tuhan Yang Memelihara seluruh alam."

Demikianlah uraian artikel terkait dengan doa manasik haji, semoga bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk " Doa Manasik Haji"