Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa Wudhu Lengkap - Wudhu dan Manfaatnya

 

Doa Wudhu Lengkap - Wudhu dan Manfaatnya

Tidak sedikit umat muslim yang masih belum hafal dengan doa wudhu lengkap. Jika Anda salah satunya, maka artikel di bawah ini semoga bisa membantu Anda.

Anak-anak sejak dini sudah harus dapat mengetahui dan mampu mempraktikkan tata cara shalat dengan baik dan benar. 

Tentunya sebelum mereka mampu melaksanakan ibadah shalat, terlebih dahulu mereka pun harus dapat mengetahui dan mempraktikkan tata cara wudhunya terlebih dahulu, karena salah satu syarat sahnya shalat yaitu dengan berwudhu. 

Dalam pelaksanaannya wudhu ini, terdapat tata caranya dan juga doa-doa yang mesti diucapkan dalam pelaksanaannya.

Maka kita semua harus dapat mengetahui dan hafal doa wudhu lengkap, doa wudhu lengkap ini pun harus dapat dilatih sedari kecil agar nanti ketika sudah dewasa mereka sudah hafal dan dapat mengamalkannya dengan baik.

Selain dapat diajarkan secara langsung baik oleh guru maupun orang tua, doa wudhu lengkap ini pun bisa dibaca dan dipelajari melalui buku-buku yang memuat doa wudhu lengkap beserta artinya ataupun kita dapat mencarinya di internet.

Bagi anak - anak yang tinggal di pedesaan, pada umumnya sudah di ajarkan tentang tata cara berwudhu dan do'a - do'anya oleh para guru ngaji mereka.

Rukun Wudhu

•    Berniat wudhu (dalam hati) untuk menghilangkan hadats.

•    Mengucapkan basmalah (bacaan bismillah Wajib).

•    Membasuh dua telapak tangan sebanyak 3 kali.

•    Mengambil air dengan tangan kanan kemudian memasukkannya ke dalam mulut dan hidung untuk berkumur-kumur dan istinsyaq (memasukkan air dalam hidung). Kemudian beristintsar (mengeluarkan air dari hidung) dengan tangan kiri sebanyak 3 kali.

•    Membasuh seluruh wajah dan menyela-nyelai jenggot sebanyak 3 kali.

•    Membasuh tangan kanan hingga siku bersamaan dengan menyela-nyelai jemari sebanyak 3 kali kemudian dilanjutkan dengan yang kiri.

•    Menyapu seluruh kepala dengan cara mengusap dari depan ditarik ke belakang, lalu ditarik lagi ke depan, dilakukan sebanyak 1 kali. Dilanjutkan menyapu bagian luar dan dalam telinga sebanyak 1 kali.

•    Membasuh kaki kanan hingga mata kaki bersamaan dengan menyela-nyelai jemari sebanyak 3 kali kemudian dilanjutkan dengan kaki kiri.

Doa Wudhu Lengkap Beserta Artinya

•    Doa Sebelum Wudhu

Allaahummagh firlii dzanbii wawasi’ lii fiidaari wabarik lii fii riqii.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, lapangkanlah rumahku dan berkahilah riqziku”.

•    Doa Ketika Menggunakan Air Wudhu

Allhamdulillahi ladzii ja’alal maa’a thohuuraa.

 Artinya: “ Segala puji bagi Allah Dzat yang telah menjadikan air suci”

•    Doa Niat Wudhu

Nawaitul wudhua liraf’il hadatsil asghari fardhan lillaahi ta’la

Artinya: ”Saya berniat wudhu untuk membersihkan dari hadas kecil sebagai kewajiban karena Allah Yang Maha Tinggi”.

•    Doa Ketika Mencuci Kedua Tangan

Allaahumma innii as-alukal yumnaa wal barokaata wa-andzubika minas syu’mi wal halakah.

Artinya: ”Wahai Tuhanku, Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan ibadah dan keberkahan, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan kebinasaan.

•    Doa Ketika Berkumur

Allaahumma asqinii min haudi Nabiyyika Muhammadin shallallaahu ’alaihi wasallamaka’san azhma’u ba’dahu abadan.

Artinya: ”Wahai Tuhanku, beri minumlah aku dari air telaga Nabi-Mu Muhammad SAW. Satu gelas yang tidak akan haus buat selama-lamanya.”

•    Do’a Ketika Menghirup Air

Allaahumma arrihni raa-ihatal jannati.

Artinya: ” Ya Tuhanku, wewangian syurga.”

•    Do’a Ketika Membasuh Tangan Kanan

Allaahumma a’yinii kitaabii biyaminii waahaasibnii hisaabaan yasiiraa.

Artinya: ”Ya Tuhanku, berilah aku kitab (catatan amalku) dari arah tangan kananku dan          hisabilah aku dengan mudah (yaitu tidak berbelit-belit).”

•    Do’a Ketika Membasuh Tangan Kiri

Allaahumma laatu’thinil kitaabiii bi syimaalii wa laa min waraa -i dhahr

Artinya: ”Ya Tuhanku janganlah Engkau berikan kitab (catatan amal) ku dari arah kiriku dan jaganlah pula dari arah belakangku.”

•    Do’a Ketika Membasuh Telinga

Allaahumma isma’nii munaadiyal jannati fil jannati ma’al abraari.

Artinya: ”Ya Allah ya Tuhanku, dengarkanlah kepadaku suara pemanggil syurga bersama orang-orang yang berbakti.”

•    Do’a Menghusap Kepala.

Allaahumma harrim sya’rii ’alan naari wazhillanii tahta ’arsika yauma laazhilla illaa zhilluka.

Artinya: ”Yaa Allah ya Tuhanku, haramkanlah rambutku dan kulitku dari sengatan api neraka, dan naungilah aku di bawah arsy-Mu pada hari tiada naungan kecuali hanya naungan-Mu.”

•    Do’a Membasuh Kaki Kanan.

Allaahumma tsabbit qadamii ’alaash shiraatill mustaqiimi ma’a aqdaani ibaadikasshaalihiin.

Artinya: ”Yaa Allah, yaa Tuhanku, tetapkanlah tumitku diatas titian yang lurus bersama tumit hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

•    Do’a Membasuh Kaki Kiri.

Allaahumma inni aa’udzubika antazilla qadamii ’alaa shiraati fiin naari yauma tazilla maaqdamul kaafiriina wal munaafiqiin.

Artinya: ”Yaa Allah yaa Tuhanku, sesungguhnya aku-berlindung kepada-Mu dari keterpelesetan tumitku dari atas jalan neraka, pada hari dikala terpeleset tumit orang-orang kafir dan orang-orang munafiq.”

•    Do’a Setelah Selesai Wudhu.

Asysy hadu an laa illaaha illallaah wah dahulaa syarikalah waasyhadu anna muhammadan ’abduhuu wa rarasuuluhuallaahum maj ’alnii minat tawaabiina waj’alnii minal mutathahhitiina waj:alnii min ’ibaadikash shaalihiin.

Artinya: ”Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Satu-satu-Nya,tiada sekutu bagi-Nya. Dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya.Yaa Allah,jadikanlah saya termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang suci dan jadikanlah saya termasuk orang-orang yang shalih”.

Keutamaan Berwudhu

Anjuran untuk berwudhu sebenarnya tidak hanya untuk menunaikan ibadah shalat saja, namun dalam berbagai aktivitas yang lain kita pun dianjurkan untuk tetap dalam keadaan bersuci, baik ketika sedang dalam perjalanan, menuntut ilmu, bahkan ketika hendak tidur.

Dan untuk berwudhu sebelum tidur ini telah diajarkan oleh Rasul SAW sebagaimana dalam haditsnya yaitu:  Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW bersabda,“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia TIDAK akan bangun hingga Malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci ”. [Imam Ibnu Hibban meriwayatkan dalam Shahihnya].

Dan juga adab islami sebelum tidur dianjurkan untuk tidak ditinggalkan oleh seorang muslim yaitu tidur dalam keadaan berwudhu dan berbaring pada sisi kanan badan. 

Hal ini berdasarkan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” [HR. Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710]

Setiap muslim dianjurkan agar selalu dalam keadaan bersuci pada setiap aktivitas yang dilakukannya. Karena kesucian sangat disukai oleh Allah SWT dan juga Rasul SAW, maka hal tersebut menunjukkan agar kita dapat selalu menjaga kesucian baik kesucian lahir maupun bathin.

Air wudhu sendiri pun selain dapat membuat seorang muslim menjadi suci dari hadas, air wudhu pun memberikan efek rileksasi bagi tubuh. 

Setiap basuhan air wudhu yang kita basuhkan pada tubuh kita memberi keringanan dan rasa enteng bagi tubuh, ketika kita sedang dilanda masalah dan kemarahan maka dengan berwudhu dapat menetralisir rasa marah dan juga masalah yang membebani hati dan pikiran kita.

Setiap muslim yang senantiasa menjaga wudhunya, maka dari wajahnya pun terpancar aura kesejukan dan keteduhan sebagai implikasi dari wudhunya. 

Berbeda bagi mereka yang tidak pernah tersentuh dengan air wudhu, air muka mereka nampak tidak begitu bercahaya dan terlihat raut yang kusam dan muram. Jelas sekali bahwa air wudu ini memberikan kemanfaatan baik lahir maupun bathin. Maka jagalah selalu wudhu kita.

Post a Comment for "Doa Wudhu Lengkap - Wudhu dan Manfaatnya"