Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami 10 Nama Malaikat Beserta dengan Tugas - Tugasnya

malaikat-allah
credit:instagram@marcellanky

Beribadah kepada Allah Subhanahu Wata'ala tidak cukup hanya dengan menjalankan ibadah yang wajib saja, seperti shalat atau puasa di bulan Ramadhan, akan tetapi juga harus dibarengi dengan ibadah sunnah. 

Untuk memahami masalah itu, keimanan adalah kunci utama yang harus dipegang oleh setiap umat Muslim. Agama Islam sebagai rahmatan lil’alamin telah menetapkan bagaimana faktor keimanan adalah kunci utama kokohnya keislaman seseorang. 

Untuk itulah Islam telah menetapkan adanya rukun iman yang harus dipercayai oleh setiap Muslim.

Rukun Iman yang wajib dipercayai oleh setiap Muslim itu ada 6 (enam) perkara, yaitu:

  • Iman kepada Allah Subhanahu Wata'ala
  • Iman kepada Para Malaikat
  • Iman kepada Kitab-Kitab
  • Iman kepada Para Nabi
  • Iman kepada Hari Akhir
  • Iman kepada Takdir yang Baik dan yang Buruk.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu Wata'ala, dalam surah Al-Baqarah ayat ke 177, yaitu:

 لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَىٰ حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا ۖ وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ ۗ أُولَٰئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ

Artinya:

"Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." [QS Al-Baqarah, 2: 177] 

Rasulullah SAW juga bersabda., “Hendaklah engkau beriman kepada Allah Subhanahu Wata'ala, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari Akhir. Dan engkau beriman kepada takdir Allah Subhanahu Wata'ala, yang baik maupun yang buruk.” [HR Muslim]

Mengenal Malaikat beserta Tugasnya

Salah satu bentuk keimanan itu adalah iman kepada para malaikat. Iman kepada malaikat adalah keyakinan umat Muslim yang kuat bahwa Allah Subhanahu Wata'ala memiliki malaikat-malaikat yang diciptakan-Nya dari cahaya. 

Malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh, tunduk dan taat pada perintah serta ketentuan Allah Subhanahu Wata'ala SWT.

Malaikat berasal dari kata "malak" (bahasa Arab) yang artinya kekuatan. Mereka adalah hamba-hamba Allah Subhanahu Wata'ala yang dimuliakan karena mereka tidak pernah melanggar dan selalu patuh pada perintah-Nya. 

Mereka bertasbih siang dan malam tanpa berhenti. Setiap gerakan di langit dan di bumi, berasal dari para malaikat yang bertugas di sana. 

Sesuai tugas-tugasnya, terdapat 10 (sepuluh) Malaikat yang wajib kita ketahui, sedangkan berapa jumlah sebenarnya Malaikat Allah hanya Allah Subhanahu Wata'ala saja yang mengetahuinya. 

Kesepuluh malaikat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Malaikat Jibril
  • Malaikat Mikail
  • Malaikat Israfil
  • Malaikat Izrail
  • Malaikat Munkar
  • Malaikat Nakir
  • Malaikat Raqib
  • Malaikat Atid
  • Malaikat Malik
  • Malaikat Ridwan

Tugas 10 Malaikat

Kesepuluh Malaikat tersebut memiliki tugas - tugas sebagai berikut:

  • Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu Allah Subhanahu Wata'ala kepada nabi dan rasul. Jibril-lah yang menjadi penghubung antara Allah Subhanahu Wata'ala dengan para nabi dan rasul-Nya.
  • Malaikat Mikail bertugas memberi rezeki pada manusia.
  • Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala pada hari Kiamat.
  • Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa manusia. Rasa sakit saat ruh kita dicabut, tergantung dari amal perbuatan kita.
  • Malaikat Munkar dan Nakir bertugas menanyakan dan melakukan pemeriksaan pada manusia di alam kubur tentang amal perbuatan yang mereka lakukan selama di dunia.
  • Malaikat Raqib bertugas mencatat segala amal baik yang dilakukan manusia, sedangkan Malaikat Atid bertugas mencatat segala amal buruk yang dilakukan manusia selama hidupnya.
  • Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka. Penampilan mereka begitu menyeramkan karena mereka berhadapan dengan manusia-manusia penghuni neraka.
  • Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga. Penampilan mereka begitu menyenangkan karena mereka berhadapan dengan manusia-manusia penghuni surga.

Dibandingkan dengan makhluk-makhluk Allah Subhanahu Wata'ala lainnya, malaikat tidak memiliki nafsu dan mereka selalu mendoakan manusia yang berbuat baik pada waktu-waktu tertentu yang telah ditetapkan Allah Subhanahu Wata'ala. 

Apabila kita telah mengetahui dan memahami tugas 10 nama malaikat beserta dengan tugas - tugasnya, maka tentu kita akan lebih beriman dan bertaqwa.

Manfaat Percaya kepada Malaikat Allah

Percaya atau beriman kepada malaikat sangat bermanfaat bagi umat Islam. Beberapa manfaat percaya kepada malaikat adalah sebagai berikut:

1. Selalu melakukan perbuatan baik dan merasa malu saat melakukan perbuatan buruk, karena dirinya merasa selalu diawasi oleh malaikat, yaitu malaikat Raqib dan Atid.

2. Berusaha melakukan amalan-amalan ibadah sunnah pada waktu-waktu tertentu seperti pada sepertiga malam, dhuha, hari Jumat, dll karena yakin bahwa pada saat itu ada banyak malaikat yang siap mendoakan kebaikan untuk kita.

3. Sifat-sifat malaikat yang selalu patuh pada Allah Subhanahu Wata'ala dan tidak pernah menolak atau memberontak atas segala perintah membuat kita untuk turut mengikutinya.

Betapa mengerikannya berhadapan dengan Malaikat Malik yang menjaga pintu neraka dan betapa menyenangkannya berhadapan dengan Malaikat Ridwan yang menjaga pintu surga, akan membuat kita selalu menjaga amal-amal perbuatan kita yang akan mendekatkan kita pada surga dan menjauhkan kita dari neraka.

Itulah 10 Nama Malaikat Beserta dengan Tugas - Tugasnya. Semoga berguna dan bermanfaat serta bisa menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Posting Komentar untuk " Pahami 10 Nama Malaikat Beserta dengan Tugas - Tugasnya"