Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kata-kata Motivasi Islami Sebagai Inspirasi

Kata-kata Motivasi Islami Sebagai Inspirasi

Kehidupan yang kita jalani tidak selamanya berlangsung dengan mulus dan sesuai dengan harapan. Terkadang banyak masalah yang timbul dam melengkapi kehidupan kita. 

Namun tidak jarang juga masalah-masalah tersebut akan membuat kita jatuh dan frustasi. Untuk itu, ada baiknya kita mengenal kata-kata motivasi islami karena biasanya akan menyejukkan dan mengembalikan semangat kita.

Di luaran memang banyak bermunculan beragam kata motivasi dan itu memang akan sangat bagus. Nantinya akan benyak referensi yang bisa kita dapatkan kala masalah tersebut datang. Akan tetapi, tidak jarang kita yang sudah terjatuh memang membutuhkan banyak masukan dari kata pemicu tersebut.

Untuk kata motivasi yang islami tersebut, tentunya jangan khawatir salah arah karena yang pasti akan membawa ke jalan yang seharusnya. Di sana kita akan menemukan semangat yang baru dan pastinya akan membuat kita semakin berkembang dalam kehidupan ini. 

Bagaimana tidak, kata-kata motivasi memang bisa disebut sebagai pelecut bagi datangnya semangat dan kehancuran. Namun dengan kata motivasi, semua itu akan kita rasakan.

Ingin mengetahui seperti apa sajakah kata-kata motivasi islami tersebut? Marilah kita simak ulasannya dalam paparan berikut ini.

Kata-Kata Motivasi Islami yang Memiliki Tema Kehidupan

Kehidupan itu sangat luas dan kita haruslah mengetahui dan bisa memahami bagaimana cara menjalani kehidupan tersebut. Untuk bisa memahaminya, terkadang kita salah kaprah dengan apa yang ada di depan kita.

Untuk itu, ada baiknya kita jalani kehidupan dengan segala masalah yang ada. Ketika ada masalah pun kita masih bisa tetap berdiri.

Berikut ini adalah beberapa kata motivasi Islami sebagai referensi Anda, antara lain:

• Kita tidak akan pernah tahu bagaimana menyembah-Nya, sebelum kita mulai dengan bagaimana mencintai-Nya.

Kata-kata motivasi tersebut memiliki makna jika kita ingin mendalami ibadah yang sering kita jalani selama ini, tentunya kita pun harus bisa mencintai Sang Khaliq sebagai Dzat yang menciptakan seluruh alam semesta ini.

Dalam mencintainya itu, kita diharuskan untuk bisa menaati segala perintah-Nya dan juga larangan-Nya. Dengan begitu, kita akan dapat melakukan yang terbaik dalam hidup ini untuk bisa menjalankan ibadah yang seharusnya.

• Alangkah luasnya bumi Allah ini, namun jika saatnya tiba, saat takdir telah datang maka angkasa pun akan menjadi sempit.

Kata-kata motivasi tersebut memiliki makna tentang bumi yang kita pijak ini begitu luas dan sangat luar biasa. Bumi ini merupakan ciptaan-Nya yang sangat tidak tertandingi oleh makhluk manapun. 

Di dalam bumi ini kita sebagai manusia bisa melakukan banyak hal, mulai dari bercengkrama dengan sesama manusia atau makhluk hidup lainnya, bisa mengenal dan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan.

Akan tetapi, tahukah bahwa semua itu tidak akan abadi, termasuk dengan bumi ini? Ya ketika Allah memerintahkan bumi ini untuk hancur maka bumi yang maha luas ini akan hancur dengan seketika. 

Kita sebagai manusia tidak bisa bersembunyi atau bahkan lari. Untuk itulah, tidak sepatutnya kita merasa takabur dengan apa yang kita miliki saat ini.

• Apakah engkau meremehkan suatu doa kepada Allah, apakah engkau tahu keajaiban dan mukjizatnya doa? Ibarat panah di malam hari, dia tidak akan meleset, tetapi dia mempunyai batasan dan setiap batas tersebut ada kalanya untuk selesai.

Sebagai manusia, kita pastinya akan selalu berdoa untuk apa pun yang kita inginkan dan butuhkan. Namun ternyata dalam kesehariannya, doa tersebut terkadang sering kita tidak sabari. Bahkan kita sering memiliki perasaan buruk terhadap Allah kala doa tersebut tidak dikabulkannya.

Namun tahukah bahwa doa tersebut merupakan kalimat yang paling sakti dan manjur? Allah pasti selalu tahu kapan kita merasa sesuai dengan doa yang dipanjatkannya. 

Jika merasa tidak terkabul maka selalu berpikir positif bahwa doa tersebutakan selalu dikabulkan, hanya saja kembali pada waktunya. Doa tersebut bisa dikabulkan saat itu juga di dunia, bisa juga dikabulkannya di akhirat kelak.

• Jangan berjalan di muka bumi dengan membawa kesombongan yang besar karena tidak lama lagi akan masuk kembali ke bumi.

Sombong merupakan sikap yang harus selalu dijauhi oleh kita sebagai manusia karena sombong tersebut tidak disukai oleh Allah. Jika kita kerap berlaku sombong maka percayalah kita akan jatuh kembali ke lubang terdalam.

Manusia merupakan makhluk yang lemah dan tidak sepantasnya untuk berlaku sombong tersebut. Kita dibuat oleh Allah dari tanah maka nantinya akan kembali ke tanah juga.

• Dunia yang kita lihat ini sejatinya hanyalah sebagai tipu daya semata. Dan juga dengan kebatilan hanyalah sebuah fatamorgana yang terlihat di tengah Sahara.

Adakah yang memahami maksud dari kalimat tersebut? Masih ada hubungannya dengan dunia dan itu memang tidak bisa terlepas dari pera manusia. 

Di dalam dunia ini, kita sebagai manusia kerap melakukan apa saja, termasuk dengan banyak kesenangan. Namun tahukah bahwa dunia ini tidak akan kekal dan hanyalah sementara saja?

Dunia ini hanya sebagai tempat persinggahan semata dan yang kekal hanyalah di akhirat kelak. Kita tidak semestinya untuk mengagung-agungkan apa yang kita lakukan di dunia ini. 

Kenapa? Karena jika terus menerus seperti itu, kita akan terlena dengan yang namanya kesenangan dan itu akan membuat kita rugi.

• Barangsiapa yang bisa melakukan perjalanan dengan bersunggguh-sungguh maka dia pun akan sampai dengan tujuannya.

Pernahkah kita melakukan kehidupan ini, tetapi tidak mempunyai arah dan tujuan? Hal tersebut mungkin hanya sedikit manusia yang melakukannya. Dalam kehidupan kita tentunya harus mempunyai arah dan tujuan dan untuk menggapai semua itu, kita diharuskan untuk bisa fokus.

Jika sudah begtiu, kita tinggal harus melakukan semuanya dengan sungguh-sungguh. Selain itu, kita pun harus bisa mempunyai prinsip dan keyakinan agar semuanya berjalan dengan sukses dan semestinya. Jika kita sudah merasa yakin maka semuanya akan enjoy untuk dijalankan.

• Ilmu pengetahuan saat selagi kecil itu menjadi bagaikan ukiran di atas batu.

Paham dengan maknanya? Jika kita sudah bisa belajar sejak dini maka ilmu pengetahuan tersebut akan menempel hingga kita mati sekalipun. Dalam belajar itu tidak ada yang sia-sia, selama kita giat untuk melakukannya.

• Banyak tempat yang memiliki kata-kata yang tepat dan di setiap kata, ada tempatnya yang tepat pula.

Hal ini akan berhubungan dengan tempat di mana kita berpijak. Nantinya jika kita berpijak di tempat tersebut maka kita akan menemukan bahan pembicaraan yang berbeda pula. Lalu, setiap kata yang kita ucapkan, tentunya harus sesuai dengan keadaan yang kita miliki saat ini.

• Ilmu tanpa agama itu adalah suatu kecacatan, dan juga agama yang tidak berilmu merupakan sebuah kebutaan.

Jika kita memahami kalimat tersebut, kita akan diajak untuk mengenal dengan ilmu pengetahuan yang harus berhubungan dengan agma. Kenapa? Karena keduanya memang saling berkaitan satu sama lainnya.

Untuk menjalankan ilmu dan agama tersebut memang harus selalu bersamaan. Jangan ada salah satunya yang merasa diagungkan karena nantinya akan timpang. Ilmu memang penting dan agama sama pentingnya.

• Kecantikan yang sebenarnya bukanlah dari wajah, melainkan keluar dan terpancar dari hatinya.

Kita tentu sering beranggapan wabha wanita yang cantik itu adalah yang bagus. Padahal jika kita gali lebih mendalam, kecantikan yang sebenarnya itu bukanlah dari wajah. 

Kenapa? Karena wajah tersebut tidak akan kekal selamanya. Kecantikan yang sebenarnya adalah yang keluar dari hatinya karena akan membersihkan jiwa serta fisiknya.

Nah itulah ulasan mengenai kata-kata motivasi islami yang bisa memberikan angin segar. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment for " Kata-kata Motivasi Islami Sebagai Inspirasi"