Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Kekuatan Zikir

Rahasia Kekuatan Zikir

Di zaman modern seperti sekarang ini banyak orang yang diliputi rasa khawatir , resah, gelisah serta stres. Kejadian demi kejadian yang  menimpa mereka, banyaknya permasalahan yang tak terselesaikan membuat hati menjadi tidak tenang.

Salah satu cara terbaik untuk menghindari dan mengobati perasaan hati tersebut adalah dengan berzikir. Karena kekuatan zikir akan mengarahkan hati menjadi tenang.

Zikir untuk Ketenangan Jiwa

Zikir adalah cara untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah, dengan zikir ini jika dilakukan dengan sungguh-sungguh maka seseorang akan terhindar dari perasaan tidak tenang.

Dalam QS. Ar-ra'du: 28  Allah berfirman, sebagai berikut:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Artiya "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram"

Melalui ayat tersebut Allah  SWT menunjukkan kepada kita sekalian bahwa  mengingat Allah (berzikir) adalah obat yang paling ampuh  untuk mengatasi semua masalah baik yang sifatnya pribadi maupun umum.

Pada ayat lain yaitu QS. Al Baqarah, Allah SWT berfirman:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya "maka ingatlah kepada Ku, niscaya Aku mengingatmu dan bersyukurlah kepada Ku dan jangan kamu ingkari (nikmat) Ku", dan masih banyak ayat-ayat ataupun hadist yang menyatakan tentang keutamaan zikir.

Kekuatan zikir itu sendiri selain dapat membuat hati menjadi tenang, juga mempertebal keimanan, mencegah perbuatan keji dan mungkar, serta membersihkan hati dan mensucikan jiwa.

Zikir dapat menjadi obat berbagai macam penyakit batin,seperti ujub, riya dan sombong. Dengan memperbanyak zikir maka akan menututupi kesalahan kesalahan yang dilakukan dalam beribadah kepada Allah.

Zikir Menghalau Godaan Syaitan

Sebuah hadist Rasulullah menyatakan bahwa syaitan itu selalu bersemayam dihati manusia, dia akan selalu menggoda dari arah manapun. Dia tak mengenal putus asa dalam usahanya untuk menggelincirkan manusia ke dalam lembah dosa.

Setiap waktu syaitan akan selalu berusaha menjerumuskan manusia, dia  memasukkan perasaan khawatir  ke dalam hati manusia.  Bila manusia selalu berzikir maka syaitan akan menjauhinya, tapi apabila manusia itu lengah dari berzikir maka dia akan kembali mendekatinya. Syaitan adalah musuh yang nyata bagi manusia.

Pada hadist lain dinyatakan bahwa syaitan selalu duduk dan meletakkan ujung hidungnya di hati manusia. Dia akan pergi bila hati manusia berzikir,  tapi akan datang kembali jika zikir itu tidak dibacanya lagi.

Dalam sebuah kisah diceritakan bahwa seseorang telah dikabulkan do’anya oleh Allah, dalam do’anya ia ingin melihat syaitan dalam mengganggu manusia. Orang tersebut melihat ke sebelah kiri hatinya, saat syaitan akan memasukkan belalainya. 

Syaitan tersebut berbentuk seperti nyamuk dengan posisi duduk, dimulutnya terdapat belalai yang berbentuk seperti jarum.

Saat manusia berzikir kepada Allah, belalai tersebut akan ditarik ke belakang. Ketika sedang lengah syaitan memasukkan rasa was-was dan racun dosa dihati manusia itu melalui belalainya tersebut.

Begitu besar manfaat kekuatan zikir dalam menghalau bisikan dan godaan syaitan. Maka janganlah lengah dari berzikir.

Post a Comment for " Rahasia Kekuatan Zikir"