Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makna dan Faedah Shalawat Nariyah

Habib Syekh

Makna dan Faedah Shalawat Nariyah - Bagi kita umat Muslim tentu sudah sering sekali mendengar lantunan shalawat nariyah ini. Apa makna dan faedah yang terkandung dalam shalawat Nariyah tersebut?

Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang hal tersebut, jadi silahkan membaca ulasan berikut ini hingga selseai.

Pengertian Singkat Shalawat Nariyah

Bacaan Shalawat pada dasarnya merupakan permohonan kepada Allah SWT agar memberikan keberkahan dan kemuliaan kepada Nabi Muhammad SAW beserta dengan keluarganya, dan para sahabatnya.

Jika kita berdoa dan terlebih dahulu diawali dengan membaca sholawat Nabi, maka Insya Allah doa tersebut menjadi segera naik ke langit dan di kabulkan oleh Allah SWT.

Selain itu, bacaan shalawat juga menjadi tanda kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. Selain itu, membaca shalawat juga merupakan perintah dari Allah SWT kepada orang-orang yang beriman, karena Allah dan para malaikat-Nya juga melakukannya.

Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 56, sebagai berikut:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." [QS.Al-Ahzab:56]

Dari beberapa macam Shalawat Nabi yang kita sering dengar, salah satunya dikenal dengan sebutan shalawat nariyah. Shalawat Nariyah adalah sebuah shalawat yang diciptakan oleh Syekh Nariyah, di mana Syekh Nariyah ini hidup di zaman Rasulullah SAW sehingga termasuk salah satu sahabat Nabi SAW.

Di dalam kitab Khozinatul Asror (hlm. 179) dikatakan bahwa, "Salah satu shalawat yang mustajab adalah Shalawat Tafrijiyah Qurthubiyah, dimana orang Maroko terbiasa menyebutnya dengan sebutan Shalawat Nariyah."

Seperti apakah shalawat Nariyah itu?

Bacaan shalawat Nariyah adalah sebagai berikut:


Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan yang sempurna kepada junjungan kami  Nabi Muhammad yang dapat melepaskan beberapa kerepotan / ikatan, menghilangkan beberapa kesusahan, mendatangkan beberapa hajat, mendapatkan beberapa kesenangan, Khusnul Khatimah dan curahan rahmat sebab wajah mulia pada tiap saat dan atas nafas sebanyak yang engkau ketahui, dengan kerahmatan-Mu Dzat Yang Paling Belas Kasih."

Faedah Membaca Shalawat Nariyah

Berikut ini adalah beberapa faedah membaca shalawat Nariyah, antara lain:

1. Orang yang ditimpa kesusahan karena kehilangan barang, hendaklah membaca shalawat nariyah sebanyak 4444 kali ( empat ribu empat ratus empat puluh empat ), maka Insya Allah barang yang hilang tersebut akan cepat kembali.

Kalau barang tersebut diambil oleh seseorang dan tidak dikembalikan maka orang itu akan mengalami musibah dengan kehendak Allah SWT.

Sehubungan dengan hal itu, maka do’a yang dibaca setelah membaca shalawat Nariyah ini, boleh dengan bahasa Indonesia, yaitu:

“Ya Allah: dengan berkah shalawat Nariyah ini, saya mohon Engkau kembalikan barang saya”.

Do’a ini dibaca 11 kali dengan hati yang penuh harap dan sungguh – sungguh.

2. Dibaca sebanyak 444 kali secara sendirian atau berjamaah maka akan dapat melancarkan rezeki, menjauhkan dari gangguan orang jahat, dan memudahkan tercapainya hajat besar.

3. Dibaca sebanyak 40 kali setiap hari, maka akan dapat menghilangkan segala macam kesusahan, memudahkan semua pekerjaan, menerangkan hati, meluhurkan pangkat, memperbaiki budi pekerti, menghindarkan dari mala petaka dan perbuatan buruk.

4. Dibaca sebanyak 21 kali ( dua puluh satu kali ) tiap-tiap habis shalat subuh dan magrib, maka akan menjaga dari musibah dan malapetaka apapun.

5. Dibaca sebanyak 11 kali ( sebelas kali ) tiap-tiap habis shalat lima waktu (shalat maktubah), maka akan menjaga bala’ (kerusakan) lahir dan batin. 

Syaikh sanusi berkata: “Barang siapa secara rutin membaca Shalawat Nariyah ini setiap hari 11 kali, maka Allah SWT. Menurunkan rizkinya dari langit dan mengikutkan rizkinya dari belakang”.

Imam Addainuri berkata : “Barang siapa yang membaca shalawat Nariyah 11 kali tiap-tiap habis shalat fardhu dan dibuat wirid, maka tidaklah putus-putus rizkinya, memperoleh pangkat luhur dan kekayaan”

Demikianlah makna dan faedah shalawat nariyah, semoga kita termasuk orang - orang yang rajin melantunkan shalawat Nabi sehingga akan mendapatkan syafa'at dari Rasulullah SAW kelak di akhirat nanti.

Post a Comment for " Makna dan Faedah Shalawat Nariyah"