--> Skip to main content

Ajaran Islam Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakit


Ajaran Islam Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakit
image via [email protected]_to

Ajaran Islam Tentang Keutamaan Menjenguk Orang Sakit- Agama Islam sebagai sebuah agama yang universal memiliki semua aturan dalam setiap aspek kehidupan di dunia ini. Salah satu dari aturan tersebut adalah aturan ketika mengunjungi orang yang sedang sakit.

Dalam adama Islam, ketika seseorang mendapatkan sakit, maka sesungguhnya dosa-dosa orang yang sakit tersebut akan diampuni oleh Allah SWT, sesuai dengan tingkat keparahan dari penyakit yang dia derita. Jadi dalam agama Islam, penyakit  tidak dianggap sebagai hukuman dari Allah SWT, akan tetapi justru akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Kesehatan dan penyakit adalah dua hal yang selalu berjalan secara berdampingan dalam kehidupan kita. Setiap orang akan mendapatkan sakit setiap saat atau menderita cedera yang berbeda - beda. Dan menurut ajaran agama Islam, ketika ada saudara seiman yang sedang sakit maka kita dianjurkan untuk menjenguknya. 

Rasulullah SAW sendiri pernah berkata,  "Seorang Muslim mengunjungi saudara yang sakit akan terus berada di Khurfa surga sampai dia, atau dia datang kembali ke rumah ".

Dalam sebuah hadits yang lain, Rsulullah SAW juga telah bersabda:

حَقُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ سِتٌّ. قِيْلَ: مَا هُنَّ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: إِذَا لَقِيْتَهُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ، وَإِذَا دَعَاكَ فَأَجِبْهُ، وَإِذَا اسْتَنْصَحَكَ فَانْصَحْ لَهُ، وَإِذَا عَطَسَ فَحَمِدَ اللَّهَ فَسَمِّتْهُ، وَإِذَا مَرِضَ فَعُدْهُ، وَإِذَا مَاتَ فَاتَّبِعْهُ

Artinya:
Sahabat bertanya: Apa saja, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Bila engkau bertemu dengannya maka ucapkanlah salam, bila ia mengundangmu maka hadirilah, bila ia meminta nasihat maka nasihatilah, bila ia bersin dan memuji Allah (mengucap: alhamdulillah) maka jawablah (dengan mengucapkan: yarhamukallah), bila ia sakit maka jenguklah, dan bila ia meninggal dunia maka antarkanlah (jenazahnya hingga makam).” (HR. Muslim, no. 2162)

Walaupun dalam agama Islam, anjuran untuk membesuk orang yang sedang sakit sangat di anjurkan, akan tetapi agama Islam memiliki aturan dan cara untuk menjenguk orang sakit, antara lain:

1. Berdoa untuk orang yang sakit agar segera disembuhkan

Ketika kita menjenguk orang sakit, maka kita dianjurkan untuk membacakan do'a agar orang yang sedang sakit tersebut segera di sembuhkan dan diangkat penyakitnya oleh Allah SWT. Kita berdo'a agar kiranya orang yang sedang sakit tersebut dapat segera puluh kembali dan dapat beraktifitas sebagaimana yang biasa dia lakukan ketika belum sakit.

Mengutip dari bincangsyariah.com, berikut ini adalah bacaan do'a ketika menjenguk orang yang sedang sakit, yaitu:

Do'a pertama:

لاَ بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Artinya:
Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, Insya Allah.

Do'a kedua (sambil memegang tangan orang yang sakit) baca do'a berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِى لا شِفَاءَ إِلا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لا يُغَادِرُ سَقَمًا
Artinya:
"Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah sakit (ini), sembuhkanlah ia, Engkau adalah Dzat Yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan  dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan sakit."

2. Lama kunjungan

Kunjungan Anda jangan terlalu lama dan panjang karena orang yang sedang sakit tidak dapat menerima kunjungan dalam waktu yang lama. Lamanya waktu kunjungan hendaknya seperti lamanya waktu diantara dua khotbah dari shalat Jumat. Seorang Muslim dianjurkan untuk mengunjungi saudara-saudaranya yang sedang sakit setiap hari ketiga.

3. Menjaga Adab saat berkunjung

Seorang Muslim harus mencoba untuk membuat orang yang sedang sakit merasa berbahagia dan melupakan kesedihannya. Kita hendaknya mengenakan pakaian rapi dan harus menerapkan aroma yang tidak menjengkelkan bagi orang yang sedang sakit tersebut.

Selain itu, janganlah membicarakan hal - hal yang sedih dan suram kepada orang yang sedang sakit dan selalu mendiskusikan topik yang mengundang keceriaan dan kebahagiaan. Jangan berbicara tentang alasan dan rincian penyakit yang dia derita karena Anda bukanlah seorang dokter spesialis. 

Setiap Muslim harus selalu bersyukur kepada Allah terlepas dari apakah dia sedang dalam keadaan sehat atau sakit. Jika Anda jatuh sakit, bersyukur kepada Allah SWT karena telah mengampuni dosa - dosa Anda. Mengunjungi dan menjenguk orang sakit akan membuatnya merasa berbahagia dan itu akan menjadi tambahan semangat serta sugesti bagi dirinya untuk segera sembuh dari penyakit yang dia derita.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar