Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Do'a Harian Terlengkap Dan Artinya


Kumpulan Do'a Harian Terlengkap Dan Artinya

Do'a adalah sebuah sarana bagi kita untuk lebih mendekatkan diri pada allah Subhananhu Wata'ala. Dengan berdo'a menunjukkan kepada kita bahwa Allah adalah yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang. Allah lah sang Maha Kaya tempat kita meminta dan tempat kita bergantung. Dengan berdo'a maka diri kita akan di jauhkan dari rasa congkak dan sombong.

Do'a adalah sebuah sarana penting bagi kita yang mengharapkan  keberkahan dalam hidup serta ridlo dari Allah Subhananhu Wata'ala. Jika bukan karena Allah, maka kita tidak akan mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Kebiasaan berdo'a ini juga perlu kita ajarkan kepada anak - anak kita agar mereka menjadi anak yang shaleh dan shalekhah kelak.

Berikut Ini Aadalah Kumpulan Do'a Harian Dan Artinya, antara lain :

1. Do'a menjelang shubuh.

Waktu Shubuh adalah waktu yang sangat agung dan utama dalam agama Islam. Dalam sebuah Hadist menyebutkan bahwa shalat dua rakaat sebelum shubuh itu lebih baik dan berharga daripada dunia dan segala isinya.

Do'a menjelang subuh:

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍِﻧِّﻰ ﺍَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺿِﻴْﻖِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺿِﻴْﻖِ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ

Artinya:"Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesempitan dunia dan kesempitan hari kiamat". (HR. Abu Daud).

2. Do'a Niat Wudhu

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺍﻟْﻮُﺿُﻮْﺀَ ﻟِﺮَﻓْﻊِ ﺍﻟْﺤَﺪَﺙِ ﺍْﻻَﺻْﻐَﺮِ ﻓَﺮْﺿًﺎ ﻟِﻠّٰﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Artinya :'Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala".

3. Do'a Setelah Wudhu

ﺍَﺷْﻬَﺪُ ﺍَﻥْ ﻻَّﺍِﻟَﻪَ ﺍِﻻَّﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺣْﺪَﻩُ ﻻَﺷَﺮِﻳْﻚَ ﻟَﻪُ ﻭَﺍَﺷْﻬَﺪُ ﺍَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ . ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻰْ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺘَّﻮَّﺍﺑِﻴْﻦَ ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻨِﻰْ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺘَﻄَﻬِّﺮِﻳْﻦَ


Artinya:"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci".


4. Do'a Menyambut Pagi Hari

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺑِﻚَ ﺍَﺻْﺒَﺤْﻨَﺎ ﻭَﺑِﻚَ ﺍَﻣْﺴَﻴْﻨَﺎ ﻭَﺑِﻚَ ﻧَﺤْﻴَﺎ ﻭَﺑِﻚَ ﻧَﻤُﻮْﺕُ ﻭَﺍِﻟَﻴْﻚَ ﺍﻟﻨُّﺸُﻮْﺭُ

Artinya :"Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali".

5. Do'a Menjelang Petang

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺑِﻚَ ﺍَﻣْﺴَﻴْﻨَﺎ ﻭَﺑِﻚَ ﺍَﺻْﺒَﺤْﻨَﺎ ﻭَﺑِﻚَ ﻧَﺤْﻴَﺎ ﻭَﺑِﻚَ ﻧَﻤُﻮْﺕُ ﻭَﺍِﻟَﻴْﻚَ ﺍﻟْﻤَﺼِﻴْﺮُ

Artinya :"Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau kami hidup dan mati dan kepada-Mu juga kami akan kembali".

6. Do'a Saat Bersiwak

Bersiwak adalah merupakan salah satu sunnah Nabi SAW.
Do'a bersiwak sebagai berikut :

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺑَﻴِّﺾْ ﺑِﻪِ ﺃَﺳْﻨَﺎﻧِﻲْ ﻭَﺷُﺪَّ ﺑِﻪِ ﻟِﺜَّﺘِﻲْ ﻭَﺛَﺒِّﺖْ ﺑِﻪِ ﻟَﻬَﺎﺗِﻲ ﻭَﺃَﻓْﺼِﺢْ ﺑِﻪِ ﻟِﺴَﺎﻧِﻲْ ﻭَﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟِﻲْ ﻓِﻴْﻪِ ﻭَﺃَﺛِﺒْﻨِﻲْ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻳَﺂ ﺃَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴْﻦَ

Artinya :"Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut) dan fasihkan lidahku dengan siwak itu serta berkatilah siwak tersebut dan berilah pahala aku karenanya wahai Dzat paling mengasihi diantara para pengasih".

7. Do'a Setelah Adzan

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺭَﺏَّ ﻫﺬِﻩِ ﺍﻟﺪَّﻋْﻮَﺓِ ﺍﻟﺘَّﺂﻣَّﺔِ، ﻭَﺍﻟﺼَّﻼَﺓِ ﺍﻟْﻘَﺂﺋِﻤَﺔِ، ﺁﺕِ ﻣُﺤَﻤَّﺪَﺍﻥِ ﺍﻟْﻮَﺳِﻴْﻠَﺔَ ﻭَﺍﻟْﻔَﻀِﻴْﻠَﺔَ ﻭَﺍﻟﺸَّﺮَﻑَ ﻭَﺍﻟﺪَّﺭَﺟَﺔَ ﺍﻟْﻌَﺎﻟِﻴَﺔَ ﺍﻟﺮَّﻓِﻴْﻌَﺔَ ﻭَﺍﺑْﻌَﺜْﻪُ ﻣَﻘَﺎﻣًﺎﻣَﺤْﻤُﻮْﺩَﺍﻥِ ﺍﻟَّﺬِﻯْ ﻭَﻋَﺪْﺗَﻪُ ﺍِﻧَّﻚَ ﻻَﺗُﺨْﻠِﻒُ ﺍﻟْﻤِﻴْﻌَﺎﺩَ ﻳَﺂﺍَﺭْﺣَﻢَ ﺍﻟﺮَّﺣِﻤِﻴْﻦَ

Artinya :
"Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang".

8. Do'a Setelah Iqamah

ﺍَﻗَﺎﻣَﻬَﺎﺍﻟﻠﻪُ ﻭَﺍَﺩَﺍﻣَﻬَﺎ ﻣَﺎﺩَﺍﻣَﺖِ ﺍﻟﺴَّﻤَﻮَﺍﺕُ ﻭَﺍْﻻَﺭْﺽُ

Artinya :"Semoga Allah menegakkan dan mengekalkan shalat selama masih ada langit dan bumi".

9. Do'a Menuju Ke Masjid

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﺟْﻌَﻞْ ﻓِﻰْ ﻗَﻠْﺒِﻰ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻓِﻰ ﻟِﺴَﺎﻧِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻓِﻰْ ﺑَﺼَﺮِﻯْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻓِﻰْ ﺳَﻤْﻌِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻋَﻦْ ﻳَﺴَﺎﺭِﻯْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻋَﻦْ ﻳَﻤِﻴْﻨِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﻓَﻮْﻗِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﺗَﺤْﺘِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﺍَﻣَﺎﻣِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﺧَﻠْﻔِﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَﺍﺟْﻌَﻞْ ﻟِّﻰْ ﻧُﻮْﺭًﺍ

Artinya :"Ya Allah, jadikanlah dihatiku cahaya, pada lisanku cahaya dipandanganku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.” (H.R. Bukhari dan Muslim)".

10. Do'a Masuk Masjid

ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺍﻓْﺘَﺢْ ﻟِﻲْ ﺍَﺑْﻮَﺍﺏَ ﺭَﺣْﻤَﺘِﻚَ

Artinya :"Wahai Tuhanku, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu".

11. Do'a Keluar Dari Masjid

ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺍِﻧِّﻲْ ﺃﺳْﺄَﻟُﻚَ ﻣِﻦْ ﻓَﻀْﻠِﻚَ

Artinya : "Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu".

12. Do'a Ketika Mau Membaca Al-quran

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻓْﺘَﺢْ ﻋَﻠَﻰَّ ﺣِﻜْﻤَﺘَﻚَ ﻭَﺍﻧْﺸُﺮْ ﻋَﻠَﻰَّ ﺭَﺣْﻤَﺘَﻚَ ﻭَﺫَﻛِّﺮْﻧِﻰْ ﻣَﺎﻧَﺴِﻴْﺖُ ﻳَﺎﺫَﺍﺍﻟْﺠَﻼَﻝِ ﻭَﺍْﻻِﻛْﺮَﺍﻡِ

Artinya :"Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan".

13. Do'a Setelah Membaca Al-quran


ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﺭْﺣَﻤْﻨِﻰْ ﺑِﺎﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ . ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟِﻰْ ﺍِﻣَﺎﻣًﺎ ﻭَﻧُﻮْﺭًﺍ ﻭَّﻫُﺪًﻯ ﻭَّﺭَﺣْﻤَﺔً . ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺫَﻛِّﺮْﻧِﻰْ ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎﻧَﺴِﻴْﺖُ ﻭَﻋَﻠِّﻤْﻨِﻰْ ﻣِﻨْﻪُ ﻣَﺎﺟَﻬِﻠْﺖُ . ﻭَﺍﺭْﺯُﻗْﻨِﻰْ ﺗِﻼَ ﻭَﺗَﻪُ ﺁﻧَﺂﺀَ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻭَﺍَﻃْﺮَﺍﻑَ ﺍﻟﻨَّﻬَﺎﺭٍ . ﻭَﺍﺟْﻌَﻠْﻪُ ﻟِﻰْ ﺣُﺠَّﺔً ﻳَﺎﺭَﺏَّ ﺍﻟْﻌَﺎﻟَﻤِﻴْﻦَ

Artinya :"Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku ikutan cahaya petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa dan ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerahkanlah padaku kesempatan membacanya pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam".

14. Do'a Masuk Ke Dalam Rumah

ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺍِﻧّﻰْ ﺍَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﺍﻟْﻤَﻮْﻟِﺞِ ﻭَﺧَﻴْﺮَﺍﻟْﻤَﺨْﺮَﺝِ ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻭَﻟَﺠْﻨَﺎ ﻭَﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺧَﺮَﺟْﻨَﺎ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﺭَﺑّﻨَﺎ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﻨَﺎ

Artinya :"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal".

15. Do'a Keluar Rumah

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺖُ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟﻠﻪِ ﻻَﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻻَﻗُﻮَّﺓَ ﺍِﻻَّ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ

Artinya :"Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah".

16. Do'a Naik Kendaraan Darat

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟَّﺬِﻯْ ﺳَﺨَّﺮَﻟَﻨَﺎ ﻫَﺬَﺍ ﻭَﻣَﺎﻛُﻨَّﺎﻟَﻪُ ﻣُﻘْﺮِﻧِﻴْﻦَ ﻭَﺍِﻧَّﺂ ﺍِﻟَﻰ ﺭَﺑّﻨَﺎ ﻟَﻤُﻨْﻘَﻠِﺒُﻮْﻥَ

Artinya :"Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami".

17. Do'a Naik Kendaraan Laut

ﺑِﺴْﻢِ ﺍﻟﻠﻪِ ﻣَﺠْﺮَﻫَﺎ ﻭَﻣُﺮْﺳَﻬَﺂ ﺍِﻥَّ ﺭَﺑّﻰْ ﻟَﻐَﻔُﻮْﺭٌﺭَّﺣِﻴْﻢٌ

Artinya :"Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih".

18. Do'a Ketika Sampai Ditempat Tujuan

ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯ ﺳَﻠَﻤَﻨِﻰ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻯ ﺍَﻭَﻧِﻰ ﻭَﺍﻟَّﺬِﻯ ﺟَﻤَﻊَ ﺍﻟﺸَّﻤْﻞَ ﺏِ

Artinya:"Segala puji bagi Allah, yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkanku dengan keluargaku".

19. Do'a Supaya Diberikan Rezeki Yang Berkah

ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻯْ ﺭَﺯَﻗَﻨِﻰْ ﻫﺬَﺍ ﻣِﻦْ ﺧَﻴْﺮِ ﺣَﻮْﻝٍ ﻣِﻨِّﻰ ﻭَﻻَﻗُﻮَّﺓٍ، ﺍَﻟﻠﻬُﻢَّ ﺑَﺎﺭِﻙْ ﻓِﻴْﻪِ

Artinya :"Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku".

20. Do'a Agar Selamat Dunia Akhirat

ﺭَﺑَّﻨَﺎ ﺃَﺗِﻨَﺎ ﻓِﻰ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﺣَﺴَﻨَﺔً ﻭَﻓِﻲ ﺍْﻷَﺧِﺮَﺓِ ﺣَﺴَﻨَﺔً ﻭَﻗِﻨَﺎ ﻋَﺬَﺍﺏَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

Artinya :"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka".

21. Do'a Untuk Kedua Orang Tua

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْﻟِﻲْ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪَﻱَّ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻬُﻤَﺎﻛَﻤَﺎﺭَﺑَّﻴَﺎﻧِﻲْ ﺻَﻐِﻴْﺮَﺍ

Artinya:"Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil".

22. Do'a Mohon Ampunan Dosa Untuk Kedua Orang Tua

ﺍَﻟﻠّٰﻬُﻢَّ ﺍﻏْﻔِﺮْﻟِﻰْ ﺫُﻧُﻮْﺑِﻰْ ﻭَﻟِﻮَﺍﻟِﺪَﻯَّ ﻭَﺍﺭْﺣَﻤْﻬُﻤَﺎ ﻛَﻤَﺎ ﺭَﺑَّﻴَﺎﻧِﻰْ ﺻَﻐِﻴْﺮًﺍ . ﻭَﻟِﺠَﻤِﻴْﻊِ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ،ﺍَﻟْﺎَﺣْﻴَﺂﺀِ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﻭَﺍْﻻَﻣْﻮَﺍﺕِ، ﻭَﺗَﺎﺑِﻊْ ﺑَﻴْﻨَﻨَﺎ ﻭَﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ﺑِﺎﻟْﺨَﻴْﺮَﺍﺕِ، ﺭَﺏِّ ﺍﻏْﻔِﺮْ ﻭَﺍﺭْﺣَﻢْ ﻭَﺍَﻧْﺖَ ﺧَﻴْﺮُﺍﻟﺮَّﺍﺣِﻤِﻴْﻦَ، ﻭَﻻَﺣَﻮْﻝَ ﻭَﻻَﻗُﻮَّﺓَ ﺍِﻻَّﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﺍﻟْﻌَﻠِﻲِّ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢِ

Artinya :"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan.Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu".

23. Do'a Minta Turun Hujan

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺃَﺳْﻘِﻨَﺎ ﻏَﻴْﺜًﺎ ﻣُﻐِﻴْﺜًﺎ ﻣَﺮِﻳْﺌًﺎ ﻣَﺮِﻳْﻌًﺎ، ﻧَﺎﻓِﻌًﺎ ﻏَﻴْﺮَ ﺿَﺎﺭٍّ، ﻋَﺎﺟِﻼً ﻏَﻴْﺮَ ﺁﺟِﻞٍ

Artinya :"Ya Allah, Berilah kami hujan yang merata, menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat, tidak membahayakan. Kami mohon hujan secepatnya, tidak ditunda-tunda".(HR. Abu Daud).

Itulah artikel tentang  Kumpulan Do'a Harian Terlengkap Dan Artinya, semoga bisa menjadi referensi bagi Anda dan bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah Subhananhu Wata'ala.


referensi : ejuna.blogspot.com

Posting Komentar untuk "Kumpulan Do'a Harian Terlengkap Dan Artinya"