Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 101-114 Dan Kandungannya


Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 101-114 Dan Kandungannya
image : pixabay

Melanjutkan kembali artikel sebelumnya mengenai nama surah dalam Al-Qur'an dan kandungannya, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan nama surah dalam Al-Qur'an ke 101-114 dan kandungannya, yaitu :

101. SURAH AL-QAARI'AH (HARI KIAMAT)

Surah Al-Qaari'ah adalah surah keseratus satu dalam Al-Qur'an. Surah Al-Qaari'ah terdiri dari 11 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah.

Disebut sebagai surah Al-Qaari'ah karena di dalamnya terdapat kata Al-Qaari'ah yang mempunyai arti menggebrak atau mengguncang yaitu pada ayat pertama surah ini. arti tersebut diartikan juga sebagai hari kiamat.


Kandungan pokok dari  surah ini adalah kejadian-kejadian pada hari kiamat, dimana manusia bertebaran, gunung berhamburan dan bertabrakan, amal perbuatan manusia ditimbang dan ancaman siksaan neraka Hawiyah.


Firman Allah SWT sebagai berikut :







102. SURAH AT-TAKATSUR (BERMEGAH-MEGAH)

Surah At-Takatsur adalah surah keseratus dua dalam Al-Qur'an. Surah At-Takatsur terdiri dari 8 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah At-Takatsur karena di dalamnya terdapat At-Takatsur yang mempunyai arti bermegah- megah yaitu pada ayat pertama surah ini. 

Firman Allah SWT sebagai berikut :





103. SURAH AL-'ASHR (MASA)

Surah Al-'Ashr adalah surah keseratus tiga dalam Al-Qur'an. Surah Al-'Ashr terdiri dari 3 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 
Disebut sebagai surah Al-'Ashr karena di dalamnya terdapat kata Al-'Ashr yang mempunyai arti masa yaitu pada ayat pertama surah ini.

Kandungan pokok dari  surah ini adalah mengabarkan kepada manusia bahwa sesungguhnya manusia itu berada dalam kerugian, kecuali orang - orang yang beramal shaleh dan saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

Firman Allah SWT  sebagai berikut :


104. SURAH AL-HUMAZAH (PENGUMPAT)

Surah Al-Humazah adalah surah keseratus empat dalam Al-Qur'an. Surah Al-Humazah terdiri dari 9 ayat dan termasuk dalam kelompok surah makkiyah.

Disebut sebagai surah Al-Humazah karena di dalamnya terdapat Al-Humazah yang berarti pengumpat yakni pasda ayat pertama surah ini. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah ancaman dari Allah SWT kepada orang yang suka mencela orang lain, mengumpat kepada orang lain dan juga ancaman bagi orang yang menumpuk harta namun tidak mau menafkahkannya di jalan Allah SWT.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



105. SURAH AL-FIIL (GAJAH)

Surah Al-Fiil adalah surah keseratus lima dalam Al-Qur'an. Surah Al-Fiil terdiri dari 99 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Fill karena di dalamnya terdapat kata Al-Fill yang mempunyai arti gajah yaitu pada ayat pertama surah ini. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah menceritakan kisah gagalnya rencana penyerangan dan penghancuran ka'bah yang di lakukan oleh seorang raja dari Yaman yakni Abrahah dengan 60 ribu bala tentara gajahnya.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke sebagai berikut :




106. SURAH AL-QURAISY (SUKU QURAISY)

Surah Al-Quraisy adalah surah keseratus enam dalam Al-Qur'an. Surah Al-Quraisy terdiri dari 4 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 


Disebut sebagai surah Al-Quraisy karena di dalamnya terdapat kata Al-Quraisy yang mempunyai arti suku Quraisy yakni pada ayat pertama surah ini. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah menceritakan kisah kehidupan suku Quraisy yang di percaya oleh Allah SWT untuk menjadi penjaga ka'bah dan juga tentang kehidupan keseharian mereka.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



107. SURAH AL-MAA'UUN (BARANG YANG BERGUNA)

Surah Al-Maa'uun adalah surah keseratus tujuh dalam Al-Qur'an. Surah l-Maa'uun terdiri dari 7 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Maa'uun karena di dalamnya terdapat kata Al-Maa'uun yang mempunyai arti hal - hal yang berguna yakni pada ayat terakhir surah ini. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah menceritakan dan menjelaskan ancaman terhadap mereka yang tergolong menodai agama yakni mereka yang menindas anak yatim, tidak menolong orang yang meminta-meminta, riya' (ingin dipuji sesama manusia) dalam salatnya, serta enggan menolong dengan barang-barang yang berguna .

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



108. SURAH AL-KAUTSAR (NIKMAT YANG BANYAK)

Surah Al-Kautsar adalah surah keseratus delapan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Kautsar terdiri dari 3 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. Surah Al-Kautsar merupakan surah terpendek dalam Al-Qur'an.

Disebut sebagai surah Al-Kautsar karena di dalamnya terdapat kata Al-Kautsar yang mempunyai arti nikmat yang banyak. 

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



109. SURAH AL-KAAFIRUUN (ORANG-ORANG KAFIR)

Surah Al-Kaafiruun adalah surah keseratus sembilan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Kaafiruun terdiri dari 6 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Kaafiruun karena di dalamnya terdapat kata Al-Kaafiruun yang berarti orang - orang kafir yakni pada ayat pertama surah ini. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah tidak di perbolehkannya mencampur adukkan dan kompromi dalam soal agama dengan siapapun.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



110. SURAH AN-NASHR (PERTOLONGAN)

Surah An-Nashr adalah surah keseratus sepuluh dalam Al-Qur'an. Surah An-Nashr terdiri dari 3 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah madaniyah. 

Disebut sebagai surah An-Nashr karena berkenaan dengan kandungan surah ini yaitu tentang datangnya pertolongan Allah SWT dan datangnya kemenangan. 

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



111. SURAH AL-LAHAB (GEJOLAK API)

Surah Al-Lahab adalah surah keseratus sebelas dalam Al-Qur'an. Surah Al-Lahab terdiri dari 5 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Lahab karena di dalam surah tersebut terdapat kata Al-Lahab yang mempunyai arti api yang bergejolak. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah menceritakan nasib dari salah seorang paman Nabi Muhammad SAW yakni Abu Lahab dan juga istrinya yang di ancam dengan siksa api neraka.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :



112. SURAH AL-IKHLAS (MEMURNIKAN KE-ESAAN ALLAH).

Surah Al-Ikhlas adalah surah keseratus duabelas dalam Al-Qur'an. Surah Al-Ikhlas terdiri dari 4 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Ikhlas karena di dalam surah tersebut menegaskan ke-esaan Allah SWT dan juga menolak segala macam hal yang menyekutukannya. 

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


113. SURAH AL-FALAQ (WAKTU SUBUH)

Surah Al-Falaq adalah surah keseratus tigabelas dalam Al-Qur'an. Surah Al-Falaq terdiri dari 5 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Falaq karena di dalam surah tersebut terdapat kata Al-Falaq yang mempunyai arti waktu subuh yaitu pada ayat pertama surah.

Kandungan pokok dari  surah ini adalah perintah kepada manusia agar senantiasa memohon pertolongan kepada Allah SWT dari segala bentuk keburukan.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


114. SURAH AN-NAAS (MANUASIA)

Surah An-Naas adalah surah keseratus empatbelas dalam Al-Qur'an. Surah An-Naas terdiri dari 6 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah An-Naas karena di dalam surah tersebut banyak terdapat kata An-Naas yang mempunyai arti manusia. 

Kandungan pokok dari  surah ini adalah perintah kepada manusia agar senantiasa memohon pertolongan kepada Allah SWT dari hasutan syaitan yang menyelinap kedalam diri.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


Demikianlah pembahasan Al-Qur'an surah ke 101 sampai dengan ke 114 dan kandungannya. Semoga bermanfaat dan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 101-114 Dan Kandungannya"