--> Skip to main content

Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 41-50 Dan Kandungannya


Nama Surah Dalam Al-Qur'an Ke 41-50 Dan Kandungannya
Sumber gambar : pixabay

Santrikampung- Melanjutkan postingan artikel sebelumnya maka berikut ini saya akan melanjutkan artikel mengenai kandungan surah dalam Al-Quran. Kali ini saya akan ulas surah ke 41 sampai dengan surah ke 50.


41. Surah Fush-Shilat (Yang di jelaskan)

Surah Fush-Shilat adalah surah keempatpuluh satu dalam Al-Qur'an. Surah Fush-Shilat terdiri dari 54 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Fush-Shilat karena mengambil kata Fushilat yang terdapat pada permulaan surah tersebut. 

Firman Allah SWT adalah sebagai berikut :

حم
تَنْزِيلٌ مِنَ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
كِتَابٌ فُصِّلَتْ آيَاتُهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لِقَوْمٍ يَعْلَمُونَ
Artinya:
1.Haa Miim
2.Diturunkan dari Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
3.Kitab yang dijelaskan ayat-ayatnya, yakni bacaan dalam bahasa Arab, untuk kaum yang mengetahui

42. Surah Asy-Syuraa (Musyawarah)

Surah Asy-Syuura adalah surah keempatpuluh dua dalam Al-Qur'an. Surah Asy-Syuura terdiri dari 53 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Asy-Syuura karena di dalamnya terdapat kata tersebut yaitu pada ayat ke 38, sebagai berikut :

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَىٰ بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ
Artinya:
Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.

43. Surah AZ-Zukhruf (Perhiasan)

Surah AZ-Zukhruf adalah surah keempatpuluh tiga dalam Al-Qur'an. Surah AZ-Zukhruf terdiri dari 89 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah AZ-Zukhruf karena di dalamnya terdapat kata AZ-Zukhruf yang mempunyai arti perhiasan yaitu pada ayat ke 35. 
Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


وَزُخْرُفًا ۚ وَإِنْ كُلُّ ذَٰلِكَ لَمَّا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۚ وَالْآخِرَةُ عِنْدَ رَبِّكَ لِلْمُتَّقِينَ

Artinya:
Dan (Kami buatkan pula) perhiasan-perhiasan (dari emas untuk mereka). Dan semuanya itu tidak lain hanyalah kesenangan kehidupan dunia, dan kehidupan akhirat itu di sisi Tuhanmu adalah bagi orang-orang yang bertakwa.

44. Surah AD-Dukhan (Kabut)

Surah Ad-Dukhan adalah surah keempatpuluh empat dalam Al-Qur'an. Surah Ad-Dukhan terdiri dari 59 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Ad-Dukhan karena di dalamnya terdapat kata dukhan yang berarti kabut yaitu pada ayat ke 10. 
Di dalam surah tersebut dielaskan bagaimana sikap orang-orang kafir di Mekah yang menghalang-halangi dakwah agama Islam dan mendurhakai Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu Nabi SAW kemudian memohon kepada Allah SWT agar diturunkan azab sebagaimana yang dialami oleh kaum Nabi Yusuf AS yaitu berupa musim kemarau yang panjang. 

Doa Nabi SAW kemudian terkabul dan mereka mengalami kelaparan, kemudian mereka selalu menengadahkan tangan mereka ke langit memohon agar diturunkan hujan oleh Allah SWT, namun tidak ada yang mereka lihat dan mereka dapatkan kecuali hanyalah kabut yang bergumpal - gumpal.


Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ

Artinya:
Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata

45. Surah Al-Jaatsiyah (Yang Berlutut)

Surah Al-Jaatsiyah adalah surah keempatpuluh lima dalam Al-Qur'an. Surah Al-Jaatsiyah terdiri dari 37 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Al-Jaatsiyah karena di dalamnya terdapat kata Jaatsiyah yang mempunyai arti yang berlutu yaitu pada ayat ke 28 .
Di dalam surah tersebut diterangkan bagaimana nanti di hari kiamat semua manusia akan dikumpulkan dan dimintai pertanggungjawabannya atas segala amal perbuatan mereka selama hidup di dunia, dimana mereka akan menghadap Allah SWT dalam keadaan sambil berlutut.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut terdapat pada ayat ke sebagai berikut :


وَتَرَىٰ كُلَّ أُمَّةٍ جَاثِيَةً ۚ كُلُّ أُمَّةٍ تُدْعَىٰ إِلَىٰ كِتَابِهَا الْيَوْمَ تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Artinya:
Dan (pada hari itu) kamu lihat tiap-tiap umat berlutut. Tiap-tiap umat dipanggil untuk (melihat) buku catatan amalnya. Pada hari itu kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu kerjakan.

46. Surah Al- Ahqaaf (Bukit Pasir)

Surah Al-Ahqaaf adalah surah keempatpuluh enam dalam Al-Qur'an. Surah Al-Ahqaaf terdiri dari 35 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 


Disebut sebagai surah Al-Ahqaaf karena di dalamnya terdapat kata Al Ahqaaf yang mempunyai arti bukit pasir yaitu pada ayat ke 21. 

Firman Allah SWT tentang hal tersebut adalah  sebagai berikut :

وَاذْكُرْ أَخَا عَادٍ إِذْ أَنْذَرَ قَوْمَهُ بِالْأَحْقَافِ وَقَدْ خَلَتِ النُّذُرُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا اللَّهَ إِنِّي أَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ عَظِيمٍ
Artinya:
Dan ingatlah (Hud) saudara kaum 'Aad yaitu ketika dia memberi peringatan kepada kaumnya di Al Ahqaaf dan sesungguhnya telah terdahulu beberapa orang pemberi peringatan sebelumnya dan sesudahnya (dengan mengatakan): "Janganlah kamu menyembah selain Allah, sesungguhnya aku khawatir kamu akan ditimpa azab hari yang besar".

47. Surah  Muhammad (Nabi Muhammad SAW)

Surah Muhammad adalah surah keempat puluh tujuh dalam Al-Qur'an. Surah An-Naml terdiri dari 38 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah madaniyah. 

Disebut sebagai surahMuhammad karena di dalamnya terdapat kata Muhammad yaitu pada ayat ke 2.
Firman Allah SWT sebagai berikut :

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَآمَنُوا بِمَا نُزِّلَ عَلَىٰ مُحَمَّدٍ وَهُوَ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۙ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَأَصْلَحَ بَالَهُمْ
Artinya:
Dan orang-orang mukmin dan beramal soleh serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad dan itulah yang haq dari Tuhan mereka, Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan memperbaiki keadaan mereka.

48. Surah Al-Fath (Kemenangan)

Surah Al-Farh adalah surah keempatpuluh delapan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Fath terdiri dari 29 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah madaniyah. 

Disebut sebagai surah Al-Fath karena di dalamnya terdapat kata Fath Han yang mempunyai arti kemenangan yaitu pada permulaan surah.

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :


إِنَّا فَتَحْنَا لَكَ فَتْحًا مُبِينًا
لِيَغْفِرَ لَكَ اللَّهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ وَيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكَ وَيَهْدِيَكَ صِرَاطًا مُسْتَقِيمًا

Artinya:
1. Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu kemenangan yang nyata.

2. supaya Allah memberi ampunan kepadamu terhadap dosamu yang telah lalu dan yang akan datang serta menyempurnakan nikmat-Nya atasmu dan memimpin kamu kepada jalan yang lurus.

49. Surah Al-Hujurat (Kamar - kamar)

Surah Al-Hujurat adalah surah keempatpuluh sembilan dalam Al-Qur'an. Surah Al-Hujurat terdiri dari 18 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah madaniyah. 

Disebut sebagai surah Al-Hujurat karena di dalamnya terdapat kata Al Hujurat yang mempunyai arti kamar-kamar yaitu pada ayat ke 4. 

Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :

إِنَّ الَّذِينَ يُنَادُونَكَ مِنْ وَرَاءِ الْحُجُرَاتِ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْقِلُونَ
Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang memanggil kamu dari luar kamar(mu) kebanyakan mereka tidak mengerti.

50. Surah Qaaf (Qaaf)

Surah Qaaf adalah surah kelimapuluh dalam Al-Qur'an. Surah Qaaf terdiri dari 45 ayat dan termasuk kedalam kelompok surah makkiyah. 

Disebut sebagai surah Qaaf karena di awali dengan huruf Qaaf.
Firman Allah SWT tentang hal tersebut sebagai berikut :

ق ۚ وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ
بَلْ عَجِبُوا أَنْ جَاءَهُمْ مُنْذِرٌ مِنْهُمْ فَقَالَ الْكَافِرُونَ هَٰذَا شَيْءٌ عَجِيبٌ
Artinya:
1. Qaaf Demi Al Quran yang sangat mulia.

2. (Mereka tidak menerimanya) bahkan mereka tercengang karena telah datang kepada mereka seorang pemberi peringatan dari (kalangan) mereka sendiri, maka berkatalah orang-orang kafir: "Ini adalah suatu yang amat ajaib".

Demikianlah pembahasan Al-Qur'an surah ke 41 sampai dengan ke 50 dan kandungannya. Semoga bermanfaat dan semakin menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Terima kasih telah berkunjung ke blog santrikampung.com
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar