--> Skip to main content

Nama - Nama Puasa Wajib Dalam Agama Islam


Nama - Nama Puasa Wajib Dalam Agama Islam
image via pixabay


PUASA WAJIB

Santrikampung- Puasa wajib adalah puasa yang harus di kerjakan oleh setiap Muslim yang telah akil baligh dan apabila meninggalkannya dengan sengaja maka mendapatkan dosa dari Allah SWT.

Apakah Yang Termasuk Dalam Puasa Wajib Itu?

(1). PUASA RAMADHAN
Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang khusus hanya di kerjakan di bulan Ramadhan selama satu bulan penuh oleh setiap muslim . Hukum puasa Ramadhan adalah fardhu Ain bagi setiap muslim yang mukallaf ( sudah baligh dan berakal ). Perintah berpuasa di bulan Ramadhan di mulai pada tahun kedua Hijriyah, yakni setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah.
Allah SWT telah berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 185 yang intinya adalah menjelaskan bahwa Alqur’an di turunkan di bulan Ramadhan, ketentuan mengenai awal permulaan puasa dan kemudahan ( Ruhsyah ) dari Allah SWT untuk orang – orang yang tidak bisa berpuasa, karena sakit,dan sedang dalam perjalanan.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

(2). PUASA NAZAR
Kata Nazar artinya janji. Puasa Nazar artinya adalah puasa yang wajib di kerjakan oleh seorang muslim karena telah berjanji sebelumnya. Nazar merupakan sebuah janji kepada diri kita sendiri untuk berbuat kebaikan yang asalnya tidak wajib menurut syariat. Tetapi karena telah di nazarkan maka hukumnya menjadi wajib untuk di kerjakan.

Contoh puasa nazar :
Saya akan berpuasa selama 3 hari jika saya di promosikan menjadi Manager di tempat saya bekerja. Maka jika saya benar - benar di promosikan menjadi Manager, saya wajib berpuasa selama tiga hari. Tetapi jika tidak jadi di promosikan sebagai Manager saya tidak wajib untuk berpuasa.
Nazar yang di perbolehkan adalah untuk hal - hal kebaikan. Sedangkan bernazar untuk sesuatu yang tidak baik maka nazar tidak boleh di lakzukan.
Allah SWT berfirman dalam Al Qur'an surah Al Insan ayat 7 yang isinya adalah orang yang menunaikan nazar karena takut dengan murka dan azab dari Allah SWT.

يُوفُونَ بِالنَّذْرِ وَيَخَافُونَ يَوْمًا كَانَ شَرُّهُ مُسْتَطِيرًا
Artinya :
Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana.

(3). PUASA QADA'
Puasa qada’ adalah puasa yang wajib di tunaikan karena seseorang berbuka di bulan  puasa Ramadhan karena uzur syar’i, seperti sakit, sedang musafir ( dalam perjalanan ), haid, nifas dan sebagainya. Kewajiban mengganti puasa pada hari lain di luar Ramadhan adalah sebanyak jumlah hari yang dia tinggalkan. Batas waktu mengganti puasa  tersebut adalah sampai dengan datangnya bulan Ramadhan yang berikutnya. Bilamana penggantian puasa tersebut tidak dia lakukan maka dia harus membayar fidyah ( denda ).

(4). PUASA KIFARAT
Puasa kifarat adalah puasa tebusan yang di lakukan karena seseorang melanggar apa yang di haramkan oleh Allah SWT.

Hal – hal yang menyebabkan seseorang wajib menunaikan puasa kifarat antara lain :

(1). Tidak mampu membayar nazarnya.
Kifaratnya : Membayar fidyah kepada 10 orang fakir miskin atau berpuasa selama 3 ( tiga ) hari berturut - turut.

(2). Berjima’ di siang hari di bulan Ramadhan.
Kifaratnya : wajib berpuasa 2 ( dua bulan ) berturut – turut.

(3). Membunuh secara tidak sengaja.
Kifaratnya : Memerdekakan seorang hamba sahaya, atau berpuasa selama 2 ( dua ) bulan  berturut- turut.

(4). Melakukan zihar ( menyamakan istri dengan ibunya ) kepada istrinya
Kifaratnya : Memerdekakan seorang hamba sahaya, atau berpuasa selama 2 ( dua ) bulan berturut- turut.

(5). Mencukur rambut ketika ihram.
Kifaratnya : membayar fidyah 6 orang fakir miskin atau berpuasa selama 3 ( tiga ) hari.

(6). Berburu ketika ihram.
Kifaratnya : di tentukan oleh keputusan hakim yang jujur.

(7). Mengerjakan haji dan umrah dengan cara tamattu' atau qiran.
Kifaratnya : memotong seekor kambing atau puasa 10 hari ( 3 hari di tanah suci dan 7 hari di tanah air )

Demikianlah artikel dan pembahasan mengenai jenis - jenis dan apa saja puasa wajib dalam agama Islam.
Semoga semakin menambah wawasan dan pengetahuan anda semua.

Terima kasih atas kunjungannya.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar