Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keutamaan Dan Manfaat Shalat Tepat Waktu


Keutamaan Dan Manfaat Shalat Tepat Waktu
sumber gambar : pixabay

Santrikampung- Saat ini kita melihat realitas di tengah masyarakat modern di mana waktu adalah sebuah hal yang sangat berharga. Bahkan ada sebuah ungkapan " Waktu adalah uang ". Namun apakah sudah sedemikian parahkah masyarakat sekarang ini ? Apakah orientasi kita kepada urusan dunia dan harta telah mengalahkan kepentingan akhirat kita ?
Allah SWT berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 238 sebagai berikut :


حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ
Artinya:
Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu'.

Dari ayat tersebut Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk senantiasa memelihara shalat kita. Pertanyaannya adalah sudahkah kita melaksanakan perintah Allah SWT tersebut ?
Sebagai hamba Allah SWT yang beriman, kita harusnya sadar bahwa segala perintah Allah harus kita laksanakan dan kita kerjakan dengan sebaik - baiknya, termasuk salah satu di dalamnya adalah perintah mengerjakan shalat tepat waktu. Tetapi yang banyak terjadi sekarang ini kita sering menunda untuk segera mengerjakan shalat ketika sudah tiba waktunya dengan berbagai macam alasan. Mengapa untuk urusan dunia waktu kita begitu banyak tetapi untuk urusan akhirat seolah - olah tidak ada waktu ? Jika demikian, benarlah bahwa harta telah menghalangi kita untuk mengingat kepada Allah SWT. Sungguh kita adalah orang - orang yang celaka dan rugi. 

Ketika waktu shalat tiba, semua kegiatan kita yang berhubungan dengan dunia harus kita hentikan sementara waktu untuk segera mengerjakan shalat. Tidak ada alasan capek, ngantuk dan sebagainya. Bagi karyawan perusahaan, aparatur pemerintah juga demikian. Tidak ada alasan tanggung karena sedang rapat dengan pimpinan atau bawahan. Segera hentikan rapat ketika adzan telah di kumandangkan, dan rapat bisa di lanjutkan kembali nanti setelah shalat.

Keutamaan Dan Manfaat Shalat Tepat Waktu
sumber gambar : pixabay

Realitas yang terjadi adalah ketika adzan berkumandang kita seringkali tidak menghiraukannya. Bagi pedagang tetap melanjutkan aktivitas melayani pembeli dan bagi karyawan serta aparatur pemerintahan tetap melanjutkan kegiatan rapatnya. Sungguh sebuah kenyataan yang sangat ironis karena kita lebih mementingkan urusan dunia daripada perintah melaksanakan shalat. Kita hanya bisa memenuhi perintah Allah tersebut sebatas pada hari Jumat saja, dimana kita bisa hadir di masjid sebelum shalat Jumat di mulai.
Firman Allah SWT dalam surah Al-'Ankaabut ayat 45 :


اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya:
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan

Sebuah contoh yang bisa teladani adalah apa yang di lakukan oleh masyarakat Arab Saudi baik di Mekkah ataupun Madinah. Di sana kita bisa melihat bahwa pada saat adzan sudah berkumandang semua kegiatan dan aktivitas jual beli dan perkantoran berhenti total. Semua berbondong - bondong ke Masjidil Haram untuk segera melaksanakan perintah shalat. Mengapa di masyarakat kita tidak bisa meniru mereka ?

Keutamaan Dan Manfaat Shalat Tepat Waktu
sumber gambar : pixabay

Berkaca dari firman Allah SWT dalam surah Al-'Ankaabut ayat 45 diatas, shalat adalah ibadah paling utama di bandingkan dengan ibadah - ibadah yang lain. Shalat adalah amalan pertama yang akan di hisab nanti di akhirat. Jika shalat kita baik maka akan baiklah seluruh amal perbuatan kita yang lain, sementara jika shalat kita rusak maka rusaklah seluruh amal ibadah kita yang lain. 

Berikut ini adalah keutamaan dan manfaat shalat tepat waktu  yang saya sarikan dari www.dakwatuna.com yaitu sebagai berikut :


  • Dicintai oleh Allah SWT.
  • Tubuh senantiasa dalam keadaan sehat. 
  • Kita akan selalu dijaga oleh Malaikat Allah SWT.
  • Rumah kita penuh dengan keberkahan dari Allah SWT. 
  • Wajah kita nampak bersinar dan menampakkan jati diri seorang yang shaleh.
  • Hati kita akan dilunakkan oleh Allah SWT.
  • Ketika kita akan menyeberang Shiratul mustaqim (jembatan diantara syurga dan neraka)  akan tampak seperti kilat.
  • Kita akan diselamatkan oleh Allah SWT dari siksa api neraka dan Allah SWT akan menempatkan kita di syurga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati.
Semoga Allah SWT memberikan kekuatan kepada kita semua agar bisa melaksanakan ibadah shalat tepat waktu. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua, dan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Dan Manfaat Shalat Tepat Waktu "