Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika


Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika
Sumber gambar :pixabay

Santrikampung- Jika kita berbicara tentang tokoh dan ilmuwan muslim yang populer di bidang matematika jumlahnya sangat banyak karena pada masa lalu khususnya pada abad pertengahan banyak karya – karya monumental dari tokoh – tokoh dan Ilmuwan muslim yang berhasil mengubah peradaban dunia. Dari sekian banyak tokoh dan Ilmuwan tersebut ada beberapa orang Ilmuwan yang menonjol pada masanya. Dan pada artikel kali ini saya akan share beberapa orang dan tokoh ilmuwan muslim di bidang matematika yang lain, yakni :

1. AL - MAHANI ( Sang penemu pangkat tiga ).

Al-Mahani merupakan seorang ilmuwan di bidang matematika dan astronomi yang berasal dari sebuah kota yakni kota Mahan provinsi Kerman, Iran. Beliu banyak melakukan riset dan penelitian tentang gerhana bulan , gerhana matahari dan juga penelitian tentang konjungsi planet - planet. Hasil penelitiannya banyak menjadi rujukan oleh ilmuwan - ilmuwan yang lain di antaranya yaitu Ibnu Yunus.  Beliau juga banyak memberikan komentar atas penemuan Euklidas dan juga Archimedes. Salah satu penelitiannya adalah menyelesaikan masalah Archimedes.  Hasil penelitian tentang Archimedes ini kemudian membawanya kepada sebuah penemuan tentang fungsi kubik atau pangkat tiga. Penemuan tersebut akhirnya membuat ilmuwan yang lain untuk memberikan nama sebagai persamaan Mahani. 

Adapun notasi dari pangkat tiga yang di tulis oleh Al-Mahani adalah seperti pada gambar berikut ini :

Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika

2. ABU AL-WAFA BUZJANI

Nama asli dari beliau adalah Abu al-Wafa Muhammad ibnu Muhammad ibnu Yahya ibnu Ismail al-Buzjani. Beliau di lahirkan di kota Khorasan pada tahun 940 Masehi. Abu al-Wafa Buzjani adalah salah seorang ilmuwan terkemuka muslim di bidang Matematika dan astronomi. Sejak kecil bakat kecerdasan beliau memang sudah tampak pada dua bidang  ilmu tersebut. 

Beliau belajar ilmu matematika kepada pamannya yang bernama Abu Umar al-Maghazli dan Abu Abdullah Muhammad ibnu Ataba. Ketika belajar matematika beliau juga banyak mempelajari tentang geometri dari Abu Yahya al-Marudi dan Abu al-Ala' ibnu Karnib. Dalam bidang ilmu geometri ini beliau banyak memberikan kontribusi yang sangat penting terutama pada pemecahan soal - soal geometri dengan menggunakan kompas. Beliau merupakan orang pertama yang mencetuskan tentang teori relatif segitiga parabola. 

Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika

Selain itu beliau juga mengembangkan sebuah metode baru tentang konstruksi bangun segiempat. Beliau juga menemukan rumus sinus untuk sebuah segitiga parabola yang mirip dengan hukum sinus yang kita kenal sekarang. Salah satu kontribusi penting dari beliau yang lain adalah mengembangkan fungsi tangen. Beliau juga menemukan tabel relasi identitas tentang trigonometri dan memperkenalkan simbol secan dan cosecan untuk pertama kalinya. 

Notasi rumus segitiga yang di tulis oleh beliau tampak dalam gambar berikut ini :

Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika

Note : huruf besar menandakan satu sisi sedangkan huruf kecil menandakan sisi yang lainnya.

3. ABU NASHR MANSUR

Beliau di lahirkan di Kwarizm Persia pada tahun 970 Masehi. Beliau mempunyai nama asli Abu Nashr Mansur bin Ali ibnu Iraq. Beliau merupakan seorang ilmuwan yang ahli di bidang matematika dan astronomi. Beliau merupakan guru dari seorang ilmuwan terkemuka muslim yang lain yakni Al-Biruni. 

Satu penemuannya yang terkenal adalah mengenai cara menyelesaikan perhitungan hukum sinus untuk benda yang berbentuk bulat. 

Berikut adalah notasi perhitungan sinus untuk benda yang berbentuk bulat yang di tulis oleh beliau :

Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika

Demikianlah artikel tentang ilmuwan muslim di bidang matematika bagian 2. Semoga bermanfaat dan berguna untuk anda dan kita semua.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Ilmuwan Muslim Paling Berpengaruh Di Bidang Matematika "