--> Skip to main content

Islam Adalah Agama Yang Paling Sempurna


Islam Adalah Agama Yang Paling Sempurna
Sumber gambar : Pixabay

Santrikampung- Pada dasarnya Allah SWT menciptakan seluruh alam semesta ini hanyalah untuk menyembah kepada-NYA. Begitu juga dengan di ciptakannya Jin dan juga Manusia tidak lain dan tidak bukan hanyalah semata - mata untuk menyembah kepada Allah SWT.

Lihat firman Allah SWT dalam surah Az-Zariyat ayat ke 56 berikut ini :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Artinya :
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku

Dari ayat tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwasannya Allah SWT menciptakan jin dan manusia hanyalah dengan satu tujuan yakni agar jin dan manusia beribadah dengan mengabdi kepada Allah SWT dan tidak untuk tujuan yang lain.

Agar manusia kembali kepada fitrah asal muasal dia di ciptakan yaitu untuk mengabdi dan menyembah kepada Allah SWT maka Allah SWT telah menurunkan banyak sekali Nabi dan Rasul untuk membimbing manusia kepada jalan yang lurus karena dalam perjalanannya manusia banyak yang salah jalan dan tersesat.

Jumlah Nabi dan Rasul Allah SWT sangatlah banyak. Ada yang kita ketahui namanya tetapi lebih banyak lagi yang tidak kita ketahui namanya. Dalam ajaran agama Islam jumlah Nabi dan Rasul yang wajib untuk di ketahui namanya berjumlah 25 orang. Di antara Nabi dan Rasul tersebut masing - masing dari mereka di utus untuk kaumnya sendiri, misalnya Nabi Musa untuk kaum Bani Israil. Namun tidak untuk Nabi Muhammad SAW karena Beliau adalah Nabi dan Rasul Penutup maka Allah mengutus Nabi Muhammad untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta dan tidak untuk kaum tertentu saja.

Pada dasarnya Allah SWT dalam mengutus para Nabi dan Rasul hanyalah membawa satu ajaran yang sama yakni ajaran tauhid. Ajaran tauhid adalah mengakui keberadaan dan kuasa Allah SWT. Untuk itu Allah telah menurunkan tiga buah agama samawi (Agama langit) yakni agama yang berasal dari Allah SWT secara langsung.

Ada tiga (3) buah agama yang merupakan agama samawi yakni Yahudi, Nasrani dan Islam. Agama Yahudi di bawa oleh Nabi Musa AS untuk kaumnya Bani Israil. Agama Nasrani di bawa oleh Nabi Isa AS. Sedangkan agama Islam di bawa dan di turunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Diantara ketiga agama samawi tersebut, dua diantaranya hanyalah di peruntukkan bagi kaum Yahudi dan dan Nasrani saja yaitu agama Yahudi dan Nasrani, sedangkan agama Islam berlaku untuk seluruh umat manusia sampai dengan akhir zaman.

Mengapa ajaran agama Islam berlaku sampai dengan akhir zaman ? Hal itu karena agama Islam adalah agama penyempurna dari ajaran - ajaran agama sebelumnya. Oleh karena itu maka agama islam adalah agama yang paling sempurna.

Allah SWT telah berfirman dalam surah Al-Imron ayat ke 19 sebagai berikut :

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَامُ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلَّا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
Artinya:
Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya

Dari firman Allah SWT tersebut maka jelaslah bahwa agama Islam adalah agama yang paling sempurna karena Allah SWT sendirilah yang mengatakannya. Sesungguhnya agama yang di ridhoi di sisi Allah SWT hanyalah agama Islam.

Jika memang demikian apakah artinya bahwa agama Islam adalah agama yang paling terakhir dan tidak ada lagi agama setelah agama Islam yang di ridhoi di sisi Allah SWT ? Jawabannya tentu saja betul, tidak ada agama lain setelah Islam.

Jika ada orang yang menyatakan dia adalah seorang Nabi dan Rasul yang mendapatkan wahyu dari Tuhan dan membawa ajaran agama baru, maka sebagai seorang Muslim kita wajib untuk tidak mempercayainya dan mengatakan bahwa dia adalah Nabi palsu dan pendusta.

Demikianlah artikel mengenai agama Islam adalah agama yang paling sempurna. Semoga memberikan manfaat dan pengetahuan kepada kita semua.

Terima kasih sudah mampir dan membaca artikel di blog saya.
Rekomendasi
Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar