--> Skip to main content

Tiga (3) Kunci Nasehat Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah


Tiga (3) Kunci Nasehat Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah

Bagi Anda pasangan yang baru saja menikah dan membina rumah tangga, ada baiknya membaca Tiga (3) Kunci Nasehat Membangun Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah agar keluarga anda tentram dan damai selama - lamanya.

Mengapa penting dan perlu membaca nasihat tersebut ? Karena dalam kehidupan berumah tangga nantinya akan muncul banyak sekali masalah dan godaan yang apabila kita tidak bisa menyikapinya dengan benar maka keluarga yang kita bina bisa menjadi bubar dan berantakan.

Nasihat ini sangat di anjurkan oleh para orang tua kepada anak - anaknya yang akan melangkah ke kehidupan baru dengan cara menikah dan membentuk sebuah keluarga baru.

Manisnya masa - masa berpacaran secara perlahan akan terasa biasa saja ketika kita sudah hidup bersama dengan pasangan kita. Kemudian mulai timbul masalah mulai dari yang ringan dan kecil sampai masalah yang besar yang bisa mengancam keutuhan keluarga baru anda.

Bagaimana seharusnya sikap anda kepada istri anda atau bagaimana sikap anda kepada suami anda agar tercipta keluarga yang sakinah mawaddah warahmah ? 

Berikut ini adalah nasehat yang saya maksudkan itu.

1. Sikap Mau Mengalah Dengan Pasangan Kita

Dalam hidup berumah tangga tentu saja tidak akan lepas dari masalah dan pertengkaran karena itu adalah bumbu dari hidup berumah tangga. Agar pertengkaran yang timbul tidak menjadi besar maka sikap kita adalah mengalah ketika istri atau suami kita sedang marah.

Sikap mau mengalah memang tidak mudah, apalagi jika kita sudah tersulut dengan emosi terlebih dahulu. Orang tua saya di jawa sana selalu mengatakan bahwa dalam dalam berumah tangga kalian harus saling kenceng kendor. Maksudnya adalah ketika pasangan kita sedang marah maka kita harus mau mengalah. Itulah kunci nasehat yang pertama.

2. Saling Terbuka Dengan Pasangan Kita

Dalam berumah tangga sekecil apapun masalah yang di hadapi tidak boleh kita sembunyikan dari pasangan kita. Apakah itu menyangkut masalah orang tua, masalah uang atau masalah - masalah yang lain.

Sikap keterbukaan sangat di perlukan di antara sesama pasangan hidup kita. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini dimana pengaruh media sosial sangat vital. Sikap terbuka kita kepada pasangan kita tentang teman kita dan lainnya akan membuat suami atau istri kita lebih percaya kepada kita.

Jika kita menyembunyikan sesuatu dari pasangan kita maka percayalah bahwa suatu ketika pasti akan ketahuan juga. Jadi berhati - hatilah dan kembangkan terus sikap saling terbuka dengan pasangan hidup kita.

3. Menutup Aib Pasangan Kita

Seringkali kita membaca di sosial media ketika seorang istri atau seorang suami yang membuka aib pasangannya dengan memasang status di media sosialnya. Itu adalah sebuah hal yang tidak di benarkan dalam usaha membangun keluarga yang sakinah mawaddah warahmah.

Kekurangan pasangan kita janganlah kita umbar keluar melainkan harus kita tutupi. Kitalah yang harus melengkapi kekurangan yang ada pada diri pasangan hidup kita. Apakah dengan curhat di media sosial masalah akan selesai ? Tentu saja tidak bukan ? Yang ada masalah tersebut malah akan berkembang menjadi masalah lain yang jauh lebih besar yang bisa merusak keutuhan rumah tangga yang sedang kita bangun.

Itulah tiga (3) kunci nasihat membangun keluarga sakinnah mawaddah warahmah. Semoga dengan membaca tiga nasihat tersebut keluarga kita akan terhindar dari segala masalah dan keluarga kita akan tetap menjadi keluarga yang baik - baik saja.

Terima kasih telah mampir dan membaca artikel di blog saya. 
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar