Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Banu Musa Dan Hasil Penemuannya


Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Banu Musa Dan Hasil Penemuannya
Sumber : pixabay

Santrikampung- Banu Musa adalah merupakan sebuah keluarga Ilmuwan yang terdiri dari tiga orang bersaudara. Keluarga tersebut hidup semasa kekhalifahan Al-Ma'mun. Dari tiga orang bersaudara tersebut Abu Ja'far Muhammad ibnu Musa ibnu Shakir atau di kenal dengan nama Abu Ja'far adalah yang paling tua. Beliau di lahirkan pada tahun 803 Masehi. Abu Ja'far adalah seorang Ilmuwan yang mempunyai keahlian di bidang astronomi, teknik, fisika dan geometri. 

Setahun kemudian lahir adik beliau yang bernama Ahmad bin Musa ibnu Shakir. Beliau ini mempunyai spesialisasi keahlian di bidang teknik dan juga mekanik. 

Kemudian pada tahun 810 Masehi lahir adik beliau yang paling muda yakni Al-Hasan bin Musa Ibnu Shakir. Beliau ini memiliki spesialisasi keahlian di bidang rekayasa dan geometri. 

Hasil karya dari Banu Musa antara lain :

1. Kitab Al-Hiyal atau kitab Perangkat Mekanik.

Dalam kitab tersebut terdapat tidakbkurang dari 100 buah konsep tentang alat mekanik. Melalui karya yang mereka tulis dalam kitab Al-Hiyal ini telah memberikan pengaruh yang luar biasa dalam perkembangan ilmu teknik dan arsitektur dalam dunia Islam.
Selain itu pula mereka juga bekerja pada sebuah observatorium. Maka tidak mengherankan jika mereka bertiga juga banyak menghasilkan karya dan penemuan dalam bidang astronomi terutama yang berhubungan dengan bulan dan matahari.

2. Pembuatan mesin air mancur

Dalam kitab nya tersebut Banu Musa menciptakan sebuah rancangan tentang pembuatan mesin air mancur dalam berbagai macam teknik dan trik. Dalam membuat rancanganesin air mancur tersebut Banu Musa menerapkan berbagai macam prinsip geometri dan juga fisika. Dalam kitab Al-Hiyal tersebut terdapat setidaknya tujuh buah rancangan mengenai mesin air mancur.
Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim  Banu Musa Dan Hasil Penemuannya
Sumber : pixabay

3. Beberapa buah peralatan mekanis seperti katup mesin yang dapat di program, lampu badai, seruling otomatis, lampu otomatis, masker gas dan tekanan diferensial juga mereka temukan. Sebuah peralatan musik yang di klaim sebagai alat musik mekanik paling awal juga mereka temukan. Alat musik tersebut adalah hydropowered organ atau organ otomatis yang di gerakkan oleh uap air, yang pada akhirnya nanti di produksi pada abad ke 19 atau beberapa abad setelah alat musik pertama tersebut mereka temukan.

Demikianlah artikel tentang Ilmuwan muslim yang merupakan tiga orang bersaudara yakni Banu Musa.

Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan ensiklopedia anda semua.

Terima kasih atas kunjungan anda ke blog saya.

Posting Komentar untuk "Biografi Tokoh Ilmuwan Muslim Banu Musa Dan Hasil Penemuannya"