--> Skip to main content

Keistimewaan Bulan Muharam (Syuro) Dalam Agama Islam


Keistimewaan Bulan Muharam (Syuro) Dalam Agama Islam
Sumber gambar : pixabay

Santrikampung- Dalam kalender Hijriyah atau kalender menurut agama Islam kita mengenal ada dua belas bulan yakni : Muharam, Safar, Rabi'ul Awal, Rabi'ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya'ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqa'dah, Dzulhijjah. Diantara bulan - bulan tersebut terdapat banyak keistimewaan - keistimewaan yang terdapat di dalamnya, baik karena terjadinya sebuah peristiwa besar dalam agama Islam atau karena pada bulan - bulan tersebut Allah SWT menurunkan banyak nikmat dan karunianya.

Salah satu bulan yang mempunyai banyak keistimewaan adalah bulan Muharam atau bulan pertama dalam kalender Islam. Bulan Muharam di sebut juga sebagai bulan Hijrah atau bulan Suro dalam bahasa jawa. Lalu, apa saja hal membuat bulan Muharam mempunyai banyak keistimewaan di bandingkan dengan bulan - bulan yang lain ?

Berikut ini adalah beberapa peristiwa besar yang terjadi di bulan Muharam yang membuat nya menjadi bulan yang istimewa, yaitu :

1. Hijrahnya Nabi Muhammad SAW Dari Mekkah Ke Madinah

Ketika dalam perjalanan dakwahnya di Mekkah Nabi Muhammad SAW banyak mendapatkan banyak halangan dan rintangan dari penduduk kota Mekkah, maka Allah SWT memerintahkan kepada Beliau untuk hijrah ke Kota Yastrib (Madinah). Momen hijrahnya Nabi SAW tersebut terjadi di bulan Muharam ini.

2. Allah SWT Mengampuni Dosa Nabi Adam AS

Ketika Nabi Adam melanggar perintah Allah SWT untuk tidak memakan buah Qhuldi di Syurga, namun Nabi Adam tergoda karena rayuan dari Iblis Laknatullah sehingga Nabi Adam AS akhirnya memakan buah tersebut. Allah SWT akhirnya mengusir Nabi Adam dari Syurga dan menurunkannya ke bumi. Dalam perjalanannya Nabi Adam AS sangat menyesali perbuatannya dan memohon pengampunan dan bertaubat kepada Allah SWT. 

Setelah 40 tahun lamanya Nabi Adam memohon kepada Allah SWT agar taubatnya di terima pada akhirnya Allah SWT menerima taubat dari Nabi Adam AS tersebut. Momen di terimanya taubat Nabi Adam AS juga terjadi di bulan Muharam.

3. Allah SWT Menyelamatkan Nabi Musa AS Dan Kaumnya Bani Israil

Ketika mendapatkan ancaman dari raja mesir kala itu yakni Firaun laknatullah, Nabi Musa AS melakukan perjalanan beserta dengan pengikutnya ke Yerussalem (Palestina). Dalam perjalanannya tersebut Nabi Musa AS di kejar oleh bala tentara Firaun dan pasukannya hingga akhirnya Nabi Musa terjebak di Laut merah. 

Dalam posisi terjepit karena di depan mata adalah lautan sementara di belakang mereka Firaun dan bala tentara nya siap menyerang membuat pengikut Nabi Musa AS merasa putus asa. Di tengah situasi  tersebut akhirnya datang pertolongan dari Allah SWT kepada Nabi Musa yaitu memerintahkan kepada Nabi Musa untuk memukulkan tongkatnya ke laut. Maka seketika itu juga terbelahlah lautan sehingga terbuka jalan yang membuat Nabi Musa dan pengikutnya bisa melewatinya. Ketika semua pengikut nya telah menyeberangi lautan tersebut maka seketika itu juga air laut kembali menyatu sehingga membuat Firaun dan bala tentaranya mati tenggelam. Momen di selamatkannya Nabi Musa dan pengikutnya ini juga terjadi di bulan Muharam.

4. Di Turunkannya Kitab Taurat Kepada Nabi Musa AS

5. Di Selamatkannya Nabi Ibrahim AS Dari Api Yang Membakarnya

Ketika Raja Namrud memerintahkan untuk membakar Nabi Ibrahim AS karena telah menghancurkan berhala - berhala yang menjadi Sesembahannya, maka Allah SWT menyelamatkan Nabi Ibrahim dari panas api yang membakarnya. Allah SWT memerintahkan kepada Api agar berubah menjadi sejuk dan menyelamatkan Nabi Ibrahim AS. Momen ini juga terjadi di bulan Muharam.

6. Nabi Nuh AS Dan Pengikutnya Di Selamatkan Dari Banjir Besar 

Selain dari keenam peristiwa besar yang terjadi di bulan Muharam di atas masih banyak lagi hal - hal lain yang membuat bulan Muharam menjadi istimewa. InsyaAllah akan saya sampaikan pada artikel saya yang berikutnya.

Demikianlah artikel singkat ini semoga bermanfaat dan semakin menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT.
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar