--> Skip to main content

Makanan Dan Minuman Yang Halal Menurut Agama Islam


Makanan Dan Minuman Yang Halal Menurut Agama Islam
gambar buah,sumber:pixabay

Agama Islam adalah agama yang penuh dengan keteraturan dalam segala aspek dan sendi kehidupan, termasuk dalam hal makanan dan minuman yang di konsumsi oleh umat muslim.

Secara prinsip, semua tumbuh - tumbuhan, biji - bijian, sayuran maupun buah - buahan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 29 : " DIA lah ( Allah ) yang menjadikan segala apa yang ada di bumi untuk kamu...".


هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Menurut ketentuan dalam agama Islam ada dua ketentuan tentang makanan dan minuman yang boleh di konsumsi oleh umat muslim, yaitu :

(1). Halal artinya makanan dan minuman tersebut harus di perbolehkan untuk di konsumsi menurut ketentuan syara'.
(2). Makanan tersebut harus baik, bergizi,  dan menyehatkan ( Tayyib ).
Agar dapat di kategorikan sebagai makanan dan minuman yang halal maka makanan dan minuman tersebut harus memenuhi tiga ( 3 ) kriteria atau syarat utama, yaitu :

(1). Halal dari sisi wujud makanan dan minuman tersebut, artinya makanan dan minuman tersebut tidak termasuk yang di haramkan oleh Allah SWT.
(2). Halal dari sisi bagaimana cara mendapatkannya, artinya makanan dan minuman tersebut di peroleh dengan cara yang di benarkan menurut syara' dan bukan dengan cara yang di larang oleh Allah SWT misalnya hasil dari mencuri milik orang lain.
(3). Halal dari sisi cara pengolahannya, artinya makanan dan minuman tersebut di olah dengan baik dan mengikuti ketentuan syara' bukan dengan cara yang di larang oleh Allah SWT, misalnya dengan menggunakan minyak babi atau yang lainnya.

Makanan dan minuman halal memiliki ciri - ciri antara lain :

(1). Menyehatkan, bergizi dan tidak mengandung penyakit.
(2). Makanan dan minuman tersebut tidak kotor, tidak basi dan tidak terkena najis.
(3). Tidak terkontaminasi dengan makanan yang haram dan tidak menjijikkan.
(4). Tidak memabukkan.
(5). Tidak mengakibatkan organ tubuh kita menjadi rusak.
(6). Dan yang paling penting makanan dan minuman tersebut di peroleh dengan cara yang halal.

Makanan atau minuman yang halal pun bisa menjadi haram apabila di konsumsi dengan cara yang berlebihan, seperti minuman yang bisa menyebabkan mabuk.

Untuk kategori minuman yang di halalkan antara lain :
(1). Madu
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah An-Nahl ayat 69 :


ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
Artinya :
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

(2). Susu
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah An-Nahl ayat 66 :


وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ
Artinya :
Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.

(3). Air hujan
Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah Al-Anfal ayat 11 :


إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْأَقْدَامَ
Artinya :
(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu).

(4). Air laut
Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadistnya yang di riwayatkan oleh sahabat Malik ra dan Ahmad ra sebagai berikut "
" Dia ( Laut ) itu suci airnya dan halal bangkainya ".

MANFAAT MAKANAN DAN MINUMAN YANG HALAL

Beberapa manfaat dari makanan dan minuman yang halal antara lain :
(1). Dapat membangkitkan energi dalam tubuh kita.
(2). Dapat menjaga kesehatan tubuh kita.
(3). Dapat menambah rasa khusyuk kita dalam beribadah.
(4). Dapat menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT.
(5). Dapat menghindarkan kita dari siksa api neraka.
(6). Mendapatkan ridha dari Allah SWT karena kita telah mentaati apa yang di perintahkan dan menjauhi yang di larang oleh Allah SWT.

Demikianlah artikel mengenai makanan dan minuman yang halal, semoga bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan sobat muslim semua.
Aamiin...
Rekomendasi
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar